Tanaman Tradisional bagi Masyarakat Melayu Sergai dan Dimensi Sosiologisnya

(Bagian I)

 Kelampung Puyuh

Haiii…sobat Ini Sergai Lih (ISL), kali ini mimin akan kasih info untuk kalian tentang beberapa tanaman yang sangat berkhasiat ya. tanaman ini menurut kepercayaan masyarakat Melayu Serdang Bedagai (Sergai) punya banyak manfaat. yukk..kita cari tau ya.

Tanaman kelampung puyuh sangat dekat dengan masyarakat Melayu Sergai. Tumbuhan ini berwarna hijau pada daun dan memiliki buah yang kecil-kecil. Masyarakat Melayu Serdang Bedagai menjadikannya sebagai salah satu tanaman obat. Tanaman ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Kelampung puyuh sangat dibutuhkan oleh masyarakat Melayu Sergai karena kandungan gizinya dipercaya oleh masyarakat Melayu Sergai sebagai obat yang berkhasiat . Bagian dari kelampung puyuh yang bisa dijadikan obat adalah akar, daun, batang, dan buahnya.

 

Sedangkan manfaat akar kelampung puyuh ini memiliki khasiat untuk mengobati penyakit diabetes dengan cara merebus akar kelampung puyuh. Masyarakat Melayu Sergai memercayai dan telah membuktikan bahwa anak yang baru saja dilahirkan biasanya memiliki penyakit kulit, masyarakat Melayu menyebut penyakit kulit ini dengan sebutan sawan cimplukan. Bila ini terjadi maka bayi tersebut dimandikan dengan air rebusan kelampung puyuh.

Bagian yang direbus dari kelampung puyuh ini adalah bagian daun, buah, dan batang. masyarakat Melayu Serdang Bedagai memercayai kelampung puyuh dapat menyembuhkan penyakit kulit bayi, sebahagian masyarakat mencampur air rebusan kelampung puyuh dengan potongan-potongan kulit jeruk bali.

Sambiroto

Sambiroto (Latin: Andrographis Paniculita Nees) merupakan tanaman tegak yang tingginya bisa mencapai 90 sentimeter. Batang sambiroto berkayu, berpangkal bulat, dan berwarna hijau. Daun kecil-kecil, pangkal rata, permukaan berwarna hijau tua, tepi tidak bergerigi. Bunga berwarna putih kekuningan dan bertangkai. Sambiroto memiliki ciri-ciri fisik warna hijau dan memiliki rasa yang sangat pahit.

Masyarakat Melayu Sergai menjadikannya sebagai salah satu tanaman obat, karena memberikan manfaat khasiat yang baik untuk kesehatan.

Sambiroto memberikan khasiat yang baik untuk kesehatan. Diantaranya, sambiroto dapat menyembuhkan penyakit demam. Daun sambiroto juga memberikan manfaat pada anak yang masih menyusui agar berhenti menyusui. (Berbagai sumber / ISL).

1.292 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *