Rancang RKPD Tahun 2023, Pemkab Sergai Gelar Konsultasi

Sei Rampah

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Henri Suharto, SH, MAP, hadir dalam acara Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (22/11/2021).

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Henri Suharto, Bupati menyampaikan sesuai dengan amanat UU RI No. 25 Tahun 2004 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 86 Tahun 2017, Konsultasi Publik dilaksanakan untuk penyempurnaan rancangan awal (ranwal) RKPD Tahun 2023.

“Adapun tujuan konsultasi publik ini yaitu sebagai kerangka awal penyusunan RKPD Tahun 2023. Melalui kegiatan konsultasi publik rancangan awal RKPD ini, diharapkan kita akan mendapat berbagai masukan dari semua pihak dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Sergai,” kata Darma Wijaya.

Lewat kegiatan ini, Bupati berharap DPRD Sergai juga diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran tentang perencanaan pembangunan di Sergai sesuai dengan tema pembangunan tahun 2023 yaitu “Peningkatan perekonomian melalui pembangunan infrastruktur yang mendukung pertanian dan pariwisata, serta pembangunan manusia untuk pengembangan UMKM, dan pelayanan publik.”

“Kita berharap pendekatan politis sebagai salah satu pendekatan dalam perencanaan pembangunan daerah dapat kita sinergikan dan menjadi kekuatan bagi kita untuk melangkah lebih maju lagi dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Sergai yang kita cintai ini,” ucapnya lagi.

Bupati berpesan agar penyusunan RKPD dapat berjalan sebagaimana mestinya khususnya dalam pencapaian pencapaian target RPJMD Tahun 2021-2026 pada tahun 2023.

Masih lanjut Bupati, berdasarkan arah dan kebijakan ekonomi serta keuangan daerah, diharapkan kepada para Kepala OPD untuk dapat merancang RKPD dengan menyepakati beberapa program prioritas Sapta Dambaan untuk mendukung pencapaian target visi Sergai yang Maju Terus.

“Walaupun UU secara jelas menyatakan bahwa pemerintah daerah mempunyai wewenang untuk mengatur dan mengurus pemerintahnya sendiri, namun dalam penyusunan perencanaan daerah tetap harus memperhatikan keterkaitan antara perencanaan pemerintah pusat, provinsi, dan antara pemerintah daerah, sehingga pencapaian tujuan daerah dapat mendukung pencapaian tujuan nasional,” ucapnya sembari menambahkan begitu pun penyusunan RKPD juga diintegrasikan dengan prioritas pembangunan pada RKPD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tahun 2023 maupun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2023.

Selanjutnya, Bupati sangat mengharapkan agar pelaksanaan konsultasi publik rancangan awal RKPD ini benar-benar berkualitas dan partisipatif, sehingga mampu mengantarkan Sergai menjadi Kabupaten yang Maju Terus.

“Kepada seluruh OPD dan peserta konsultasi, saya minta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan lakukanlah dialog yang konstruktif, sehingga dapat dihasilkan RKPD Tahun 2023 yang lebih baik dan lebih operasional,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Sergai dr. M. Riski Ramadhan Hasibuan, SH, SE, MKM, Kepala BPS Sergai Herman, SE, M.Si, para Kepala OPD serta perwakilan OPD yang menjadi peserta konsultasi. MC Sergai/Rini/Ardi/Vichan/Vivi/Julia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *