Bakso Urat dalam Pelayanan Publik

Wuuuuiiiihhh canggih, sekarang di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sudah ada lho pelayanan yang namanya aplikasi Buat Administrasi Kependudukan Secara Online Untuk Rakyat alias “ Bakso Urat”. Aplikasi ini menjadi wadah pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Mimin pikir Bakso Urat itu hanya sejenis makanan saja tetapi ada juga lho aplikasi yang dinamakan makanan enak yang satu itu.

Aplikasi Bakso Urat mempermudah masyarakat dalam kepengurusan administrasi kependudukan. Bakso Urat ini diresmikan saat masa Kepemimpinan Bapak Bupati H. Darma Wijaya dan Bapak Wakil Buputi H. Adlin Tambunan tepat di 100 hari masa kepemimpinannya.

Bakso Urat ini tentu sangat mempermudah masyarakat dalam proses pelayanan publik, terutama dalam pembuatan berkas-berkas kependudukan. Lewat aplikasi Bakso Urat ini, layanan yang sebelumnya bersifat manual dan memakan waktu, bahkan membuat masyarakat enggan untuk mengurusnya, kini dapat diperingkas lewat pemaksimalan Teknologi dan Informasi (TI). Lewat aplikasi Bakso Urat ini, layanan yang sebelumnya bersifat manual dan memakan waktu, kini dapat dipersingkat dengan memaksimalkan teknologi informasi.

Selain dapat menghemat waktu dan jarak (efisiensi), juga dapat bebas dari pungutan liar dan calo dalam proses pembuatan dokumen kependudukan. Tentu hal ini ditekankan kepada para anggota atau petugas pelaksana supaya menerapkan pelayanan yang bebas calo, bebas pungutan liar. Tidak cuma di Dinas Dukcapil saja, tetapi pelayanan masyarakat yang bersih dan bebas biaya juga dilakukan di tingkat kecamatan.

Dengan adanya aplikasi Bakso Urat ini tentu kita tidak lagi disulitkan dengan kendala jarak yang jauh, misalnya masyarakat yang tinggal di Sipispis atau di daerah Dolok Merawan yang ingin mengurus berkas-berkas kependudukannya tidak harus datang ke layanan pusat Dinas Dukcapil yang berada di Sei Rampah.

Di lansir dari Sumut.antaranews.com, di 100 hari masa Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sergai, selain Bakso Urat juga sudah dilakukan berbagai gebrakan penting di beberapa bidang utama, seperti merekrut tenaga kebersihan yang dinamakan “Pasukan Merah”. Tenaga kebersihan ini diisi oleh orang-orang yang berani dan kompeten dan bertanggung jawab dalam menata kebersihan daerah. Selain itu, juga sudah dijalin kerja sama dengan Baznas meluncurkan program zakat dan infaq yang menyasar para ASN. Keren gak tuh!

Balik lagi ke Bakso Urat. Pelayanan Bakso Urat ini tentu memberikan kemudahan kepada masyarakat yang akan mengurus dokumen kependudukan. Selain dapat memangkas jarak, ada 5 titik simpul pelayanan Bakso Urat di kecamatan yaitu Lima titik simpul pelayanan tersebut, yaitu di Kecamatan Perbaungan untuk melayani masyarakat Kecamatan Pantai Cermin dan Pegajahan. Kecamatan Teluk Mengkudu untuk melayani masyarakat di Kecamatan Sei Rampah, Tanjung Beringin dan Sei Bamban. Kecamatan Tebing Syahbandar untuk Kecamatan Bandar Khalipah dan Tebing Tinggi, Kecamatan Dolok Merawan untuk Sipispis dan Dolok Masihul, serta Kecamatan Serbajadi menangani Silinda, Kotari, dan Bintang Bayu.

Perlu kita ketahui sebagai masyarakat awam, jika eksistensi Dinas Dukcapil adalah sebagai pelayan masyarakat, bukan malah yang dilayani, dan juga menekankan perlunya memperkuat kerja sama dan sinergitas antara masyarakat dan pekerja pelaksanan Bakso Urat agar nantinya bisa berjalan sesuai yang diharapkan.

Nah, buat kamu warga Sergai yang ingin mengurus dokumen kependudukan tidak perlu repot-repot datang ke Dinas Dukcapil Sei Rampah, sekarang sudah ada tersedia di setiap Kecamatan tempat kamu tinggal yaitu “Bakso Urat”, cukup buka laman website sergai di www.serdangbedagaikab.go.id cari aplikasi Bakso Urat, aplikasi yang akan mempermudah masyarakat tentunya dan lebih menghemat waktu….(dikutip dari berbagai sumber/ISL).

30 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *