Mengenal Potensi Pantai Naga Jaya di Desa Naga Kisar

Saat ini Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), menjadi pusat perhatian, dan memiliki peran dalam pengembangan pariwisata pantai di Kabupaten Sergai Tanah Bertuah negeri Beradat, cagar budaya serta hutan mangrove memiliki potensi yang berbeda-beda untuk menonjolkan obyek-obyek yang akan dikembangkan baik masyarakat daerah maupun pemerintahan.

Di Kecamatan Pantai Cermin terdapat desa yang memiliki objek wisata pantai yang berpotensi untuk dikembangkan yaitu Desa Naga Kisar, memiliki satu wilayah pesisir pantai yang dapat dikembangkan sebagai obyek pariwisata, Desa Naga Kisar bekerjasama dan membentuk kelompok untuk mengelola wisata pantai tersebut yang diberi nama “GAPOKTAN”.

Wisata bahari yang saat ini baru saja dikelola “GAPOKTAN” (Gabungan Kelompok Tani) dan bekerjasama dengan APINDO (Asosiasi Pengusaha Indonesia Sumatera Utara) pada tahun 2015 yaitu bernama Pantai Naga Jaya. Kelompok ini dapat meningkatkan skala perekonomian dan bekerjasama dalam mengembangkan wisata bahari di Desa Naga Kisar.

Selain itu masyarakat Desa Naga Kisar juga membantu dalam menjaga lingkungan dengan membersihkan seluruh lokasi objek wisata. Berdasarkan pengamatan awal pantai ini akan banyak menyajikan daya tarik wisata dan potensi yang berbeda dengan wisata pantai di daerah lainnya. Seperti topografi daerah pantai yang landai, karakteristik pasir pantai yang halus dan berwarna putih. Terdapat juga vegetasi seperti pohon mangrove, cemara pantai yang menjadi salah satu tumbuhan yang menambah potensi alami daearah wisata tersebut (sebelum masa pandemi). Pada tahun 2017 jumlah pengunjung setiap minggu berkisar 20-50 orang sedangkan pada tahun 2018 jumlah pengunjug naik sampai 50-90 orang.

Meningkatnya jumlah pengunjung pada tahun 2019 di objek wisata Pantai Naga Jaya ini rata-rata setiap minggu (weekend) berjumlah sekitar 100-150 orang. Dari jumlah pengunjung yang datang, membuktikan bahwa objek wisata Pantai Naga Jaya memiliki potensi yang baik dan membutuhkan strategi pengembangan baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat daerah. Untuk itu perlu dikaji secara mendalam strategi pengembangan Objek Wisata Pantai Naga Jaya di Desa Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Sergai.

Obyek wisata Pantai Naga Jaya memiliki potensi alam yang baik. Terlihat dari kondisi fisik alami seperti, keadaan topografi, keberagaman flora dan fauna dan kondisi air pantai.

Objek wisata Pantai Naga Jaya juga memiliki keadaan fisik buatan, yang perlu dikembangkan dan menambah beberapa fasilitas objek wisata. Ketersediaan sarana prasana serta infrastruktur akan menjadi daya dukung dalam membantu sistem promosi yang dapat menarik perhatian pengunjung, mereka akan tertarik jika, seluruh aktivitas pariwisata pengunjung dapat terpenuhi dengan ketersediaan sarana dan prasarana. Hal tersebut dapat meningkatkan kegiatan promosi dari pihak pengelola maupun pemerintah.

Strategi yang akan menarik perhatian para penggunjung dari Pantai Naga Jaya ini yaitu, keberadaan vegetasi: mangrove, cemara, mangga, sawit, jambu dan hewan: ikan laut, ikan air tawar, kepiting. Semua keberagaman flora dan fauna tersebut dikembangkan di wilayah obyek wisata. Karena terdapat lahan luas yang akan menampung vegetasi dan ikan-ikan yang akan dikembangbiakan di lokasi objek wisata.

Hal ini menunjukkan bahwa, objek wisata Pantai Naga Jaya memiliki potensi alam yang mampu mendukung pengembangan pariwisata di Desa Naga Kisar. Mewujudkan perencanaan wilayah tidak terlepas dari kerjasama yang dilakukan dari semua pihak untuk dapat mengoptimalkan perkembangan obyek wisata.

Objek wisata merupakan bidang usaha, yang memberikan peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Selain itu masyarakat juga dapat menambah perekonomian dengan membuka usaha dan membantu menjaga lingkungan disekitar objek wisata. Khususunya Desa Naga Kisar yang menjadi daerah yang memiliki potensi objek wisata bahari, untuk itu masyarakat perlu melakukan sosialisasi dan sadar terhadap adanya potensi objek wisata Pantai Naga Jaya. Keramahan terhadap pengunjung menjadi hal yang utama untuk memperkenalkan Desa Naga Kisar sebagai salah satu objek wisata bahari di Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Sergai…(Dikutip dari berbagai sumber/ISL).

1.585 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *