Bersama Kajari, Bupati Sergai Hadiri Raker BAKOR PAKEM

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M Faisal Hasrimy, AP, M.AP menghadiri Rapat Kerja (Raker) Badan Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan (BAKOR PAKEM) Kabupaten Sergai di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Sergai di Sei Rampah, Kamis (4/3/2021).

Hadir juga dalam kegiatan, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sergai, Donny Haryono Setyawan, SH. MH,  perwakilan Polres Sergai, unsur FKUB Sergai, tokoh Agama dan OPD terkait.

Bupati Sergai melalui Sekdakab Faisal Hasrimy mengungkapkan rasa syukurnya berkat sinergitas dan kepedulian stakeholder terkait dalam pengawasan dini mengenai aliran kepercayaan masyarakat dan keagamaan mulai dari Forkopimda dan pemerintah daerah yang selalu aktif dalam mengantisipasi ajaran agama yang menyimpang khususnya di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat hingga saat ini masih aman dan kondusif dari hal-hal yang dimaskud.

Oleh karenanya, lanjut Faisal, Pemkab Sergai dalam menjalankan roda pemerintahan terus melakukan yang terbaik demi kepentingan masyarakat Sergai untuk mewujudkan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang Mandiri, Sejahtera dan Religius.

“ Kami sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini. Kedepan, hendaknya akan selalu terjalin serta dapat ditingkatkan agar terciptanya keharmonisan dan hidup saling bertoleransi antar umat beragama,” kata Sekdakab Sergai.

 

Sekdakab Faisal juga selalu mengingatkan kepada masyarakat, terkait dengan perkembangan teknologi yang kian canggih, agar berhati-hati dan bijaksana dalam bermedia sosial untuk tidak menyalahgunakan media sosial apalagi menyangkut hal-hal sensitif khususnya terkait dengan agama.

Sehubungan dengan masa pandemi Covid-19 yang hingga kini belum usai, Sekda berpesan agar masyarakat ini tetap survive dengan mengembangkan potensi yang ada di kabupaten kita seperti lebih memaksimalkan potensi pariwisata dan bidang pertanian. Selain itu  dapat mengembangkan UMKM agar pemulihan perekonomian di masa pandemi ini segera membaik, pungkas Sekdakab Sergai.

Dalam kesempatan yang sama, Kajari Sergai Donny Haryono Setyawan, SH, MH membeberkan tugas dari Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat dan Keagamaan (PAKEM), yaitu menerima dan menganalisa laporan dan/atau informasi tentang aliran kepercayaan atau aliran keagamaan, meneliti dan menilai secara cermat perkembangan suatu aliran kepercayaan atau aliran keagamaan untuk mengetahui dampak-dampaknya bagi ketertiban dan ketentraman umum. Selanjutnya mengajukan laporan dan saran sesuai dengan jenjang wewenang dan tanggung jawab.

Sedangkan tujuannya agar tidak terdapat aliran kepercayaan yang menyimpang/sesat dari kepercayaan terhadap Tuhan YME, sehingga Tim PAKEM dapat mengambil langkah-langkah atau tindakan terhadap aliran-aliran kepercayaan yang dapat membahayakan kerukunan masyarakat dan negara.

“ Pelaksanaan aliran kepercayaan harus benar-benar sesuai dengan dasar Ketuhanan YME menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkas Kajari Sergai. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Vhichan)

39 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *