Menumbuhkan Perekonomian Sergai Lewat Sertifikat PTSL

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menyerahkan 44 Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (28/12/2021).

Membuka sambutannya, Bupati menyampaikan jika Kabupaten Sergai terbentuk berdasarkan UU. No. 36 Tahun 2003 dengan luas wilayah sebesar 1.900,22 km², memiliki 17 kecamatan, 237 desa, 6 kelurahan yang sangat berpotensi menjadi objek kegiatan PTSL.

Bupati kemudian merinci, pelaksanaan kegiatan PTSL Tahun Anggaran 2021 ini berlangsung dengan target penyerahan sertifikat sebanyak 1.440 bidang. Penyerahan tersebut, sebutnya, dilaksanakan di 4 kecamatan yang terdiri dari 9 desa yaitu Kecamatan Tebing Tinggi (Desa Paya Bagas, Desa Paya Lombang, Desa Paya Mabar, Desa Sei Priok), Kecamatan Serba Jadi (Desa Pulau Gambar), Kecamatan Pegajahan ( Desa Jati Mulyo, Desa Petuaran Hilir Dan Desa Lestari Dadi) dan Kecamatan Dolok Masihul (Desa Pekan Kamis).

“Saya menyampaikan jika ada tujuan utama dilaksanakannya kegiatan ini. Pertama, mengadakan pembagian tanah dengan memberikan dasar kepemilikan tanah. Kedua, memberi kepastian hukum hak atas tanah kepada subjek yang memenuhi persyaratan,” jelasnya.

Terakhir, Bupati berharap agar seluruh pihak terkait mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat mengingat sampai saat ini dirinya masih mendapati adanya laporan terkait calo dalam proses pengurusan surat tanah.

Namun, Darma Wijaya optimis pelaksanaan PTSL tahun ini bisa berjalan dengan baik. “Saya meyakini bahwa dengar berbekal semangat, kerja keras dan kerja cerdas, serta didukung dengan kemampuan dan pemahaman seluruh pemangku amanah jajaran Pemkab Sergai, Insya Allah kita menyukseskan kegiatan PTSL tahun 2021,” tandasnya.

Sementara itu dalam pernyataannya Kepala Kantor BPN, Joko Sutari, SH, M.Si, memuji Bupati Sergai yang konsisten mendukung BPN Sergai dalam bidang pertanahan. Ia menyebut, tahun 2022 akan dilaksanakan sebanyak 16.500 sertifikasi di Sergai.

“Perlu diketahui dengan tertibnya sertifikat, otomatis kegiatan pertanahanan akan menumbuhkan perekonomian masyarkaat. Masyarakat juga terlindungi dengan bukti-bukti yang sudah diakui pemerintah,” jelasnya.

Masih lanjut Joko, salah satu yang menjadi keluhan masyarakat adalah masalah Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Untuk itu ia berharap Pemkab Sergai di bawah kepemimpinan Darma Wijaya bisa merumuskan kebijakan yang mengakomodasi masyarakat Sergai yang ikut program ini.

Terakhir, dia menginformasikan jika pada hari ini pihak BPN Sergai juga akan menyerahkan 28 sertifikat aset Pemkab Sergai.

“30 sisanya lagi akan kami serahkan Januari tahun depan. Mudah-mudahan legalitas aset Pemkab Sergai sudah tuntas tahun 2022,” tandasya.

Hadir dalam kegiatan ini Sekdakab Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana, S.Sos, M.Si, para Kepala OPD terkait dan perwakilan masyarakat penerima sertifikat PTSL. (MC/Sergai/RI i/Ardi/Chan/Vivi/Julia)

499 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *