Tingkatkan Kecakapan SDM Lewat Literasi Digital

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai H. Akmal, AP, M.Si, mengikuti Peluncuran Program “Indonesia Makin Cakap Digital” secara daring lewat aplikasi Zoom yang dipusatkan di Jakarta, bertempat di Data Center, Kantor Dinas Kominfo Sergai, Sei Rampah (20/05/2021).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo ini diikuti oleh seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota (yang mewakili) dari seluruh Indonesia.

Dalam laporannya, Kadis Kominfo Akmal menyebut program ini diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo dan selanjutnya dibuka akses platformnya oleh Menteri Kominfo RI, Johnny G Plate.

Akmal mengatakan, dalam sambutannya di acara ini, Menteri Kominfo mengungkapkan kalau program literasi digital ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI untuk mempercepat transformasi digital dan penyediaan SDM masyarakat Indonesia yang paham dan menguasai teknologi informasi.

“ Bapak menteri juga menyebut program Literasi Digital yang diluncurkan ini dimaksudkan untuk membentengi warganet/masyarakat dari dampak negatif internet serta bertujuan untuk membawa bangsa Indonesia menuju era baru yaitu Era Digital Nasional Indonesia,” katanya.

Masih lanjut Akmal, seturut dengan Presiden Jokowi, ia mengatakan tantangan di ruang digital semakin kompleks bahkan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini, katanya, bisa dilihat dari adanya konten negatif, hoaks, ujaran kebencian, dan sebagainya yang berseliweran di internet. Dengan adanya Literasi Digital, Akmal berharap masyarakat/warganet mampu mendominasi ruang digital dengan konten positif dan menciptakan pesan kreatif yang menyejukkan dan menertibkan masyarakat.

“ Melalui Literasi Digital, Presiden Jokowi berharap perekonomian masyarakat bisa bangkit dengan ditopang oleh digitalisasi UMKM seperti pengembangan platform e-commerce. Dengan peluncuran program Literasi Digital Nasional ini maka Indonesia makin cakap digital untuk mewujudkan Indonesia terkoneksi. Semakin digital Indonesia semakin maju,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama, lapor Akmal, hadir Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim. Akmal menuturkan, dalam sambutannya, Mendikbut Ristek mendukung dan menyambut baik lahirnya modul literasi digital yang digagas oleh Kementerian Kominfo RI di mana ada 4 pilar literasi digital yang diluncurkan yaitu digital safety (keamana digital), digital skill (keterampilan digital), digital culture (budaya digital) dan digital etics (etika digital).

“Tadi Pak Nadiem menyebut, peluncuran Literasi Digital Nasional bersamaan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Momen ini bermakna bahwa Indonesia bangkit dengan bahagia belajar dan merdeka belajar,” pungkas Akmal.

Pasca peluncuran oleh Presiden RI bapak Joko Widodo, Menkominfo RI melanjutkan dengan meninjau akses 4 (empat) pilar Literasi Digital di lokasi yang sudah ditentukan.

Acara virtual ini juga dihadiri oleh Kabid e-Gov Dinas Kominfo Kab Sergai, Sudiyono, S.Kom, Kabid PIKP Dinas Kominfo, Kamaluddin Saragih, S.Pdi, M.Si serta para Kepala Seksi dan perwakilan Dinas Pendidikan.(MC/Sergai/Rini/Ardi/Vivi/Chan)

437 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *