Melirik Oleh-Oleh Khas Sergai

Kabupaten Serdang Bedagai memiliki luas wilayah 1.900,22 Km2, terdiri dari 17 Kecamatan dengan 237 Desa dan 6 Kelurahan. Penduduk terdiri dari beragam etnik/suku bangsa, agama dan budaya. Sei Rampah merupakan Ibu Kota pusat pemerintahan. Penduduk kabupaten Serdang Bedagai pada tahun 2020 berjumlah 657.490 jiwa atau 150.281 keluarga dengan kepadatan penduduk rata-rata 346 jiwa per kilometer persegi.

Secara geografis Kabupaten Serdang Bedagai terletak pada posisi 20 57’’ Lintang Utara, 30 16’’ Lintang Selatan, 980 33’’ – 990 27’’ Bujur Timur dengan ketinggian berkisar 0 – 500 meter di atas permukaan laut.

Secara administratif Kabupaten Serdang Bedagai berbatasan dengan beberapa daerah, yaitu Sebelah Utara : Selat Malaka (190.022 Ha) yang terdiri dari 17 Kecamatan dan 243 Desa/Kelurahan, Ibukota Kabupaten Sedang Bedagai terletak di Kecamatan Sei Rampah yaitu Kota Sei Rampah, sebelah Timur dengan Kabupaten Batu Bara dan Simalungun, sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Simalungun dan sebelah Barat dengan Kabupaten Deli Serdang. (Sumber: serdangbedagaikab.go.id).

Ragam Potensi

Meski terbilang masih berusia remaja yaitu masih 18 tahun, namun Kabupaten Serdang Bedagai Tanah Bertuah Negeri Beradat telah memiliki beragam potensi. Selain padi, Kabupaten Serdang Bedagai juga mempunyai potensi lain di bidang pertanian, yaitu ubi kayu dan jagung yang menyebar di semua kecamatan. Kabupaten Serdang Bedagai juga merupakan salah satu daerah penghasil ubi kayu di Sumatera Utara dan juga surplus dengan hasil pertanian padinya.

Sedangkan potensi alam yang dimiliki oleh Tanah Bertuah juga cukup menarik. Saat ini banyak objek wisata alam yang disajikan di Sergai, misalnya saja objek wisata pantai, arung jeram, kebun binatang, kuliner khas pantai, kuliner khas daerah yang dapat dijadikan oleh-oleh dan tentunya masih banyak lagi.

Dengan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Serdang Bedagai tentu dapat membantu memberikan kesenangan tersendiri bagi wisatawan untuk berkunnung ke Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Deli Serdang ini.

Misalnya saja masyarakat bisa melakukan kegiatan bertamasya dengan mengunjungi beragam objek wisata di Sergai  yang menyuguhkan beragam keindahan alam pula. Kita sadari bahwa bertamasya menjadi kesukaan sebagian orang. Berikan kesegaran kembali terhadap pikiran yang pengap dan badan yang sudah mulai capek adalah alasan paling logis dari hal ini. Lantas, bagaimana dengan wisata belanja? Tentu ini juga menjadi bagian yang menarik sembari berwisata.

Sobat Ini Sergai Loh….dalam bertamasya tentunya kurang afdol apabila tak mencari oleh-oleh khas daerah yang dikunjungi. Oleh-oleh yang dibeli kebanyakan berbentuk makanan ataupun pernak-pernik. Oleh-oleh itu dibeli untuk dikonsumsi sendiri, dipakai sendiri, ataupun dibagikan ke sanak keluarga.

Wisata belanja menjadi salah satu cara buat menyingkirkan kepenatan. Mereka yang senang sekali pada aktivitas ini biasanya yakni para perempuan. Meskipun demikian, kaum lelaki juga banyak juga yang menggilai kegiatan ini.

Memanjakan diri dengan cara yang satu ini memang membutuhkan budget khusus. Tidak boleh dicampur dengan kebutuhan buat sehari-hari. Sudah pasti, agar habis pulang dari berwisata, Anda tidak kembali stres memikirkan uang yang habis.

Di Serdang Bedagai, kamu bisa berwisata belanja sepuasnya sambil membeli barang-barang cantik juga unik khas kerajinan tangan masyarakat. Bukan hanya barang-barang cantik saja loh, banyak juga makanan khas Serdang Bedagi yang dapat dijadikan oleh-oleh. Selain harganya yang murah serta bentuknya yang unik adalah kekuatan yang dimiliki oleh barang-barang khas Serdang Bedagai.

Yuk kita lihat, apa saja sih yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Serdang Bedagai;

Dodol Pasar Bengkel

Tentu kita tahu, dahulunya asal mula dinamakan Pasar Bengkel adalah karena area kios-kios ini dulunya adalah desa yang banyak terdapat usaha perbengkelan, seperti sepeda, pandai besi, bengkel gerobag lembu, dan perbengkelan kayu. Di Pasar Bengkel sendiri dodol yang ditawarkan ada dalam berbagai variasi rasa seperti durian, vanila, pandan, kacang, dan original. Dodol di Pasar Bengkel memang terkenal khas dan rasanya yang enak.

Di sini bukan hanya dodol, namun beragam kerajinan tangan hasil karya Serdang Bedagai juga bisa dibeli sebagai oleh-oleh. Misalnya saja; tudung saji, anyaman tikar, serta kerajinan yang terbuat dari kayu lainnya.

Roti Kacang Cap Lang

Kalau yang satu ini pasti masyarakat sudah pada tahu ya. Roti Kacang Cap Lang (Dahulunya Roti Kacang Rajawali). Penganan satu ini bentuknya mirip dengan bakpia yang merupakan oleh-oleh khas kota pelajar (Yogyakarta). Kue kacang ini memang terkenal akan kelembutannya rasa kacang hijau dan kulitnya yang renyah. Oleh karenanya, gaksalah deh jika kamu jadikan oleh-oleh untuk keluarga dan sanak saudara tercinta.

Anekaragam Kue

Berbagai aneka ragam khas Serdang Bedagai yang merupakan hasil kerajinan UMKM masyarakat. Sebut saja, kue cincin, cakar ayam, aneka keripik/ kerupuk  serta lainnya. Makanan ini bisa didapatkan di Kios Dodol Pasar Bengkel maupun sentra-sentra penghasil makanan ini seperti di Desa Deli Muda, Desa Nagalawan yang mengelola kerupuk jeruju (kerupuk dari daun mangrove) serta  di beberapa daerah lainnya.

Kerajinan Tangan

Tak hanya makanan, oleh-oleh khas Serdang Bedagai juga ada berupa aneka kerajinan tangan yang berasal dari hasil bumi. Seperti halnya anyaman dari daun pandan yang bisa dibuat menjadi tikar, tas, sandal dan lainnya. Kerajinan tangan ini sudah banyak menghasilkan beraneka ragam barang yang sudah menembus pasa nasional.

Kerajinan tangan ini pun langsung mendapat binaan dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Serdang Bedagai di bawah pimpinan Ketua Dekranasda Sergai Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya yang mengikutsertakan pada event International Handicraft Trade Fair (Inacraft) Tahun 2022, yang diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), pada bulan Maret lalu.

Nah..Sobat Ini Sergai Loh…inilah beberapa hasil olahan/kerajinan khas Tanah Bertuah Negeri Beradat yang dapat kamu jadikan oleh-oleh jika ingin berpergian ke daerah lain. Tentunya masih banyak lagi produk khas Serdang Bedagai yang dapat dijadikan oleh-oleh ya….yuk mampir ke Serdang Bedagai. (Berbagai sumber/ISL).

2.203 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *