Bahas PTSL, Bupati Sergai Ikuti Rapat Virtual dengan Menteri ATR/BPN

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menyaksikan secara virtual Sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2022, di ruang kerjanya, di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (27/1/2022).

Bupati mengatakan, kegiatan ini mengangkat tema “Peran Pemerintah Daerah dalam Menyukseskan Program Strategis PTSL Menuju Terwujudnya Kesejahteraan Rakyat”.

Di sosialisasi tersebut, kata Bupati, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A. Djalil, menyampaikan terima kasih Kepada Gubernur, Bupati, Walikota yang telah membebaskan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTP) untuk pendaftaran tanah pertama kali.

“ Akibatnya, sebut Pak Menteri, begitu dibebaskan BPHTP di kabupaten-kabupaten dan kota tersebut, pengeluaran sertifikat bisa jalan secara sangat baik dan sangat cepat. Tadi juga beliau mengharapkan dukungan dari Gubernur, Bupati, Walikota di seluruh Indonesia supaya membantu rakyat yang ada di daerah. Karena tanpa dukungan tersebut, Menteri ATR/BPN tidak bisa bekerja lebih cepat. Oleh sebab itu Pak Menteri minta dukungan dari masing-masing Kepala Daerah agar tanah masyarakat di daerah bisa tersertifikasi”, ucapnya lagi.

Bupati Sergai menyebut, dukungan yang dimaksud adalah inisiatif untuk memfasilitasi pemasangan tanda batas bidang tanah termasuk sempadan, menyiapkan data-data yang diperlukan untuk kelengkapan persyaratan pendaftaran tanah, melakukan pembebasan/keringanan BPHTB untuk kegiatan PTSL, menyiapkan anggaran pra PTSL, dan membantu menyediakan sarana dan pra-sarana operasional kegiatan PTSL.

“ Pak Menteri menekankan betul kalau Pemerintah Pusat sangat serius mendaftarkan aset-aset pemerintah daerah yang mungkin selama ini tidak terdaftar dengan baik sehingga banyak aset daerah yang hilang karena administrasi juga yang tidak baik,” tambah Bang Wiwiek, sapaan akrab Bupati.

Menanggapi hal tersebut, Bupati meminta pihak-pihak terkait agar serius dalam melaksanakan tata permasalahan pertanahan.

“ Kalau tim kita bagus kerja, kita bakal lebih mudah dalam menyelesaikan masalah-masalah pertanahan yang ada di Sergai. Jalin koordinasi intens dengan Pak Joko Sutari selaku Kepala BPN. Semangat untuk menata pertanahan harus kita bangun dan jaga. Jangan lupa juga jika kita punya fokus dalam proses pembebasan lahan,” tandas Bang Wiwiek.

Ikut mendamping Bupati Sergai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S. Sos, M.Si, OPD terkait dan perwakilan BPN Sergai. (MC Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan Yuanda

Admin : Vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *