Sergai Gelar Sosialisasi Pembebasan Lahan/Tanah untuk Penyelenggaraan Jalan

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar acara Sosialisasi dan Publikasi Pembebasan Lahan/Tanah untuk Penyelenggaraan Jalan di Kabupaten Sergai bertempat di Gedung Karina Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah,  Selasa ( 9/3/2021 ).

Hadir dalam acara, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya diwakili Sekdakab H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, para Kepala OPD, mewakili Camat Sei Rampah, unsur Forkopimcam, Kepala Desa Firdaus dan masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati Sergai H. Darma Wijaya melalui Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 2 tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum dan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2021 tentang penyelenggaraan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum, dimana hal ini merupakan salah satu tahapan yang harus dijalankan dalam proses pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum.

“ Sedangkan tujuan utama dari kegiatan ini adalah dalam rangka peningkatan mobilisasi, transportasi khususnya di jalan nasional/negara yang berada di ibukota Kabupaten Sergai yaitu Desa Firdaus dan Desa Sei Rampah dengan pelebaran jalan yang direncanakan kurang lebih sepanjang 6,3 km yang dimulai dari pintu tol Teluk Mengkudu sampai Kota Sei Rampah,” kata Faisal.

Pembangunan jalan, lanjutnya, merupakan salah satu sektor yang sangat penting dan strategis dalam konteks pembangunan daerah dimana jalan memiliki peran yang penting sebagai urat nadi perekonomian dan untuk menggerakkan berbagai potensi daerah, katanya.

Sekda Faisal Hasrimy berkeyakinan apabila seluruh elemen masyarakat dapat meningkatkan kerjasama serta bergandengan tangan untuk membangun dan memajukan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat tentu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat berdasarkan peran kita masing-masing. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Sergai yang mandiri, sejahtera dan religious, pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis PUPR Johan Sinaga menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan UU No. 2 tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum, PP No. 19 tahun 2021 tentang penyelenggaraan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum.

Kemudian, tambah Johan lagi, Peraturan Daerah Kabupaten Sergai Nomor 12 tahun 2013 tentang rencana tata ruang wilayah Kabupaten Sergai Pasal 15 huruf a, jaringan jalan nasional yang dalam wilayah Kabupaten dan Pasal 16 Ayat (1)  huruf a, bts. Deli Serdang/ Sei Buluh-Sei Rampah dengan panjang 13,001 km. Kecamatan Sei Rampah termasuk dalam peruntukan pengadaan tanah bagi pembangunan kepentingan pelebaran jalan nasional berlokasi di Desa Firdaus sampai dengan Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Sergai.

Terakhir, Peraturan Daerah Kabupaten Sergai Nomor 9 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Jalan dan SK Bupati Serdang Bedagai No.184/18.13/Tahun 2021 tentang Pembentukan Tim Pelaksanaan.

Dijelaskan lebih rinci oleh John bahwa kegiatan ini menindaklanjuti Surat Bupati Sergai Nomor 18.13/005/1391/2021 tanggal 05 Maret 2021 tentang undangan Sosialisasi dan Publikasi Rencana Pelebaran Jalan Nasional yang dilaksanakan pada hari Senin 08 Maret 2021 kemarin, bertempat di Aula Kantor Desa Firdaus dan Kantor Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah.

Sedangkan peserta kegiatan ini adalah masyarakat sebagai pemilik lahan yang akan terkena rencana pembebasan lahan/ tanah untuk pelebaran jalan nasional yang berada di Desa Firdaus dan Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah, dimana sesuai hasil inventarisasi pada tahun 2018 terdahulu ada sebanyak kurang lebih -/+ 609 persil yang terdiri dari -/+ 475 persil lahan masyarakat Desa Firdaus, -/+ 111 persil lahan masyarakat Desa Sei Rampah dan sisanya lahan PTPN III, gedung- gedung pemerintah dan sekolah. MC Sergai/rini/ardi/vivi

647 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *