Resmikan Jalan di Bajaronggi, Bupati Sergai: “Jaga dan Rawat Bersama-sama”

Dolok Masihul,

Pembangunan infrastruktur wajib diiringi dengan kesungguhan untuk menjaga dan merawat, karena itu merupakan satu kesatuan demi memastikan hasilnya dapat dimanfaatkan dalam jangka panjang.

Pesan tersebut menjadi poin utama yang disampaikan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang didampingi Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, saat meresmikan jalan yang tuntas dibangun di Desa Bajaronggi, Kecamatan Dolok Masihul, Rabu (2/2/2022).

“Kalau masyarakat bikin komitmen untuk bersama-sama menjaga dan merawat fasilitas jalan yang sudah dibangun, Insya Allah fasilitas ini bisa dipakai dan dinikmati untuk jangka waktu yang panjang,” ucap Bupati.

Bupati mengatakan, Sergai di bawah kepemimpinan dirinya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan memang menjadikan pembangunan infrastruktur, terutama jalan, sebagai prioritas. Hal ini, sebutnya, sangat penting bagi peningkatan perekonomian.

Bukan apa-apa, dengan fasilitas jalan yang mulus, maka otomatis akan meningkat pula mobilitas masyarakat. Ini, yakinnya, akan merangsang pertumbuhan, tidak hanya pada aspek ekonomi saja, namun juga sisi sosial budaya masyarakat.

“Maka dari itu dilakukan perbaikan atau pembangunan dan pembukaan akses jalan ke seluruh wilayah kecamatan se-Sergai. Dengan dilaksanakannya perbaikan maupun pembangunan infrastruktur khususnya jalan, maka diharapkan dapat menciptakan dampak positif bagi masyarakat dalam menjalankan roda perekonomian di wilayah masing-masing. Pembangunan infrastruktur ini merupakan kebutuhan dasar yang sekaligus jadi bukti jika pemerintah akan tetap hadir di tengah-tengah rakyatnya,” cetus Bupati lagi.

Darma Wijaya kemudian merinci, peningkatan ruas jalan Bajaronggi sampai ke Sarang Giting bersumber dari dana APBD/Dana Alokasi Umum (DAU) dengan pagu anggaran Rp 2.947.129.000.00,- dengan panjang jalan yang dibangun adalah 2.218 m x 4 m berjenis hotmix. Kemudian lanjutnya, untuk ruas jalan yang sama, ada pula yang bersumber dari Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan pagu anggaran Rp 1.830.015.000.00,- dengan panjang jalan yang dibangun 2.560 m x 4 m, juga bertipe hotmix.

Bupati menyebut, dari ruas jalan Bajaronggi ke Sarang Giting, masih ada sekitar 1 km lagi yang berstatus jalan desa. Sehingga untuk itu ia meminta para Kepala Desa berkoordinasi untuk merealisasikan pembangunan di area tersebut.

“Silakan Pak Kades Bajaronggi dan Bah Sidua-dua berkomunikasi agar bagaimana dapat diusulkan pembangunan di jalan tersebut, supaya semuanya bisa saling terhubung,” minta Bupati.

Sementara itu, Wabup Sergai Adlin Tambunan kembali menegaskan jika pasangan Dambaan akan menjadikan pembangunan infrastruktur jalan sebagai prioritas sampai tahun 2024.

“Untuk jalan yang berstatus kabupaten yang merupakan kewenangan Pemkab Sergai, akan diupayakan bisa dikebut dalam periode kepemimpinan Darma Adlin. Tentu percepatan pembangunan ini tidak hanya mengutamakan kuantitas, akan tetap diikuti dengan kualitas hasil,” tegas Adlin.

Di kesempatan yang sama, mewakili warganya, Kepala Desa Bajaronggi Rifai, menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya atas pembangunan jalan yang dilaksanakan sepanjang desanya.

“Bisa dibilang sejak Indonesia merdeka 76 tahun lalu, baru kali ini kami melihat jalan desa ini diaspal. Terima kasih Pak Bupati, terima kasih Pak Wabup,” katanya haru.

Dalam peresmian ini, hadir pula Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, para Kepala OPD, Camat Dolok Masihul Muryani, SE, Anggota DPRD Sergai Rasdiaman Damanik, dan para tokoh masyarakat.(MC Sergai).

Teks/Editor: Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan/Tim Media

Admin : Julia

634 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *