Pelantikan GPMB dan IPEMI, Bupati Sergai : “ Membaca Merupakan Modal dan Faktor Penting Dalam Penyelenggaraan Pendidikan “

Sei Rampah,

Sebagai bangsa yang maju dan sukses, kita harus meyakini bahwa jalan terbaik untuk mencapai sukses adalah dengan ilmu. Oleh karenanya, kesuksesan akan diperoleh melalui belajar, dan membaca merupakan salah satu sarana belajar yang bisa dilakukan salah satunya di perpustakaan.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya saat menghadiri Pelantikan Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Periode 2021-2025 yang dirangkai dengan Pelantikan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kabupaten Sergai bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Jumat (11/2/2022).

Bupati menyebut, jika kemampuan dan kesenangan membaca merupakan modal dan faktor penting dalam penyelenggaraan pendidikan baik formal maupun nonformal dalam rangka meningkatkan pembangunan masyarakat untuk hidup lebih cerdas, berwawasan luas dan tangkas dalam menghadapi peluang serta tantangan di era globalisasi saat ini.

“ Pembudayaan kegemaran membaca perlu ditanamkan pada anak-anak sedini mungkin serta dilakukan secara berkelanjutan dalam kondisi yang kondusif, harmonis dan komunikatif,” terangnya.

Ia berpendapat bahwa penanganan tidak cukup hanya oleh guru atau komunitas di sekolah saja, namun, katanya lagi, peran orang tua, masyarakat, pemerintah dan lembaga swasta yang peduli juga merupakan faktor penting dan sangat diharapkan.

Dalam hal ini, lanjut Bupati, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan selaku perangkat daerah yang saya beri amanat untuk melakukan tugas pemerintahan di bidang perpustakaan dan mendukung program utama Bupati dan Wabup Sergai yang telah dituangkan dalam RPJMD yang kita kenal dengan sebutan Sapta Dambaan (SAPDA), di mana diantara tujuh SAPDA di poin pertama adalah sekolah Mandiri terampil asli dan berkualitas (Sekolah Mantab), ucapnya dihadapan Ketua TP PKK Provsu Ny. Hj. Nahwal Lubis Edy Rahmayadi, Ketua IPEMI Sumut Hj. Yulidar Bugis, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua DWP Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Asisten Admum Ir H Kaharuddin, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provsu, Dwi Endah Purwanti, S.S, M.Si, Kepala OPD terkait serta undangan lainnya.

Selain itu, Bupati Sergai juga mengucapkan selamat kepada IPEMI Sergai yang pada hari ini juga dikukuhkan menjadi pengurus serta menggabungkan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Kabupaten Sergai baik di tingkat kecamatan maupun desa, pungkasnya.

Sementara itu Ketua TP PKK ProvSu Ny. Hj. Nahwal Lubis Edy Rahmayadi yang juga ketua GPMB Sumut berharap pelantikan ini dapat menumbuhkembangkan minat baca di Kabupaten Sergai.

“ Dengan banyak membaca maka semakin banyak ilmu pengetahuan yang di dapat, dan di era digital ini kita sebagai orang tua harus tetap mengarahkan anak untuk tetap meminati membaca agar banyak ilmu pengetahuan yang di dapat. Membaca dan belajar tidak ada hentinya sepanjang hayat,” katanya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada pengurus IPEMI ditingkat kecamatan dan desa. Semoga IPEMI dapat menumbuhkembangkan UMKM di Kabupaten Sergai.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Sergai yang juga Ketua GPMB Sergai, Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya mengutarakan bahwa kemampuan membaca anak-anak Indonesia masih dibawah rata-rata termasuk di negara-negara kawasan ASEAN.

“ Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan membaca anak-anak kita tergolong rendah adalah karena sarana dan prasarana pendidikan khususnya perpustakaan dengan buku bukunya belum mendapat prioritas dalam penyelenggaraannya. Sedangkan kegiatan membaca membutuhkan adanya buku-buku yang cukup dan bermutu guna menunjang proses pembelajaran,” ujarnya.

Sebagai salah satu upaya pengentasan rendahnya minat baca masyarakat adalah melalui Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) yang tujuannya adalah untuk meningkatkan minat baca. Oleh sebab itu pembentukan GPMB adalah suatu solusi dalam pengentasan rendahnya minat baca masyarakat kita, tandasnya.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Ketua Umum GPMB Nomor: 030/GPMB/SU-I/2021 tentang Pengurus Daerah GPMB Kabupaten Sergai periode 2021-2025 memutuskan; Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya Sebagai Ketua GPMB Kabupaten Sergai, Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan Sebagai Ketua I dan Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy Sebagai Ketua II, yang di lantik langsung oleh Ketua GPMB Sumut Ny. Hj. Nahwal Lubis Edy Rahmayadi.

Acara juga di barengi dengan Pelantikan Pengurus Anak Cabang dan Pengurus Unit Desa IPEMI Kabupaten Sergai periode 2022-2027 se-kecamatan dan desa. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Brojeps

Admin : Julia

 

 

536 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *