Di Pengukuhan APDESI Sergai, Bupati Harap Sinergi Pemkab-Pemdes

Sei Rampah,
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya hadir dalam Acara Pengukuhan Pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Sergai yang dilaksanakan di Jericho Stable, Desa Firdaus, Sei Rampah, Selasa (28/12/2021).
Bupati membuka sambutannya dengan menyampaikan jika APDESI merupakan perwujudan amanat dari UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa. Secara khusus, Bupati menyebut jika APDESI merupakan sarana fasilitasi bagi desa dalam berkomunikasi untuk memberikan pendapat dan saran, serta hal-hal yang membangun dalam memajukan desa di Kabupaten Sergai dan merupakan mitra untuk dalam rangka mendukung program terutama visi dan misi Bupati-Wabup Sergai, untuk mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius.
APDESI juga wadah konsolidasi dan pemersatu antar sesama Kepala Desa, sehingga dapat menciptakan komunikasi yang baik dan kerukunan antar masyarakat, serta dapat bersinergi dan mendukung pemerintah daerah dalam pencapaian beberapa program strategis yang termuat dalam RPJMD tahun 2021-2026. Di dalamnya dititikberatkan pada penataan birokrasi desa, peningkatan status desa, peningkatan ekonomi desa, pemberdayaan masyarakat, dan pembinaan lembaga kemasyarakatan,” jabar Bang Wiwiek, sapaan akrabnya.
Masih lanjut Bang Wiwiek, sebagai organisasi independen, APDESI diharapkan mampu menjadi wadah bagi para Kepala Desa kedepannya dalam melakukan banyak hal, di antaranya, pertama, memberdayakan pemerintah lembaga-lembaga desa dan masyarakat perdesaan. Kedua, mencerdaskan masyarakat pedesaan melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan di desa. Ketiga menjalin kemitraan dengan lembaga non-pemerintah dan lembaga pemerintah untuk menciptakan masyarakat adil dan sejahtera, serta dalam rangka percepatan pemberdayaan dan pembangunan desa. Keempat, memperkuat posisi dan eksistensi desa sebagai pondasi pemerintahan di Indonesia.

“ Selain itu, APDESI juga diharapkan mampu menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah desa, saling bersinergi agar suasana desa menjadi aman, tentram, harus saling merangkul dan bekerjasama, sehingga pembangunan desa dapat berjalan dengan baik berdasarkan pemetaan status, potensi dan kewenangan yang dimiliki desa,” ucapnya sambil menambahkan, jika di masa pandemi seperti ini, peran aktif para pengurus APDESI dan pemerintah desa untuk saling bekerjasama dalam penanganan Covid-19 di Sergai, sehingga seluruh desa di Sergai dapat menjadi desa yang sehat dan tangguh.
Sebagaimana yang tercantum pada Nawacita Presiden Joko Widodo yaitu membangun Indonesia dari pinggiran, Bupati menyebut, hal itu bisa diartikan membangun indonesia dari “desa”.
“ Pemerintah hendak memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dimulai dari desa oleh karena itu, saya berharap agar organisasi APDESI dapat menjadi wadah silaturahmi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan antara pemerintahan desa, sehingga terjalin hubungan yang baik antar kepala desa dan perangkat desa.
Terakhir, Bupati berharap APDESI dapat memainkan perannya sebagai pengawal pembangunan, serta kebijakan yang dikeluarkan pemerintah daerah.
“ Dengan begitu, dapat terjalin hubungan yang baik antara pemerintah desa dengan pemerintah kabupaten, maupun pemerintah provinsi, sehingga sinergitas dapat terwujud demi kemajuan bersama,” tandasnya.
Di kesempatan yang sama, Ketua DPD APDESI Provinsi Sumut, Suparman, menekankan pentingnya sinergitas antara desa dengan Pemkab.

“Adanya APDESI sama sekali tidak untuk membangun kekuatan baru, justru, hadirnya kami ini bertujuan untuk mendukung program Bupati dan Wabup, sehingga desa dan kabupaten bisa berjalan beriringan demi terwujudnya pemerintahan yang berjalan baik,” katanya.

Suparman berharap, dengan adanya pengukuhan yang dilaksanakan hari ini, pengurus APDESI di Sergai bisa menjalankan roda pemerintahan desa dengan baik.
Terkahir, ia menyebut jika anggapan yang mengatakan desa ada di hirarki paling bawah dalam sistem pemerintahan adalah kurang tepat, karena justru pemerintahan desa merupakan garda terdepan.
” Jam kerja pemimpin desa itu memang tidak ada karena harus siap kapan saja. Mulai dari urusan lahir sampai kematian. Apalagi di masa pandemi ini, peran Kepala Desa sangat sentral. Bagi saya, Kepala Desa, seperti halnya Bupati, bukan profesi atau pekerjaan, tapi amanah yang dipercayakan,” tandasnya.
Dalam kesempatan ini, dikukuhkan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) APDESI Kabupaten Sergai masa bakti 2021-2023 dengan ketua Darma Sutra, Wakil Ketua I Suandi Sipayung, Wakil Ketua II Misdianto dan Sekretaris Jopri Arisandi.
Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, para Asisten, jajaran Kepala OPD, dan para Kepala Desa se-Sergai. (MC/Sergai/Rini/Ardi/Chan/Vivi/Julia)

891 Views

1 thought on “Di Pengukuhan APDESI Sergai, Bupati Harap Sinergi Pemkab-Pemdes

  1. Saya sekretaris desa bukit cermin hilir kecamatan Dolok Masihul pak
    Mohon pak agar NIPD (Nomor induk Perangkat Desa) segera terwujudkan untuk kami perangkat desa dikabupaten Serdang Bedagai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *