Sempat Jadi Primadona, Yuk Lestarikan Kembali Objek Wisata Pantai Gudang Garam

Pantai Gudang Garam berada di jalan Pantai Kanan terletak di Desa Kotapari Kecamatan Pantai Cermin yang berada sejauh 43 km dari Ibu kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan 23 km dari Ibu kota Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Lokasi objek wisata ini saling berdekatan dengan objek wisata Pantai Pondok Permai dan objek wisata Pantai Mutiara 88.

Namanya memang cukup unik, seperti nama sebuah perusahaan produk rokok Gudang Garam. Namun nama tersebut sama sekali tidak ada hubungannya dengan produk tersebut, justru pantai ini memang sekaligus menjadi gudang garam. Disematkan nama Gudang Garam karena memang masyarakat sekitar banyak yang bekerja sebagai petani garam. Tapi aktivitas itu sekarang sudah berkurang karena Pantai Gudang Garam harus berbagi area dan fungsi pantai sekarang menjadi tempat wisata di Sergai yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Yang dimaksud Gudang Garam adalah karena banyak penduduk lokal yang mengambil dan mengolah garam di area pantai Gudang Garam. Hal ini erat kaitannya dengan pekerjaan dan kegiatan penduduk lokal di sekitar pantai ini selain sebagai nelayan. Namun, bukan berarti kawasan pantainya tidak tertata dengan baik alias tidak menghadirkan rasa nyaman bagi pengunjung. Keindahan pantai tetap terjaga dengan baik dan tetap memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung. Pantai Gudang Garam menjadi ikon karena memiliki area pantai yang kaya akan pasir putih dan menjadi lokasi pengambilan garam.

Di pantai Gudang Garam juga tersedia fasilitas penginapan, restoran seafood, karaoke/musik dan pondok-pondok santai serta beberapa kolam pancing. Hamparan pasir putih di sepanjang pantai di lokasi objek wisata ini sangat menarik dan dapat dijadikan tempat bermain volley pantai serta permainan pantai lainnya. Tersedia juga gubuk-gubuk kecil di pinggir pantai sebagai tempat peristirahatan sejenak.

Dahulu pantai Gudang Garam pernah menjadi primadona di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Kawasan Pantai Gudang Garam menjadikan wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Setiap harinya selalu ada saja wisatawan yang menyinggahi atau berwisata ke destinasi yang terletak di kawasan Kabupaten Sergai, apa lagi saat hari libur. Namun sekarang bisa kita rasakan sendiri perbedaan tentang keindahannya yang semakin menurun, sehinga membuat pengunjung beralih ke wisata pantai lainnya yang lebih menarik.

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih banyak pantai-pantai di Sergai yang telah di sulap keindahannya yang mampu menarik wisatawan, seperti Pantai Bali Lestari, Pantai Romantis, Pondok Permai, dan lain sebagainya. Itulah alasannya, banyak pengunjung yang beralih ke pantai yang lebih menarik dan lebih indah karena banyak spot-spot foto menarik yang akan kita jumpai disana.

Akes jalan menuju objek wisata ini sangat bagus serta tarif biaya masuknya juga tidak menguras kantong loh. Tapi bukan berarti pantai ini sepi dari pengunjung ya sahabat Ini Sergai Loh (ISL). Pantai Gudang Garam ini masih tetap terjaga keasliannya. Pasir yang putih yang mampu menarik para pengunjung untuk tetap berwisata ke pantai Gudang Garam. Selain itu, kita juga bisa membeli berbagai suvenir atau oleh-oleh khas Sergai.

Nah sobat ISL, mari kita ramaikan lagi pantai yang teta terjaga keasriannya ini ya. Mari kita jaga dan kita lestarikan pantai yang dulu sempat menjadi primadona para pengunjung. Jangan sampai hilang termakan waktu, dan kami berharap agar pengelola pantai terus mengembangkan inovasinya dan bisa bersaing dengan pantai lainnya.

Mari kita jadikan Kabupaten Sergai yang kaya akan beragam tempat wisata yang menarik, sehingga pengunjung tak bosan berwisata ke Sergai. (Dari berbagai sumber / ISL)

61 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *