Peringati Hari Lahir Pancasila, Wabup Ajak Warga Sergai “Membumikan” Pancasila”

Sei Rampah,

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual yang dilaksanakan lewat aplikasi Zoom meeting bertempat di Aula Sultan Serdang, Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (01/06/2022). Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini dipusatkan di Lapangan Pancasila Kota Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Upacara virtual ini juga dihadiri oleh unsur Forkopimda Sergai, para Asisten, Staf Ahli Bupati, dan jajaran Kepala OPD. Yang menarik, sebagian di antara peserta upacara hadir dengan menggunakan ragam pakaian adat.

Wabup Sergai menyampaikan jika pada Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tahun ini Presiden Joko Widodo mengingatkan kalau pendalaman nilai-nilai Pancasila perlu dilakukan dengan cara-cara baru yang luar biasa, salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0.

“Tadi dalam amanatnya, Pak Presiden mengingatkan kita supaya Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke-Indonesia-an. Beliau juga mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” ucap Adlin Tambunan.

Dirinya juga menggarisbawahi pernyataan Presiden yang menyebut, walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia, sebutnya, tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan.

“Saya sangat sependapat dengan Pak Presiden soal kewaspadaan akan meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antara nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi. Di mana ideologi transnasional cenderung semakin meningkat, memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara, dan berbagai strategi,” ucapnya, sembari mengajak seluruh masyarakat Sergai untuk “membumikan” Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. (Media Center Sergai).

Teks/Editor: Ardi / Rini Ry

Reporter :

Admin : Julia

507 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *