Di Pelantikan Pengurus FKUB, Bupati Darma Wijaya : “ Jaga Kerukunan Beragama di Sergai “

Sei Rampah,

            Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya didampingi Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP, Kepengurusan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sergai periode 2021-2026 di Aula Dinas Pendidikan Sergai, Sei Rampah, Selasa (28/12/2021).

            Dengan disaksikan oleh Ketua FKUB Sumut Palit Muda Harahap, Kakan Kemenag Sergai Zulkifli Sitorus, perwakilan Polres Sergai, Kasdim  0204/DS, serta jajaran pengurus, pelantikan berlangsung khidmat dan lancar berdasarkan Surat Keputusan Bupati No 511/18.36/Tahun 2021 tentang Penetapan Susunan Pengurus FKUB Sergai 2021-2026.

            Mengawali sambutannya, Bupati Darma Wijaya menyampaikan hingga saat ini FKUB Sergai benar-benar menjalankan perannya dalam menjaga kerukunan. Tidak sedikit persoalan atau hal-hal yang memicu perpecahan bisa mereda.

            “ Kami ucapkan terima kasih kepada FKUB Sergai. Jika ada riak-riak kecil yang menyenggol kerukunan beragama dapat diatasi dengan baik dan bisa diredam,” ucap Bang Wiwik demikian akrab disapa.

            Ia menambahkan bahwa saling menghargai dan menghormati menjadi kunci kerukunan beragama di Sergai Tanah Bertuah negeri Beradat  agar tetap terjaga.

            “ Dari pengurusnya dulu. Kalau pengurus saling menghargai dan menghormati, orang-orang di luar akan melihatnya sebagai contoh. Kalau sesama kita saja tidak saling menghargai, bagaimana nanti di masyarakat yang latar belakang dan lingkungannya yang beragam. Pasti sulit. Toleransi itu harus dijaga,”katanya lagi.

            Dalam kesempatan yang sama, Ketua FKUB Sergai yang baru saja dilantik, Irfan El Fuadi Lubis menuturkan bahwa kerukunan beragama adalah benteng pertahanan nasional. Kepada 17 pengurus yang dilantik, ia pun meminta agar harmoni kerukunan yang sudah terjalin dijaga dengan baik dan tetap dipertahankan.

            “ Kerukunan beragama ini bagian terpenting dari kerukunan nasional. Kita perpanjangan tangan dari Pak Bupati. Ini tugas berat. Kalau tidak rukun masyarakatnya, yang salah bukan Pak Bupati. Tapi kita. Jadi, kita jaga lah riak-riak yang bisa memecah konsentrasi Pak Bupati dan Wakil Bupati dalam membangun Kabupaten Sergai yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Gelar Dialog Kebangsaan

            Usai pelantikan, masih di tempat yang sama, FKUB di bawah kepemimpinan Irfan El Fuadi Lubis turut menggelar dialog kebangsaan dalam upaya peningkatan kerukunan umat beragama di Kabupaten Sergai.

            Dalam dialog tersebut, Wabup Sergai Adlin Tambunan didaulat sebagai narasumber yang memberikan pemaparan tentang Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Peningkatan Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Sergai.

            Dalam paparannya, Adlin menekankan kepada pengurus FKUB untuk menjalankan tugas dan fungsinya dengan tepat. Diantaranya yakni memberi saran/pendapat dalam merumuskan kebijakan umum pembangunan, pemeliharaan, dan pemberdayaan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.

            ” Bukan itu saja, melakukan dialog, menampung, menyalurkan aspirasi dan membantu pemerintah dalam menyelesaikan perselisiha n yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama juga bagian dari fungsi FKUB. Jangan keluar dari koridor ini,” paparnya.

            Adlin juga mengingatkan pentingnya trilogi kerukunan umat beragama dalam menjalankan organisasi tersebut. Pertama yakni kerukunan internal umat beragama. Kedua, kerukunan antar umat yang berbeda-beda agama. Terakhir yakni kerukunan antara (pemuka) umat beragama dengan pemerintah.

            ” Trilogi ini bertujuan untuk agar masyarakat bisa hidup dalam kebersamaan, sekalipun banyak perbedaan. Ada dua  kebijakan besar untuk menjaga kerukunan umat beragama. Pertama memberdayakan masyarakat, kelompok agama, serta pemuka agama untuk menyelesaikan sendiri masalah kerukunan umat beragama dan kedua yakni memberikan rambu-rambu dalam pengelolaan kerukunan umat beragama,” pungkas Wabup Sergai. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Julia)

929 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *