Jopi Aswi Hidayat dan Rhaudatul Khasanah, Wakil Sergai di Ajang Putra Putri Sumatera Utara 2022

Menjaga warisan wisata budaya dibalut dalam ajang pemilihan Putra Putri Serdang Bedagai (PPSB) pertama kalinya digelar tahun ini. Ajang pemilihan bakat dimotori Official PPSB, didukung Pemeritah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai). Hal ini menjadi salah satu upaya dan wadah milenial untuk dapat menjaga, mempelajari serta memperkenalkan ke anekaragaman adat kebudayaan serta destinasi wisata daerah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Unggul bersaing dengan 30 Grand Finalis (15 putra dan 15 putri), pasangan Jopi Aswi Hidayat dan Rhaudatul Khasanah kini memiliki tugas mempelajari, menjaga, mengajak generasi muda, hingga mengenalkan keanekaragaman adat kebudayaan serta destinasi wisata daerah Kabupaten Sergai ke kancah tingkat provinsi,  nasional bahkan internasional. Jopi Aswi Hidayat berusia 21 tahun dan  Rhaudatul Khasanah berusia  20 tahun  merupakan Putra  Putri Sumatera Utara Kabupaten Sergai 2022.  Memiliki banyak pemikiran saat pemilihan sampai menjalankan tugas dan seterusnya.

” Nantinya saya akan membawa advokasi peranan pemuda dalam memperkenalkan adat kebudayaan serta destinasi wisata daerah,” ucap pemuda berkulit sawo matang, berpostur jangkung Putra asli Kecamatan Sei Bamban, kelahiran Kampung Tempel, 6 November 2000 saat berbincang-bincang dengan Ini Sergai Loh (ISL), beberapa hari lalu.

Melanjutkan pemikiranya, menurutnya saat ini waktu yang tempat untuk pemuda menjadi barometer dalam memperkenalkan adat kebudayaan serta destinasi wisata daerah, sebab teknologi semakin berkembang, ditambah dengan adanya sosial media mampu menjadi salah satu cara dalam memperkenalkan adat kebudayaan serta destinasi wisata daerah. Karena kita ketahui saat ini sosial media mampu menjadi teman dan mitra dalam berbagai hal, sehingga dapat kita manfaat sebagai sarana promosi. “Memperkenalkan adat kebudayaan serta destinasi wisata daerah, ini menjadi tantangan tersendiri,” lanjut anak pertama dari dua saudara pasangan Asep Sumengkar dan Almh. Dewi Puraini.

Pemuda yang memiliki hobi bernyanyi dan juga sedang membangun usaha dibidang handphone dan asesoris handphone ini, merupakan pemudah pekerja keras, dan tekun dalam menjalankan tanggung jawabnya. “Penentu dalam kehidupan kita selain dari allah SWT adalah diri kita sendiri, ingin bahagia kita harus melakukan dan kita harus memulai kebahagian tersebut dan yakin apa yang kita kerjakan dengan niat baik akan menghasilkan kebaikan.” imbuhnya.

Sebagai Pemenang PPSB 2022,  Jopi Aswi Hidayat berharap kaum milenial dapat menggunakan sosial media dengan baik dan bijak, sehingga kita sama-sama, dan berkerja sama untuk memperkenalkan adat kebudayaan serta destinasi wisata daerah Kabupaten Serdang Bedagai.

Senada dengan Rhaudatul Khasanah yang juga pemenang PPSB 2022, mengutarakan pemikiran dan upayanya sebagai generasi muda yang aktif melestarikan budaya serta destinasi wisata daerah. Gadis asal Kecamatan Pegajahan berusia 20 tahun kelahiran Padang  Brahrang 25 Maret 2002 itu meyakini banyak harapannya bakal terwujud seiring tugas dan kesempatannya sebagai perwakilan Kabupaten Serdang Bedagai.

“Tentu saja saya ingin upgrade (meningkatkan) pengetahuan dan wawasan kebudayaan maupun pariwisata serta memperkenalkan adat kebudayaan dan destinasi wisata daerah  Kabupaten Sergai melalui Putra  Putri Sumatera Utara ini,” celetuk mahasiswa Stai Al-Ishlahiyah Binjai, Program studi Ekonomi Syariah tersebut. Putri bungsu dari dua bersaudara pasangan Joko Sunariman dan Mariah itu bertekad mengenalkan kekayaan budaya serta destinasi wisata daerah  Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ke seantero negeri hingga mancanegara.” tuturnya

Sementara itu, founder Official PPSB, Supian Chan menuturkan sejumlah persiapan bagi anak didiknya, Jopi Aswi Hidayat dan Raudhatul Khasanah. Mulai dari public speaking, Catwalk, Bakat, serta pembuatan video profil dan keunggulan daerah Kabupaten Sergai sebelum ajang Putra Putri Sumatera Utara 2022 digelar Agustus nanti.

“ Harapannya tentu saja adik-adik kita ini dapat memberikan hasil yang terbaik untuk Kabupaten Sergai di tingkat Provinsi Sumatera Utara. Semoga pemerintah mendukung setiap kegiatan seperti kami, tak hanya secara moril tapi juga materil,” bebernya. (Berbagai sumber/ISL).

1.062 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *