7 Hari, 7 Warga Sergai Positif Covid-19 Meninggal Dunia

Sei Rampah,

“ Masyarakat jangan meremehkan dampak pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Virus ini bisa menjadi ancaman kesehatan serius,” ucap Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Drs. H. Akmal, AP, M.Si saat memberikan keterangan di ruang kerjanya Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Kamis (11/02/2021).

Pernyataan Akmal ini didasarkan pada kejadian yang berlangsung dalam beberapa hari di minggu pertama dan kedua di bulan Februari 2021 di mana 7 warga Kabupaten Sergai yang terkonfirmasi positif Covid-19 dikabarkan meninggal dunia.

“ Minggu ini kami memperoleh kabar yang mengkhawatirkan karena jumlah warga kita yang meninggal dunia akibat paparan Covid-19 melonjak tinggi. Informasi yang kami dapatkan jumlahnya ada 7 orang,” kata Akmal.

Ia kemudian merunut, korban pertama adalah inisial W (Lk, 59) warga Dolok Masihul yang wafat pada Rabu (03/02), disusul kemudian warga inisial EW (Pr, 41) domisili di Perbaungan, meninggal tanggal 05 Februari hari jumat, lalu inisial HKL (Pr, 68) warga Tebing Syahbandar dan S (Lk, 47) warga Tebing Tinggi yang meninggal pada Minggu (07/02). Kemudian pada tanggal 10 Februari serempak 3 warga Sergai jadi korban virus SARS-Cov-2 ini yaitu inisial MS (Pr, 60) asal Kotarih, SW (Pr, 51) dan MM (Pr, 83)  warga Perbaungan.

“ Para korban dikebumikan sesuai protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Kepada keluarga yang ditinggalkan, kami mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, semoga segera dikuatkan dan almarhum serta almarhumah ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya,” ucap Akmal.

Jubir Satgas kemudian melanjutkan, dalam rentang waktu yang sama juga terjadi penambahan kasus konfirmasi di Sergai sebanyak 9 orang.

“ Rinciannya 3 warga Tebing Tinggi inisial ST (Lk, 47), DM (Pr, 51) dan S (Pr, 68), 2 warga Dolok Masihul yaitu inisial N (Lk, 37) dan S (Pr, 38) serta masing-masing 1 warga asal Teluk Mengkudu, Sipispis, Silinda, dan Perbaungan yaitu inisial K (Pr, 50), RJSS (Pr, 35), R (Pr, 44) dan S (Lk, 32),” ucapnya.

Tingkat Kesembuhan Tetap Tinggi

Bukan tanpa kemajuan, kinerja percepatan penanganan Covid-19 sebut Akmal masih menunjukkan progres yang baik. Hal ini, katanya, dibuktikan dari angka sembuh warga Sergai yang tinggi dalam kurun waktu serupa.

“ Walau dalam situasi yang mengkhawatirkan, namun optimisme masih tetap terjaga dengan kabar kesembuhan yang dialami oleh warga kita setelah menjalani proses treatment. Terbanyak adalah warga Sei Rampah yaitu sejumlah 8 orang, kemudian warga Tebing Syahbandar ada 7 orang, Sei Bamban 6 orang, Tanjung Beringin 3 orang, Teluk Mengkudu, Perbaungan dan Silinda 2 orang dan masing-masing 1 warga asal Dolok Masihul dan Dolok Merawan. Total 30 warga,” paparnya.

Update terbaru ini, tambah Jubir Satgas, menjadikan total kasus konfirmasi Covid-19 di peta sebaran Kabupaten Sergai menjadi 445 kasus dengan rincian 388 sudah dinyatakan sembuh, 29 kasus masih menjalani isolasi dan/atau perawatan di RS rujukan serta warga meninggal dunia sebanyak 28 orang.

“Kembali kami ingatkan agar masyarakat tetap menjalankan prokes kesehatan. Rajin cuci tangan menggunakan sabun, pakai masker saat berkegiatan di luar rumah, jaga jarak aman fisik serta hindari keramaian,” tandasnya.(MC/Sergai/Ardi/Vhichan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *