Profil Desa Gelam Sei Serimah, Desa Mayoritas Petani di Bandar Khalifah

Desa Gelam Sei Serimah, Kecamatan Bandar Khalifah, Kabupaten Serdang Berdagai (Sergai) profinsi Sumatera Utara (Provsu) memiliki luas 2,064 Ha. Secara administratif Desa Gelam Sei Serimah terdiri dari 11 Dusun dengan jumlah penduduk 4,719 dan jumlah KK sebanyak 1,173. Dengan batas wilayah sebagai berikut:

  • Sebelah Utara yaitu Desa Pekan Bandar Khalifah Kec.Bandar Khalifah
  • Sebelah Selatan yaitu Desa Juhar Kec. Bandar Khalifah
  • Sebelah Barat yaitu Desa Pematang Terang Kec. Tj. Beringin
  • Sebelah Timur yaitu Desa Kayu Besar Kec. Bandar Khalifah

Desa ini memiliki jarak dan waktu tempuh desa ini dari pusat pemerintahan dengan menggunakan sepeda motor sebagai berikut :

  • Dari Desa ke Kecamatan 5 Km dengan waktu tempuh ± 15 Menit.
  • Dari Desa ke Kabupaten 50 Km dengan waktu tempuh ± 45 Menit.

Desa Gelam Sei Serimah berada pada ketinggian 0-2 m dari permukaan laut. Desa Gelam Sei Serimah berada pada daerah dataran rendah. Berdasarkan letak geografisnya \dapat dikatakan desa Gelam Sei Serimah merupakan desa potensial lahan pangan. Oleh karena itu, struktur perekonomian masayarakat Desa Gelam Sei Serimah banyak dipengaruhi oleh sektor pertanian terutama sektor tanaman pangan khususnya tanaman Padi. Jumlah penduduk di desa Gelam Sei Serimah pada tahun 2016 berjumlah 4,621 jiwa, dengan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 1,647.

Nama Desa Gelam Sei Serimah dulunya adalah Kampung Gelam berkantor dirumah Kepala Kampung (Desa) yang menjadi kepala Kampung adalah Alm. Bahrum bertempat di Dusun Gelam I pada tahun 1950, pada tahun 1955 yang menjadi Kepala Kmapung adalah Alm. Umar Baki bertempat di Dusun Gelam I , setelah Alm. Umar Baki digantikan oleh Alm. Ingah menjadi Kepala Kampung bertempat di Dusun Gelam I pada tahun 1956 sampai 1969, pada tahun 1969 sampai 1982 nama Kampung Gelam berubah menjadi Desa Gelam Sei Serimah yang menjadikan Kepala Desa adalah Alm. Sahrum.

Masyarakat Sei Serimah atau sekarang Dusun I,II,III, barisan paling panjang dan Dusun Ampera berasal dari pemindahan Kebun Rambutan Dusun Serimah Kelurahan Brohol Kecamatan Tebing Tinggi sejak tahun 1970 dan sejak itu bapak Sahrum menjadi Pelaksana tugas (Plt) kepala desa di Desa Gelam Sei Serimah dan pada saat itu Kampung Gelam Sei Serimah yang dirapatkan oleh tokoh-tokoh masyarakat.

Penggunaan lahan di Desa Gelam Sei Serimah terbesar digunakan untuk lahan padi sawah, sedangkan lahan terkecil digunakan untuk pemukiman. Desa ini memiliki panjang jalan sepanjang 15 km dan perkebunan seluas 523 Ha. Kondisi jalan di Desa Gelam Sei Serimah terdiri dari jalan berasapal dan jalan tanah. Dimana jalan beraspal tersebut adalah jalan di kecamatan dan jalan tanah tersebut adalah jalan di desa. Dimana masing-msing jalan beraspal sepanjang 10 km dan jalan tanah sepanjang 5 km. Di desa ini jugak terdapat 5 titian/ jembatan yang kondisinya masih bagus.Terdapat angkutan di Desa Gelam Sei Serimah yaitu Becak. Dan masyarakat di desa tersebut umumnya masing-masing memiliki kenderaan roda dua.

Luas permukiman/kawasan terbangun desa ini adalah dan jumlah bangunan rumah warga sebanyak rumah, dan fasilitas lain seperti pos jaga, gereja, masjid, lampu jalan parit/drenase. Dimana di desa ini kuliatas bangunannya baik yaitu permanen-semi permanen, kualitas lingkungan permukimannya baik, jalan lingkungan di antar dusun yang ada di desa ini baik, parit/drainase yang ada di desa sedang dilakukan tahap pembangunan, lampu jalan di desa ini juga cukup banyak dan kondisinya dalam keadaan baik, pos jaga yang ada di desa ini 1 dan keadaan bangunan nya kurang baik dan warna catnya sudah berubah karena jarang dipakai.

Di Desa Gelam Sei Serimah ini tidak terdapat pembuangan sampah. Di Desa Gelam Sei Seimah ini juga terdapat 4 gereja dan 1 masjid, dan keadaan bangunan dari kedua rumah ibadah tersebut dalam keadaan baik. (Berbagai sumber/ISL). 

1.570 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *