Tinjau Korban Banjir dan Salurkan Bantuan, Bupati Sergai Harap Masyarakat Sabar dan Tetap Waspada

 

Sei Rampah,

Usai meninjau banjir di Kecamatan Dolok Masihul dan melakukan rapat terbatas (ratas) dengan OPD terkait dengan agenda penanganan banjir, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya melanjutkan aktivitasnya dengan meninjau kondisi warga yang terdampak banjir di Kelurahan Pekan Dolok Masihul Kecamatan Dolok Masihul, Rabu (17/11/2021) malam.

Selain posko yang ditinjau, Bupati juga sempat menyambangi dapur umum yang didirikan pihak kelurahan bersama warga untuk para korban banjir di Kampung Mandailing Lingkungan II Kelurahan Pekan Dolok Masihul.

Saat di lokasi, Bupati menyempatkan untuk berbincang-bincang sembari menghibur warga dan menemani menyantap makan malam bersama. Dengan lauk ala kadarnya berupa sayur lodeh dan sambal terasi, Ia tampak menikmati makanan yang dimasak kaum ibu di dapur umum tersebut

Kehadiran Bupati disambut hangat oleh warga, sekaligus untuk menyerahkan bantuan sembako dan kebutuhan lainnya untuk memenuhi kebutuhan dapur umum.

“ Wah enak ya, memang kalo udah ditangan ibu-ibu yang masak, pasti semua jadi enak,”ucap Bupati disambut tawa warga.

Tak lupa Bupati Darma Wijaya berpesan kepada warga untuk bersabar dalam menghadapi cobaan ini dan tetap waspada. Banjir ini terjadi karena hujan gunung, sehingga sungai tidak mampu menampung debit air yang tinggi dan meluap ke permukiman warga.

“ Bapak ibu bersabar ya dan tetap waspada dengan cuaca yang ekstrim akhir-akhir ini. Tetaplah bersyukur, karena Allah memberi cobaan pasti karena kita mampu dan pasti ada hikmah dibalik musibah ini. Semoga musibah ini segera berlalu,”ungkapnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini juga meminta kepada Kepala Lingkungan (Kepling), Lurah dan Camat untuk mendata seluruh warga yang terdampak bencana banjir.

“ Pak Camat, pak Lurah dan Kepling didata semua warga yang terdampak ya. Nanti akan kita salurkan bantuan. Setiap KK akan kita kasih bantuan beras dan kebutuhan pokok lainnya. Semoga itu dapat meringankan beban bapak ibu sekalian,”ucapnya.

Menanggapi pernyataan Bupati, Kepala Lingkungan II Kelurahan Pekan Dolok Masihul, Agustina menjelaskan jika banjir yang melanda wilayahnya terjadi usai hujan mengguyur kemarin malam.

“ Pas malamnya hujan. Terus pagi-pagi air sungai naik. Kemungkinan air dari gunung,” ujarnya.

Agustina pun sangat berterimakasih kepada Bupati yang sudah memperhatikan warga korban banjir khususnya di Kampung Mandailing Lingkungan II Keluarahan Pekan Dolok Masihul.

” Tadi pak Bupati makan di sini, gak nyangka pak Bupati mau makan di sini. Kalo tau tadikan kami masakan yang enak. Ini ala kadarnya ajalah pake sambal terasi pula,”ucapnya.

Berdasarkan data sementara dari BPBD Serdang Bedagai, sekitar 718 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir di Kecamatan Dolok Masihul. Yang terparah ada di Desa Pekan Dolok 340 KK, Pekan Kamis 270 KK, Aras Panjang 90 KK, Desa Bantan 10 KK dan Desa Tegal Sari 8 KK.(MC/Sergai/Rini/Ardi/Juli/Vivi/Chan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *