Pemkab Sergai Bahas Rencana Penataan Desa

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili Asisten Pemerintahan Umum Hj. Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, menghadiri rapat pembahasan pembentukan desa dan perubahan status desa menjadi kelurahan di Kabupaten Sergai, yang dilaksanakan di Aula BKD, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (14/04/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) H. Ikhsan, AP, MSi selaku leading sector kegiatan menyampaikan jika pimpinan di Kabupaten Sergai menginginkan agar dilakukan penataan desa, baik itu pemekaran, penggabungan dan perubahan status desa namun dengan hasil akhirnya jumlah desa tetap sama.

” Saat ini ada total 237 desa yang tersebar di 17 kecamatan. Kemudian ada juga 6 kelurahan. Terkait permohonan atau permintaan ini sudah kami diskusikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dari sana, pihak Kemendagri sudah menyampaikan kiat dan cara dalam merumuskan mekanisme prosesnya,” tutur Ikhsan.

Ia merinci, dari 17 kecamatan sudah masuk usulan dari 8 kecamatan untuk pemekaran, penggabungan atau perubahan status desa. Kedelapan kecamatan tersebut adalah Bandar Khalifah, Sei Bamban, Serba Jadi, Sei Rampah, Tebing Tinggi, Dolok Merawan, Bintang Bayu, dan Perbaungan.

” Sejatinya penataan desa ini ada dua cara yaitu bottom up (usulan dari masyarakat/desa) ke Pemkab dan yang kedua adalah inisiatif dari Kepala Daerah dengan beberapa pertimbangan. Proses penataan ini akan memakan waktu yang cukup panjang dan membutuhkan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, terutama infrastruktur, misalnya saja gedung pemerintahan desa,” katanya.

Ia melanjutkan, para Camat yang hadir dalam kegiatan ini adalah orang yang masuk dalam tim penataan desa di mana SK-nya sedang diproses dan nantinya akan ditandatangani oleh Bupati.

“ Yang paling utama adalah harus dilakukan kajian komprehensif terkait apa manfaat, alasan, bagaimana jaminan ketersediaan infrastruktur dan lain sebagainya dalam tata kelola desa ini nantinya. Tentu akan ada pro dan kontra kedepan, untuk itu kita selaku pihak yang terlibat harus aktif bersinergi dalam menjalankan rencana ini karena bagaimana pun tujuan akhir diadakannya hal ini adalah untuk kebaikan masyarakat luas,” pungkasnya.

Sementara itu dalam tanggapannya mewakili Bupati Sergai, Hj. Nina Deliana menyampaikan jika di tahap pertama realisasi rencana penataan desa ini Camat perlu aktif melakukan pendekatan lewat persuasi atau sosialisasi secara informal untuk memetakan situasi masyarakat.

“Inti dari adanya pemekaran adalah untuk mempermudah pelayanan dari masyarakat. Hal yang sama juga berlaku bagi penggabungan dan perubahan status desa, semua bertujuan untuk masyarakat. Jika nantinya ada pro dan kontra, apalagi dalam proses penggabungan desa, maka kita harus bersiap diri, menggali ilmu, mempelajari referensi yang diperlukan dalam mekanisme penataan desa. Akan ada koordinasi lanjutan setelah ini karena prosesnya cukup panjang. Namun setiap waktu harus ada progres dan bukti konkrit kemajuan proses rencana ini,” sebut Nina.

Dalam kegiatan tersebut beberapa OPD terkait juga berkesempatan menyampaikan pendapat, di antaranya Kepala Dinas Perhubungan Manutur P Naibaho, S.Sos, SH, M.Si yang menekankan pentingnya infrastruktur jalan dalam tata kelola desa, selanjutnya Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang meminta agar para Camat untuk aktif melihat situasi dan kondisi di tengah rencana penataan desa terutama terhadap kelompok masyarakat yang menolaknya agar potensi konflik dapat segera dihindari dari dini.

Selanjutnya Kepala Dinas Komunikasi Drs. H. Akmal, AP, M.Si menyampaikan beberapa poin saran terkait rencana tata kelola desa, antara lain agar para Camat benar-benar melakukan sosialisasi dan tim yang telibat dapat membuat kajian yang matang.

“Apapun ceritanya, proses penataan desa harus dikuatkan kajiannya, mulai dari persyaratan, fasilitas, konektivitas dan lain sebagainya. Tempatkanlah orang-orang yang bisa melakukan kajian dengan profesional,” sarannya.

Hadir pula dalam kegiatan ini seluruh Camat se-Kabupaten Sergai serta perwakilan OPD terkait. MC Sergai/rini/ardi/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *