Dukung Peningkatan Kualitas PKH, Pemkab Sergai Gelar Rakor

Sei Rampah,

            Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) SDM Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Sergai yang dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Rabu (16/2/2022).

            Di hadapan para hadirin, Bupati membuka sambutannya dengan menyampaikan jika dalam penanganan penanggulangan kemiskinan, ada beberapa program yang menjadi fokus pemerintah, salah satunya adalah membangun dan menyempurnakan sistem perlindungan sosial bagi masyarakat miskin, yang bertujuan untuk melindungi penduduk miskin dari kemungkinan ketidakmampuan menghadapi guncangan sosial dan ekonomi, di mana program teknisnya, salah satunya adalah melalui pelaksanaan PKH.

            “ Sebagai salah satu program dalam penanggulangan kemiskinan, PKH memiliki dua strategi utama yaitu mengurangi beban pengeluaran dan fungsi pemberdayaan keluarga. Maka dari itu pendamping PKH diharapkan mampu berperan secara optimal sebagai konsultan bagi KPM dalam hal penanggulangan kemiskinan dengan pemberdayaan keluarga,” ucap Bupati.

            Bupati melanjutkan, terdapat 5 komponen yang didukung melalui PKH yaitu pengurangan penduduk miskin ekstrim dan kelaparan, pencapaian pendidikan dasar, kesetaraan gender, pengurangan angka kematian bayi dan balita, dan pengurangan kematian ibu melahirkan.

            Hal ini, sebutnya, perlu menjadi perhatian semua pihak dengan selalu bersinergi dalam pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan.

            “ Melalui pertemuan ini saya mengimbau kepada seluruh SDM PKH bahwa pendamping PKH merupakan aktor penting dalam menyukseskan PKH. Beberapa kegiatan pokok tersebut adalah kunci utama dalam pelaksanaan PKH menuju suksesnya pendamping,” ucapnya, sembari menambahkan jika suksesnya pendamping adalah kesuksesan program dan kesuksesan program adalah kesuksesan semua pihak.

            Darma Wijaya berharap melalui program PKH yang merupakan tanggung jawab kita bersama dapat menjawab target penurunan angka kemiskinan khususnya di Kabupaten Sergai. Dirinya cukup yakin SDM PKH Sergai mampu menjalankan amanah ini demi pendampingan bagi KPM PKH karena pendamping PKH adalah SDM unggul yang terpilih.

            “ Sebagaimana kita ketahui bahwa pendamping PKH merupakan ujung tombak pelaksanaan program dengan mengemban kode etik “SIP” yaitu Santun, Integritas, dan Profesional. Mencermati kode etik tersebut, perlu saya imbau kepada seluruh SDM PKH di Kabupaten Sergai untuk melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya, memastikan bahwa KPM memperoleh bantuannya sesuai dengan jumlah yang harus diterima, memastikan KPM penerima bansos tepat sasaran,” tegasnya.

            Di kesempatan ini, Darma Wijaya juga meminta kepada Koordinator Kabupaten agar tidak ada lagi pendamping PKH yang terindikasi double job atau rangkap jabatan sehingga kinerja pendamping PKH lebih fokus menangani setiap pengaduan masyarakat dan siap bersama Dinas Sosial serta Pemkab Sergai menuntaskan penanganan masalah kesejahteraan sosial.

            Terakhir, Bupati mengimbau kepada seluruh SDM PKH agar terus menggalakkan edukasi “Pegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Sendiri ” kepada KPM agar tidak ada lagi laporan di masyarakat terkait penyalahgunaan KKS.

            “ Saya juga mengapresiasi kepada SDM PKH yang selama ini sudah menjalankan tugas dan amanah dengan baik dalam memperjuangankan hak KPM bantuan PKH,” tandasnya.

            Dalam laporannya Kepala Dinas Sosial Sergai Arianto, SPd, MSi mengatakan jika kegiatan pada hari ini dihadiri oleh 66 SDM PKH Kabupaten Sergai yang terdiri 1 koordinator Kabupaten, 1 administrasi pangkalan data dan 64 pendamping PKH yang tersebar di 17 Kecamatan.

            “ Program PKH sudah dimulai di Sergai sejak tahun 2013. Total ada sebanyak 19.055 keluarga di 17 Kecamatan yang jadi penerima dengan total dana yang digelontorkan sebanyak 60 miliar rupiah,” rincinya.

            Ia mengatakan, latar belakang terlaksananya acara ini adalah salah satu cara untuk membangun koordinasi yang harmonis antar instansi serta memadukan langkah gerak dan sinergi program dengan semua instansi terkait pelaksanaan PKH.

            “ Saya mengingatkan kembali bahwa SDM PKH memiliki tanggung jawab yang besar. Oleh karena itu saya butuh SDM PKH yang benar-benar mendedikasikan dirinya untuk PKH Sergai,” pungkas Arianto.

            Hadir juga dalam kegiatan ini Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Henry Suharto, SH. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

858 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *