Sekdakab Sergai Faisal Hasrimy Hadiri Seminar Nasional dan Kongres IKAPTK

Sei Rampah,
Sekretaris Daerah Kabupaten Serdang Bedagai (Sekdakab Sergai) H.M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP menghadiri Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Provinsi Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPP IKAPTK) Provsu yang dirangkaikan dengan Kongres Provinsi (Korprov) IKAPTK Sumut. Acara ini dilaksanakan hari Jumat-Sabtu (19-20/03/2020) bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubsu, Medan.
Dalam keterangannya, Sekda Faisal Hasrimy yang hadir didampingi Kadis Kominfo Sergai, Drs H Akmal AP, M.Si, juga merupakan Ketua DPK IKAPTK Kabupaten Sergai menginformasikan jika pada tahun ini, seminar nasional yang dilangsungkan mengangkat tema “Optimalisasi dan Eksistensi ASN dalam Suksesi Pilkada di Daerah”.
“Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) H. Musa Rajeksyah dan dimoderatori oleh Dr. RE. Nainggolan M.Si, mantan Sekretaris Daerah Provsu. Narasumber kegiatan adalah Dr. Muriyanto Amin, M.Si selaku Rektor USU dan Dr. Muhaddam Labolo, M.Si yang merupakan Dosen IPDN/Dekan Fakultas Politik Pemerintahan IPDN,” terangnya.
Faisal menyebut, Wagubsu yang dalam acara ini juga ditunjuk sebagai keynote speaker, menyampaikan beberapa poin penting terkait peran dan fungsi kepamongprajaan dalam  proses pembangunan daerah.
“Bapak Wagubsu mengutarakan alumni pendidikan pamong praja yang kini berada di pemerintahan dituntut untuk mampu melayani masyarakat dengan baik karena jiwa kepamong-prajaan sangat diperlukan dalam memberikan bimbingan dan pelayanan kepada masyarakat. Kedekatan hubungan pamong praja dengan masyarakatnya, haruslah dilandasi dengan jiwa dan semangat kesetiaan pada profesi sebagai pamong praja, sehingga melahirkan kecintaan dan ketulusan dalam bekerja. Karena itu, keberadaan IKAPTK diharapkan mampu memberi pemikiran inovatif untuk kemajuan Sumut, dengan melihat potensi sumber daya yang ada,” ucapnya mengutip pernyataan Wagubsu.
Sementara itu dalam paparannya tentang Optimalisasi dan Eksistensi ASN di Pilkada Daerah, Dr. Muriyanto Amin, M.Si (Rektor USU) menyebut suatu kemunduran bagi ASN jika tidak memanfaatkan hak politik di pemilu karena pada saat ini kalangan TNI atau Polisi pun meminta agar diberikan hak pilih pada Pemilu atau Pilkada. Baginya, yang paling penting adalah bagaimana mengelola hak pilih itu agar bermanfaat dan tepat sasaran.
“The world class bureaucracy tidak akan pernah terwujud apabila para birokrasinya masih bermain dan ikut terlibat di ranah permainan politik. Birokrasi kelas dunia akan bisa terwujud jika birokrasinya mampu bersikap netral dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Cost politik yang besar akan mempengaruhi perilaku Kepala Daerah dalam kepemimpinannya dengan orientasi money minded, mengembalikan cost politik tersebut,” ungkapnya.
Dr Muhaddam Labolo, M.Si yang juga narasumber dalam acara ini menyebut ada dua kecenderungan penyebab PNS terlibat politik praktis, yaitu pertama kepentingan pejabat politik terhadap ASN yang memiliki posisi strategis. Kedua, kepentingan ASN mempertahankan posisi strategis.
“Indonesia merupakan negara dengan netralitas PNS yang rendah dan intervensi politiknya tinggi. Dalam situasi seperti ini diharapkan Pilkada dikembalikan kepada Pemilihan berdasarkan Perwakilan melalui DPRD bukan Pemilihan Langsung, agar netralitas PNS bisa tinggi dan intervensi politik menjadi rendah,” ucapnya berpendapat.
Dalam acara ini Faisal Hasrimy kembali melaporkan jika Korprov dilaksanakan dengan rapat Pleno I, II dan III yang dipimpin oleh Drs. Citra Efendi Capah, M.Si (Kadis PMD Deli Serdang) dari DPK IKAPTK Kab. Deli Serdang didampingi seorang pengurus DPP IKAPTK Provsu dan seorang pengurus DPN IKAPTK.
Ia menyebut pemilihan Ketua dilaksanakan secara aklamasi dan kemudian terpilih Faisal Arif Nasution S.Sos., M.Si yang juga merupakan Kepala BKD Provsu.
“Ketua terpilih membentuk tim formatur untuk menyusun kepengurusan DPP  IKAPTK Provsu yang salah satu tim formatur tersebut adalah saya sendiri. Dan pada hari ini, Sabtu (20/03) dilaksanakan pelantikan dan silaturrahim DPP IKAPTK Provsu dimulai pukul 09.00 Wib,” jelas Sekdakab Sergai.(MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan)
954 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *