Profil Desa Buluh Duri, Masuk 50 Besar Nominasi Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Halo..sobat Ini Sergai Loh (ISL), semoga kalian gak bosan ya baca artikel yang mimin suguhkan untuk kalian. Ya…buat nambah-nambah pengetahuan kalian ya sobat ISL.  Kali ini mimin akan hadirkan tentang profil Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis. Yuk Sobat Kita ikuti.

Desa Buluh Duri terletak di Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut). Desa ini merupakan salah satu dari ribuan desa lainnya di Indonesia yang letak wilayahnya berada didalam atau berdampingan dengan wilayah lahan BUMN PTPN-III Gunung Pamela. Secara umum, Kecamatan Sipispis termasuk dataran tinggi dengan kontur tanah yang berbukit-bukit dan terletak di kaki pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian rata-rata 400-450 Meter dari atas permukaan laut (Dpl).

Di wilayah kecamatan ini terdapat sebuah gunung yang dinamakan Gunung Simbolon II dan beberapa buah sungai besar dan kecil dan yang paling terkenal adalah sungai Bah Bolon dan sungai Padang yang terletak menjadi satu dengan nama Sungai Padang. Sungai Padang ini berhulu di Kabupaten Simalungun dan bermuara di Selat Sumatera setelah melalui Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Bandar Khalifah.

Sungai Bah Bolon inilah yang mengalir di sepanjang sisi Desa Buluh Duri dan dianggap sebagai satu-satunya potensi alam yang dimiliki oleh Desa Buluh Duri. Secara tradisional, sungai Bah Bolon dimanfaatkan sebagai sumber air dan juga sumber Tambang Bahan Galian C (pasir dan batu kali). Saat ini dua sungai tersebut sedang dikembangkan sebagai tempat wisata.

Berikut ini adalah gambaran umum Kecamatan Sipispis di mana Desa Buluh Duri terletak. Secara geografis, Kecamatan Sipispis memanjang dari Utara ke Selatan yang luasnya + 222.60 Km2 dengan batas-batas sebagai berikut:

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Tebing Tinggi,
  2. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Dolok Batu Nanggar (Kab. Simalungun),
  3. Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Dolok Merawan,
  4. Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Raya Kahean (Kabupaten Simalungun).

Desa Buluh Duri terdiri dari 7 dusun dengan jumlah penduduk sebanyak 3.242 jiwa dan sebagian besar adalah usia produktif dan tingkat pendidikan rata-rata SMA. Sumber daya manusia (SDM) yang ada di Desa Buluh Duri merupakan hal pokok yang wajib dimiliki oleh desa guna mendukung program-program baik desa, pemerintahan pusat maupun daerah yang dimana dalam menetukan suatu keberhasilan pembangunan adalah sumber daya manusia yang kuat.

Desa Buluh Duri terdiri dari 7 dusun dengan jumlah penduduk sebanyak 3.500 jiwa dan sebagian besar adalah usia produktif dan tingkat pendidikan rata-rata SMA. Hal ini tentu adalah hal yang wajar mengingat sebagian besar masyarakat adalah karyawan perusahaan BUMN PTPN III Gunung Pamela.

Dari sejumlah 3.915 Jiwa, separuh dari jumlah tersebut adalah karyawan dari BUMN PTPN III Gunung Pamela dan separuh sisanya adalah non karyawan (yang sebagian besar merupakan pensiunan karyawan PTPN III). Bagi warga desa yang merupakan karyawan PTPN III mereka memang terlihat seperti dalam kondisi perekonomian yang lebih baik karena mendapatkan fasilitas tunjangan beras sebanyak 43 kg (untuk suami istri dengan tiga anak), gaji pokok sesuai UMR yaitu 1, 9 juta perbulan, tunjangan anak sekolah (mahasiswa 300 ribu sebulan, SMA 250 ribu sebulan, dan SMP 200 ribu). Dengan take home pay sebesar 3, 2 juta Rupiah per bulan untuk mereka yang tidak memiliki kewajiban hutang.

Dalam hal ini, kepala Desa Buluh Duri masih terus berkomunikasi dengan pihak perusahaan PTPN III untuk sedikit mempersulit pemberian pinjaman karyawan kepada bank sehingga warga di Desa Buluh Duri yang juga merupakan karyawan PTPN III dapat lebih mengendalikan diri dan mengelola keuangannya dengan lebih baik.

50 Besar Nominasi Desa Wisata Terbaik di Indonesia 

Nah..ada kabar baik datang nih datang dari sektor pariwisata di Kabupaten (Sergai). Hal tersebut dikarenakan Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, berhasil masuk dalam 50 besar nominasi desa wisata terbaik di Indonesia yang diumumkan langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI lewat Menteri Kemenparekraf Sandiaga Uno.

Pengumuman ini disaksikan secara virtual oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) 50 Besar Desa Wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 di Ruang Rapat Wakil Bupati, Sei Rampah pada hari Kamis 28 Februari 2022 lalu.

 

Pihak Kemenparekraf telah melaksanakan tahapan kurasi dan pengunguman mulai dari top 500, 300, 100 dan tahapan terbaru di 50 Besar Desa Wisata ADWI.

Wah..ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kita karena potensi wisata lokal bisa berkompetisi di tingkat nasional. Desa Buluh Duriini  memiliki destinasi wisata unggulan berupa arung jeram (rafting), tepatnya di dusun IV yang dialiri Sungai Bah Bolon. Selain arung jeram, katanya, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam berupa Bahgula Waterfall, Green Canyon, Magic Wall, Batu Boru Manjile, dan Batu Katak, sepanjang perjalan.

Mantab kali lah pokoknya. Yuk sobat Ini Sergai Loh (ISL) kita coba arung jeramnya biar kita rasakan sensainya…. (Berbagai sumber/ISL).

5.717 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *