Bupati Sergai Apresiasi Perusahaan Ikut Kolaborasi Atasi Masalah Rutilahu

Tebing Syahbandar,

Kolaborasi antara perusahaan dan pemerintah bisa menghasilkan dampak positif yang besar, salah satunya dalam penanggulangan masalah rumah tidak layak huni (Rutilahu).

Hal itu disampaikan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya ketika hadir dalam acara serah terima bangunan tidak layak huni yang masuk dalam program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan di Dusun VII Desa Paya Pasir, Kecamatan Tebing Syahbandar, Sabtu (17/07/2021). PP

Bupati menyampaikan, Pemkab Sergai juga sudah melaksanakan program bedah rumah hasil sinergitas dengan Baznas Sergai.

“Bedah rumah ini bersumber dari zakat dan infaq ASN Pemkab Sergai yang dikelola dan disalurkan oleh Baznas. Kami menargetkan, tahun ini ada 10 rumah layak bedah yang mendapat bantuan serupa. Selain itu pemerintah pusat juga ikut menanggulagi permasalahan ini lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) yang mana sudah disalurkan untuk perbaikan rumah warga di Tanjung Beringin,” terang Darma Wijaya.

Bang Wiwiek, sapaan akrabnya, mengucapkan terima kasih atas uluran tangan dan bantuan yang diberikan oleh 5 perusahaan sehingga rumah tak layak huni milik Nenek Rukiyah ini bisa dipugar.

“Kami apresiasi inisiatif para perusahaan yang telah bergabung dalam Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (FTJSLP) untuk membantu merenovasi rumah warga kita ini. Kalau perusahaan, Pemkab dan pemerintah pusat bisa berkolaborasi serentak, jumlah Rutilahu khususnya di Sergai, bisa secara signifikan dikurangi.” yakinnya.

Terakhir dirinya berharap agar FTJSLP Sergai bisa semakin solid dan semakin banyak perusahaan yang ikut bergabung sehingga dampak yang dihasilkan terhadap masyarakat pun semakin besar, harap Bupati.

Sementara itu Ketua FTJSLP Kabupaten Sergai Indra Syahputra menyebut renovasi rumah warga ini sudah diselesaikan tahun 2020 lalu. Ia menerangkan, 5 perusahaan yang terlibat dalam terlaksananya kegiatan ini adalah Socfindo Seed Production & Laboratories, PT Socfindo Kebun Tanah Besi, PT Kebun Matapao, PT Socfindo Kebun Bangun Bandar, dan PT PD Paya Pinang.

“Kedepan kami berharap, program ini bisa menyentuh masyarakat secara lebih luas,” tandasnya.

Rasa syukur dan terima kasih disampaikan oleh Nenek Rukiyah, warga Desa Paya Pasir, penerima program renovasi ini.

“Akhirnya kami bisa punya rumah yang bagus, jauh lebih baik dari kondisi rumah sebelumnya. Terima kasih kepada Pak Bupati dan perusahaan yang sudah membantu,” ucapnya.

Dalam kegiatan serah terima ini, hadir pula Group Manager II PT Socfindo Erikson Ginting, Pimpinan Kebun Tanah Besi Edison F Munthe, Asisten Ekbangsos Ir. Kaharuddin, MM, Kepala Bappedda Ir, Prihatinah, M.Si, dan Kepala Desa Paya Pasir.(MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan Vivi/Juli)

369 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *