Tanaman Tradisional bagi Masyarakat Melayu Serdang Bedagai dan Dimensi Sosiologisnya

(Bagian X)

Temu Kunci

Temu kunci (Latin: Boesenbergia Rotunda) adalah salah satu tanaman obat berupa rimpang yang termasuk dalam jenis temu-temuan. Tumbuhan temu kunci memiliki warna kuning hampir putih pada setiap rimpangnya dan rasanya pahit.

Khasiat dan manfaat temu kunci dipercaya oleh masyarakat Melayu berguna untuk kesehatan dan juga untuk kewanitaan. Khasiat temu kunci untuk kesehatan seperti mengobati sariawan serta panas dalam, mengobati masuk angin dan perut kembung, mengatasi penyakit kulit, dan penambah tenaga atau stamina tubuh. Temu kunci juga memiliki khasiat pada kewanitaan.

Di antaranya melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui, mengobati keputihan, menghilangkan nyeri pada saat haid, dan melancarkan menstruasi atau datang bulan. Temu kunci juga bisa digunakan pada wanita hamil. Temu kunci juga berkhasiat dan bermanfaat pada wanita hamil. Pada wanita hamil bisa menggunakan temu kunci sebagai rempah-rempah dalam masakan atau campuran membuat jamu. Masyarakat Melayu memercayai bahwa wanita yang sedang hamil rajin mengkonsumsi temu kunci, maka calon bayi yang dilahirkan menjadi bersih dan lebih sehat. Selain sebagai obat, temu kunci juga berfungsi sebagai rempah masakan atau bumbu masakan.

Temu Pauh

Temu pauh (Latin: Curcuma Mangga) juga disebut temu mangga merupakan herbal dengan ciri khas umbinya yang berwarna kuning dan berbintik seperti halia tetapi memiliki bau khas seperti bau mangga dan rasa pedas seperti halia. Bagian temu pauh yang dipercaya oleh masyarakat melayu bisa dijadikan obat adalah rimpang dan daun. Temu pauh memiliki khasiat dapat mengobati gigitan serangga, menghangatkan tubuh, dan meningkatkan nafsu makan. Temu pauh juga digunakan sebagai rempah masakan dan bumbu masakan seperti, nasi lada dan bubur pedas. Nasi lada dan bubur pedas merupakan masakan atau kuliner yang bercorak khas Melayu.

Nasi lada dan bubur pedas masih dimasak hingga sekarang khususnya pada bulan Ramadhan dalam. Kuliner ini terdiri dari bahan rempah-rempah dan dedaunan yang memiliki manfaat untuk kesehatan, agar dapat menjaga kesehatan dengan baik pada saat menjalankan puasa.

Temu Putri

Temu putri (Latin: Curcuma Petiolata) merupakan salah satu jenis herba dari suku temu-temuan. Batangnya berupa rimpang bercabang, pendek, sangat kuat, dan aromatic. Temu putri memiliki daun tunggal, berpelepah, tegak, helaian, bentuk bulat memanjang, dan pangkalnya runcing. Akarnya berdaging membentuk umbi sebesar telur burung puyuh.

Temu putri dipercaya oleh masyarakat Melayu dapat dijadikan obat pada semua anggota bahagian tumbuhannya. Tak hanya rimpang, akar, umbi, dan daunnya juga bisa dimanfaatkan dan dimaksimalkan penggunaannya.

Seperti rimpang, akar, umbi, dan daun digunakan untuk mengobati sakit perut, penambah selera makan, dan juga mampu menenangkan syaraf sehingga mencegah stress, melancarkan sistem pencernaan, membersihkan darah wanita yang baru melahirkan, dan obat penurun panas/demam. Temu putri juga dapat digunakan untuk kecantikan. Daun temu putri memiliki khasiat pada kecantikan seperti menjaga kecantikan tubuh dan menghaluskan kulit.

Temu Lawak

Temu lawak (Latin: Curcuma Xanthorhiza) merupakan spesis kencur yang dapat tumbuh liar. Tumbuhan ini bisa mencapai ketinggian dua meter dan merupakan spesis yang tertinggi dibandingkan dengan spesis-spesis lain. Struktur temu lawak seperti kunyit biasa tetapi tulang daunnya berwarna ungu tua. Tumbuhan ini diidentifikasi dengan rasa pahit dan pedas.

Temu lawak dipercaya oleh masyarakat Melayu Sergai memiliki khasiat sebagai obat tradisional. Temu lawak dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti, penyakit demam, melancarkan aliran darah, asma, dan juga sakit perut. Selain itu temu lawak juga berkhasiat bagi wanita menyusui. Temu lawak dapat merangsang pembentukan ASI bagi wanita yang bersalin dan dapat melancarkan ASI. Maka dari itu wanita menyusui dianjurkan mengkonsumsi temu lawak. (Berbagai sumber / ISL).

9.097 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *