Wabup Sergai Hadiri Pra Musrenbang RKPD Provsu Zona Pantai Timur

Batu Bara,

            Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, Selasa (1/3/2022) menghadiri acara Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Provsu) zona Pantai Timur bertempat di Inalum Building Office Center Kuala Tanjung, Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara.

            Disela-sela kegiatan, Wabup H Adlin Tambunan memaparkan 8 (delapan) prioritas pembangunan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yaitu; pertama,  peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan yang mencakup penyediaan SDM 1.337 orang guru untuk dilatih secara daring, kedua, penyediaan sarana dan prasarana (lahan, listrik) pojok dan gerobak baca di 2 ibukota kecamatan.

            Wabup Adlin melanjutkan, prioritas yang kedua adalah peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang dilakukan melalui kampanye Germas, pemberian jaminan kesehatan daerah dan sinkronisasi data, penyediaan sarana dan prasarana 3T Covid-19 dan penguatan pelayanan di 744 Posyandu.

            Ketiga, Peningkatan kesempatan kerja dan berusaha melalui penyediaan lapangan pekerjaan yang mencakup dalam pemberdayaan UMKM dan IKM, produk unggulan daerah serta angkatan kerja sebanyak 314.818 orang.

            “  Kemudian yang keempat, peningkatan daya saing melalui sektor agraris. Untuk yang kelima peningkatan daya saing melalui sektor pariwisata, keenam peningatan pelaksanaan reformasi birokrasi, ketujuh peningkatan sosial kemasyarakatan dan olahraga. Terakhir, prioritas pembangunan infrastruktur yang baik dan berwawasan lingkungan,” tutup Wabup Sergai.

           Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi saat membuka Musrenbang mengajak seluruh pemerintah kabupaten/kota se-wilayah pantai timur untuk bersama-sama membangun daerah yang lebih baik lagi.

            “ Kita ketahui bahwa hingga saat ini, pandemi belum berakhir, dan saat ini tengah menghadapi gelombang ketiga varian baru omicron. Oleh karenanya kita harus benar-benar memperhatikan masyarakat yang terdapak akibat pandemi,” tuturnya.

            Dalam Pra Musrenbang ini, lanjutnya, kita akan membahas paparan dukungan dan strategi dalam mengawal pencapaian target pembangunan serta peningkatan kualitas reformasi birokrasi menuju Sumut Bermartabat.

            Ia menyebut, terkait RKPD tahun 2023, diharapkan seluruh pemerintah kabupaten/kota se-wilayah pantai timur agar menyusun rencana dan program kegiatan yang mampu mempercepat pemulihan ekonomi akibat Covid-19.

            Dalam pemaparannya, Gubsu juga menyinggung terkait dengan bantuan pembangunan jalan provinsi yang akan di genjot di tahun 2022 hingga 2023 mendatang sepanjang 20.9 KM dengan rincian jalan yang akan dibangun yaitu ruas jalan batas Deli Serdang -Dolok Masihul -batas Tebing Tinggi 1,4 KM, ruas jalan Pantai Cermin Kanan-Teluk Mengkudu 3,8 KM, ruas jalan Teluk Mengkudu-Tanjung Beringin 4,5 KM, ruas jalan Tanjung Beringin- Bandar Khalipah (batas Batu Bara) 6,6 KM dan ruas jalan Belidahan-Dolok Masihul 4,6 KM.

          “ Rencana kegiatan proyek pembangunan di wilayah Tanah Bertuah akan dilaksanakan pada tahun 2022 ini. Kabupaten Sergai mendapatkan alokasi pembangunan dari Pemprovsu berupa pembangunan ruas jalan provinsi,” tutup Gubsu Edy Rahmayadi.

            Gelaran Pra Musrenbag ini diwarnai dengan penyerahan bantuan dari Pemprovsu yang diserahkan oleh Gubsu Edy Rahmayadi kepada Wabup Sergai Adlin Tambunan berupa; pemberian Kartu Identitas Anak (KIA), fasilitas pengolahan limbah perkebunan, bantuan padi, cabai, dan bawang, bantuan budidaya ikan kerapu, lele dan ikan nila.

           Kemudian bantuan alat penangkapan ikan, asuransi nelayan, sambungan listrik rumah tangga tidak mampu, penerangan umum tenaga surya, tempat sampah, bantuan sarana bagi koperasi dan UMKM, usaha kecil, pengembangan usaha koperasi pasar dan penguatan koperasi yang modern berbasis digital. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Admin : Julia

328 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *