Dalam Coaching Clininc TPAKD, Pemkab Sergai Sampaikan 9 Program

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman yang diwakili oleh Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, MM, mengikuti coaching clinic Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), bertempat di ruang Data Center, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai, Sei Rampah, Kamis (28/01/2021).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kepala Sub Bagian Kemitraan, Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Daerah, Reza Leonhard O.M dan dimoderatori oleh Mangihut P. Aritonang selaku Staf Kemitraan, Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Daerah.

Dalam paparannya Reza Leonhard menyampaikan jika kegiatan yang digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Region V Sumatera Bagian Utara ini bertujuan untuk mendorong ketersediaan akses jasa keuangan bagi masyarakat dan menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan serta membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat untuk mengembangkan UMKM di Sumatera Utara.

“Selain itu, kegiatan ini juga menjadi pengerat tali silaturahmi antara OJK, Lembaga Jasa Keuangan dengan Pemerintah Daerah di Sumut, untuk mendorong aktivasi TPAKD kabupaten/kota yang sudah terbentuk, serta meningkatkan koordinasi dan kolaborasi yang lebih baik antara para pihak dalam wadah TPAKD,” paparnya.

Reza menyebut, beberapa poin penting dari hasil kegiatan Coaching Clinic TPAKD ini antara lain, komitmen bersama untuk membangun fungsi koordinasi dan kolaborasi, optimalisasi pendataan UMKM potensial.

 

“Selain itu, kita juga perlu menciptakan komitmen bersama untuk peningkatan literasi keuangan dan dukungan upaya target 100 persen kepemilikan rekening oleh pelajar di Sumatera Utara. Serta dukungan anggaran TPAKD dalam APBD, dan rencana untuk implementasi Rakorda oleh TPAKD di Kabupaten/Kota yang saling berdekatan,” ucapnya.

Sementara itu dalam pemaparannya, Kepala Bagian Perekonomian Sariful Azhar SH menerangkan Kabupaten Sergai untuk tahun anggaran 2020 belum menetapkan program kerja TAPKD berhubung Program dan Kegiatan TPAKD belum dianggarkan di APBD Tahun 2020, Kabupaten Sergai, karena TPAKD Sergai dibentuk pada akhir Anggaran 2019.

“Namin kami tetap melaksanakan serangkaian kegiatan di antaranya membuat Surat Edaran perihal pelaksanaan Gerakan Indonesia Menabung melalui Program ONE STUDENT ONE ACCOUNT (OSOA) di Kabupaten Sergai, menetapkan Petugas Operator (Admin) Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Sesuai dengan Keputusan Sekretaris Daerah Kabupaten Serdang Bedagai Nomor 276/Tahun 2020 serta mengikuti Rapat-Rapat TPAKD Tingkat Nasional dan Tingkat Provinsi melalui virtual Zoom Meeting,” katanya.

Di tahun 2021, Sariful melanjutkan, ada 9 program kerja TPAKD Kabupaten Sergai.

“9 program tersebut adalah BUMDES Mart, Go Green Money, Dambaan Card, Dari Sergai untuk Sergai, www.bertuah.com, Kawasan Desa Wisata Tematis, Lembaga Keuangan Mikro Desa, Medsos Beradat dan Pesta Wira Usaha,” jelasnya.

Ikut pula hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kominfo Sergai Dr. H. Akmal, AP, M.Si, Kepala Cabang Bank Sumut Sei Rampah Ahmad Pasundan Tarigan dan para perwakilan OPD. MC Sergai Vivi/Ardi

260 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *