Iduladha 1442 H, Pemkab Sergai Bagikan 89 Ekor Lembu dan 2 Ekor Domba Kurban ke Seluruh Kecamatan

Dolok Masihul,

Meski situasi pandemi Covid-19 di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) belum usai, namun hal tersebut tidak menjadi halangan bagi jajaran Pemkab Sergai untuk melaksanakan ibadah kurban di Hari Raya Iduladha 1442 H/2021.

Ditemui di sela-sela tinjauannya di lokasi pemotongan hewan kurban di Masjid Istiqomah, Desa Dolok Manampang, Kecamatan Dolok Masihul, Selasa (20/07/2021), Bupati Sergai H. Darma Wijaya menyampaikan jika tahun ini Pemkab Sergai melaksanakan kurban dengan melibatkan seluruh OPD.

“Seperti di tahun sebelumnya, tahun ini Pemkab Sergai kembali mengkoordinir pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Mekanismenya, masing-masing hewan kurban yang bersumber dari OPD semalam (19/07) sudah diantarkan ke lokasi pemotongan di seluruh kecamatan se-Sergai dan pada hari ini setelah salat Iduladha, pemotongan pun dilaksanakan,” terang Bang Wiwiek, sapaan akrabnya.

Tidak hanya OPD, ia menyebut dirinya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan serta Sekdakab Sergai H.M Faisal Hasrimy dan keluarga juga ikut menyumbangkan hewan kurban secara pribadi yang kemudian dibagikan ke Dusun 3 Desa Kota Baru Kecamatan Tebing Tinggi.

“Beberapa sekolah pun ada yang menyerahkan lembu dan domba untuk dikurbankan pada tahun ini. Syukur Alhamdullilah, walau ini tahun yang penuh tantangan, kita masih diberikan rezeki oleh Allah SWT untuk berkurban,” ucapnya.

Ia kemudian merinci, total hewan kurban yang terkumpul dan diserahkan ke 17 Kecamatan sebanyak 89 ekor lembu dan 2 ekor kambing.

“Lokasi penyembelihan hewan kurban dibagi untuk masing-masing OPD. Semua proses berjalan dengan lancar. Proses penyembelihan dan pengulitan juga diusahakan dilaksanakan di ruang terbuka dengan menerapkan prokes, salah satunya dengan meminimalisir terciptanya kerumunan. Semoga tahun depan jumlah hewan kurban bisa bertambah dan masing-masing dari kita diberi rezeki dan kecukupan untuk bisa berkurban di tahun berikutnya,” tandas Bupati.

Di tempat terpisah, Wakil Bupati Adlin Tambunan menyaksikan proses pemotongan hewan kurban di lingkungan Manggis, Kelurahan Simpang Tiga Pekan, Kecamatan Perbaungan.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati meminta kepada panitia kurban agar daging kurban dibagi-bagikan secara langsung kepada warga dari rumah ke rumah.

“Protokol kesehatan mesti dijalankan secara disiplin dalam kegiatan kita pada hari ini supaya tidak menciptakan kluster baru dan kita tetap bisa menjalankan ibadah dengan nyaman dan aman,” ucapnya.

Terakhir, dirinya berharap agar Iduladha tahun ini bisa dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas ibadah umat muslim.

“Mari kita saling berbagi kebaikan apalagi kondisi saat ini banyak warga memang membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari sesama,” tandasnya, (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Juli).

278 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *