Desa Simpang Empat, Sentra Produksi Gula Aren Sawit

Roda perekonomian Desa Simpang Empat Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ditopang oleh sektor pertanian. Sektor perekonomian yang dominan di desa ini adalah sektor pertanian. Hal tersebut dilihat dari jumlah penduduk berdasarkan pekerjaan yang ada di Desa Simpang Empat Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Sergai Provinsi Sumut.

Kualitas produk gula aren sawit hasil olahan home industry masyarakat Desa Simpang Empat tidak kalah baik dengan gula aren sawit hasil olahan di beberapa daerah lain. Karena masyarakat pengolah gula aren sawit ini selalu mengutamakan kualitas dari setiap produk demi kepuasan para pelanggan yang berarti mereka sangat menjaga kualitas produknya demi kepuasan para pelanggan, artinya dengan menjaga kualitas produk tersebut maka pelanggan tidak akan lari ke daerah lain dan tetap menggunakan atau mengkonsumsi gula aren sawit hasil olahan home industry masyarakat Desa Simpang Empat.

Tidak heran jika konsumen merasa puas dengan harga maupun kualitas produk yang ditawarkan oleh beberapa kompetitor gula aren sawit yang ada di Desa Simpang Empat. Menurut Ibu Sukir salah seorang konsumen yang sedang berbelanja gula aren sawit di Desa Simpang Empat. Gula aren sawit di sini memiliki harga yang terjangkau pada setiap produknya dan tetap mempunyai kualitas yang cukup bagus.

Ibu Sukir, salah satu pembeli, mengatakan gula aren di Simpang Empat termasuk terjangkau. “Gula aren sawit hasil olahan home industry masyarakat Desa Simpang Empat menurut saya harganya cukup murah karena dibandingkan dengan gula aren sawit hasil olahan tempat lain. Meskipun harganya dikategorikan murah tetapi kalau masalah kualitas masih lumayan bagus dengan warna yang khas, lagi pula kualitasnya sangat sesuai dengan yang dipasarkan. Harga enggak bisa bohongin kualitas loh Bang, yang penting harganya mahal pasti kualitas bagus,” ucapnya.

Dengan harga dan kualitas yang ditawarkan oleh beberapa kompetitor gula aren sawit yang ada di Desa Simpang Empat sangat baik. Karena dapat dijangkau dan sesuai kemampun daya beli oleh semua kalangan masyarakat serta dapat memuaskan kebutuhan konsumen, maka keputusan konsumen untuk berbelanja atau mengkonsumsi gula aren sawit hasil olahan home industry masyarakat Desa Simpang Empat akan lebih besar.

Konsumen memiliki tingkat kesetiaan yang sangat beragam pada produk dan perusahan tertentu. Karena sebelum konsumen memutuskan untuk berbelanja atau mengkonsumsi, konsumen terlebih dahulu membuat keputusan diantaranya proses merasakan dan mengavaluasi informasi merek produk, mempertimbangkan bagaimana alternatif mereka dapat kebutuhan konsumen pada akhirnya merek apa yang akan dibeli.

Dalam hal ini gula aren sawit sangat dipengaruhi oleh rasa dan warna, sehingga sangat mempengaruhi minat konsumen untuk membeli produk tersebut, karena dibuat dari air nira kelapa sawit yang segar, sehingga mampu membuat warna yang khas. Alasan inilah yang menjadikan gula aren sawit tersebut mempunyai keunggulan produk yang mungkin tidak dimiliki oleh pesaing dan didukung dengan harga yang sesuai dengan kualitas produknya sehingga konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk tersebut karena konsumen tidak selalu terpaku dengan harga yang lebih rendah untuk memberikan kepuasan, selain itu tidak heran juga jika konsumen merasa puas dengan harga yang ditawarkan terjangkau dengan kualitas yang baik. (Berbagai sumber / ISL).

922 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *