Bupati Sergai Lantik Kelompok Kerja Bunda PAUD dan DPC GOPTKI Periode 2021-2026

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mensinergikan berbagai program dan kegiatan yang diarahkan pada peningkatan dan pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), di antaranya penyediaan prasarana PAUD, pembangunan TK Negeri di setiap kecamatan dan TK Pembina di kabupaten, tenaga pendidik PAUD, pendidik dan pelatihan guru/kepala TK, pendidikan dan pelatihan tenaga pengelola pusat PAUD serta pengalokasian anggaran guru untuk mendukung PAUD.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang didampingi Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya  dalam sambutannya di acara Pelantikan dan Pengukuhan Kelompok Kerja Bunda PAUD dan DPC GOPTKI Kabupaten Sergai periode 2021-2026, di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (25/11/2021).

“ Mengingat pentingnya penanganan PAUD, maka dunia internasional pun telah berkomitmen melalui Convention on the Right Of the Child 1989 dalam deklarasi Dakkar 2000 demi terwujudnya pendidikan untuk semua dan A World Fit For Children 2002 yang bertujuan untuk menciptakan dunia yang layak bagi anak. Kesemuanya itu merupakan komitmen untuk memberikan perlindungan, penghargaan dan pemenuhan hak-hak dasar anak,” ucapnya.

Bupati menyebut, seluruh kegiatan yang mendukung PAUD didanai oleh APBD Kabupaten Sergai yang bertujuan untuk mendukung berbagai program pengembangan GOPTKI dan Pokja Bunda PAUD di Kabupaten Sergai.

Sejalan dengan itu, sebut Bupati, pelayanan prima secara langsung kepada masyarakat khususnya yang berhubungan dengan pendidikan pra-sekolah dapat terwujud.

Masih lanjut Bupati, keseleruhan proses pertumbuhan anak haruslah dipahami oleh para pendidik dan pengelola TK, khususnya di Kabupaten Sergai, sehingga kedepan pendidikan pra-sekolah yang dikelola dan dinaungi oleh GOPTKI dan Pokja Bunda PAUD memiliki peran dan arti penting di masyakat.

“ Saya mengucapkan selamat bekerja bagi pengurus GOPTKI dan Pokja Bunda PAUD Kabupaten Sergai. Dalam menghadapi tantangan ke depan, GOPTKI dan Pokja Bunda PAUD harus menjadi organisasi yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua GOPTKI Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, menyampaikan kepada Bupati Darma Wijaya selaku pembina dan Ketua TP-PKK Sergai Ny. Rosmaida Darma Wijaya, selaku penasehat DPC GOPTKI dan Pokja Bunda PAUD Kabupaten Sergai, kiranya dapat memberikan dukungan, bimbingan dan arahan untuk kemajuan organisasi DPC GOPTKI dan Pokja Bunda PAUD ini untuk ke depannya agar semakin matang sebagai sebuah organisasi, dan semakin kokoh dalam mengemban amanah mengembangkan PAUD demi terwujudnya SDM yang berkualitas dan berakhlak mulia.

“ Organisasi GOPTKI dan Pokja Bunda PAUD memiliki peran sebagai pemersatu bagi setiap organisasi, yayasan dan lembaga yang berkiprah dalam PAUD, agar tetap memiliki kesatuan visi dan misi dalam penyiapan generasi demi terwujudnya pembangunan SDA yang handal sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga,” ucapnya.

Ia melanjutkan, di waktu yang akan datang, GOPTKI dan Pokja Bunda PAUD harus proaktif dalam mengoptimalkan perannya dalam meningkatkan kualitas SDM secara dini sehingga menghasilkan anak yang cerdas dan berakhlak mulia.

      Hal ini, ungkapnya, sebab usia dini sangat strategis untuk menanamkan aspek-aspek dasar pendidikan yang sangat penting bagi jenjang pendidikan selanjutnya. Di antaranya pengembangan intelektual, akhlak dan budi pekerti, keterampilan, penanaman keimanan, ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa serta pengembangan (IQ, EQ dan SQ).

            Terakhir, Ketua GOPTKI Sergai mengatakan, pertumbuhan anak-anak yang baik tidak hanya fisik tapi juga mental dan intelektual. Ia meyakini, proses pertumbuhan anak bukan hanya proses pertumbuhan tetapi proses tumbuh- kembangnya. Di masa anak-anak, pertumbuhannya pesat sekali termasuk otak yang merupakan organ penting sebagai pusat kontrol berpikir, emosi dan tingkah laku. Keberhasilan proses pertumbuhan otak dipengaruhi oleh asupan gizi seimbang.

            “ Sehubungan dengan program pemerintah dalam pencegahan stunting (gagal tumbuh) maka organisasi GOPTKI dan Pokja Bunda PAUD juga dapat berperan dalam pencegahannya. Keseluruhan proses pertumbuhan anak ini haruslah dipahami oleh para pendidik dan pengelola TK khususnya di Kabupaten Sergai, sehingga ke depan pendidikan pra-sekolah yang dikelola dan dinaungi oleh GOPTKI memiliki peran dan arti penting di masyarakat,” tandasnya.

            Ikut hadir dalam kegiatan ini Ketua Darma Wanita yang juga Wakil Ketua GOPTKI Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, Kadis Sosial Arianto, S.Pd, M.Si, Bhayangkari, Persit KCK dan sejumlah pengurus GOPTKI Sergai. MC Sergai/rini/ardi/cahan/vivi/ardi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *