Di Pengajian Safari Dambaan, Bupati Sergai Sampaikan Berbagai Capaian Pembangunan  

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya kembali menghadiri Safari Pengajian Dambaan 1443 H Kabupaten Sergai tahun 2022 yang dilaksanakan di Masjid Jami’ Dusun IV, Desa Pematang Ganjang, Sei Rampah, Kamis (11/2/2022) malam.

Membuka sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan jika Safari Dambaan merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Sergai dengan tujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi dan kebersamaan dalam mewujudkan pembangunan, sesuai visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sergai banyak menyampaikan informasi terkait kinerja Pemkab Sergai di bawah kepemimpinan dirinya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP.

Ia menyebut jika program prioritas pembangunan daerah tahun 2021-2026 terangkum dalam SAPDA (Sapta Dambaan) yang terdiri dari Sekolah Mantab, Masyarakat Sehat dan Religius, Pertanian Mandiri dan Berkelanjutan, Infrastruktur Terintegritas, Ekonomi Berdaya Saing, Wisata Maju Terus, dan Birokrasi Dambaan.

Kemudian, Bupati menginformasikan berbagai capaian yang sudah dilakukan selama 2021. Ia merinci beberapa di antaranya, dilaksanakan pembangunan jalan kabupaten sepanjang 142,457 Km, sehingga jalan kabupaten dalam kondisi mantap sudah mencapai 529,666 Km atau 60,98%. Kemudian pembangunan jaringan irigasi kabupaten sepanjang 13,095 Km sehingga jaringan irigasi kabupaten dalam kondisi baik sudah mencapai 144,38 Km atau 75,59%. Tahun 2021 juga dilaksanakan pembangunan jembatan sepanjang 93 m, di antaranya pembangunan jembatan pariwisata Pantai Sialang Buah dan Sei Mendaris I.

Kemudian dilakukan pula pembangunan gedung pemerintahan seperti gedung kantor pemerintahan, sarana prasarana terminal mini Dolok Masihul dan food court Sei Rampah. Tak cuma itu, pembangunan juga dilakukan terhadap saluran drainase sepanjang 762 m, di antaranya di Sialang Buah dan Penggalangan-Manggis. Untuk sektor pertanian dilakukan pembangunan jalan produksi pertanian sepanjang 2,134 Km dan jalan usaha tani sepanjang 1.780 m sebanyak 7 unit.

Di sektor perumahan, sudah dilakukan pemugaran bagi rumah tidak layak huni sebanyak 368 unit atau mencapai 91.32%. Sanitasi juga mendapat perhatian dengan dibangunnya akses sanitasi layak dan aman (air limbah domestik) sudah mencapai 79.09% dari seluruh rumah tangga di Kabupaten Sergai.

“ Pemkab Sergai juga melaksanakan pembangunan akses air minum layak yang sudah mencapai 67.29% dari seluruh rumah tangga di Sergai dan pembangunan lumbung pangan, lantai jemur, dan Rumah Rice Milling (RMU) masing-masing sebanyak 2 unit di Desa Kuta Baru dan Desa Petuaran Hilir,” jabar Bupati.

Selain pembangunan non-fisik, Bupati menyebut pembangunan SDA yang sehat dan religius juga dilakukan lewat berbagai program.

Bupati merinci beberapa di antaranya adalah ekstrakurikuler untuk siswa yang belum bisa mengaji di luar jam pelajaran, ekstrakurikuler untuk siswa yang sudah bisa mengaji akan ditingkatkan untuk mempersiapkan calon Qori masa depan, sholat jamaah dan mengatur sholat dhuha bagi siswa secara bergantian, ekstrakurikuler manasik haji di seputaran Masjid Agung dimulai dari tingkat PAUD, SD, dan SMP. Dan terakhir, pesantren kilat yang dilaksanakan di Bulan Suci Ramadhan.

Bupati berharap seluruh hasil pembangunan baik fisik dan non-fisik dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan jaga agar kemanfaatannya dapat terus dinikmati untuk masa-masa yang akan datang, sehingga tercapainya amanat SAPDA.
“ Tak lupa saya menyampaikan terima kasih kepada Baznas Sergai, yang telah menyalurkan kembali zakat di tahun ini sebanyak 1.020 orang kepada masyarakat yang membutuhkan dan semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” tandasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Rusydi Saman.
Selain di Sei Rampah, kegiatan Safari Dambaan juga digelar di Masjid Al-Ikhsan Dusun III Desa Suka Jadi Perbaungan dan di Masjid Al-Jamiyatul Huda Dusun II Desa Makmur Kecamatan Teluk Mengkudu. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry
Reporter : Brojeps
Admin : Julia

353 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *