Ikuti Jamdasu 2022, Perwakilan Sergai Tergabung dalam Tim Upacara Pembukaan

Sibolangit,
Apresiasi dan dukungan disampaikan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya lewat Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, atas terselenggaranya Jambore Daerah Sumatera Utara (Jamda Sumut), yang diselenggarakan di Bumi Kemah Sibolangit, Deli Serdang, 15-20 Juli 2022.
Dalam keterangannya saat menghadiri langsung kegiatan Jamdasu Sabtu pagi (16/7/2022), Sekdakab Sergai menyebut acara ini diikuti oleh ribuan peserta yang berasal dari berbagai daerah se-Sumut. Di kesempatan ini, Sekdakab juga menyampaikan kalau Kabupaten Sergai mendapat kebanggan karena perwakilannya tergabung dalam petugas Upacara Pembukaan Jamdasu.
Ia menceritakan, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengisahkan jika ia merupakan alumni Jamdasu saat kegiatan serupa dilaksanakan pada tahun 1977.
“Tadi Pak Gubsu menyampaikan kalau beliau dan termasuk juga Pangdam I Bukit Barisan, pernah mengikuti Jamdasu ini. Selain itu, banyak juga alumni Jamdasu yang sekarang menduduki jabatan strategis di berbagai tempat. Ini tentu menjadi semangat dan motivasi bagi adik-adik pramuka Sergai dalam menjalani kegiatan kali ini,” ucap Sekdakab.
Selain itu, sebutnya, Gubsu Eddy Rahmayadi berpesan agar para pramuka bisa menjadi patriot bangsa, mengingat Pramuka berperan penting mengiringi kemerdekaan Republik Indonesia.
“Pak Edy berulang kali berucap kalau anggota pramuka adalah para penerus bangsa. Dengan menjalani kegiatan Jamdasu ini, yang diisi dengan aktivitas berkemah, kemudian mengucapkan sumpah di depan api unggun, dan menyanyikan hymne pramuka, semoga dapat menginternalisasikan semangat positif gerakan kepramukaan,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Sergai ini.
Terakhir, Sekdakab mengingatkan kembali pesan Gubsu Edy Rahmayadi agar anggota pramuka tetap menjaga konsistensi dalam gerakan organisasinya.
“Teruslah berlatih, teruslah belajar, karena nasib bangsa ini berada di pundak kalian semua,” kutipnya.
Sementara itu Ketua Kwarda Sumut, H Nurdin Lubis SH MM dalam laporannya menyebut jika dalam momen ini dilaksanakan pula Kemah Bersama (Kemsa) Majelis Pembimbing (Mabi) dan Kwartir. Kegiatan tersebut, ucapnya, merupakan gagasan dan arahan dari Gubsu selaku Ketua Pengurus Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Sumut.
“Kemsa Mabi dan Kwartir dilaksanakan pada 15-17 Juli, sedangkan Jamdasu berlangsung 15-20 Juli. Sampai pagi ini, terdata ada 3.668 orang peserta yang mengikuti kegiatan ini. Kegiatan Kemsa diikuti Majelis Pembimbing, Kwartir, Pimpinan OPD, BUMN/BUMD, Pengurus Kwarda Pramuka Sumut dan Ketua Kwartir Cabang Kabupaten/Kota. Arena Kemsama juga akan diikuti peserta didik golongan Penegak, Pandega Utusan Kwartir cabang se-Sumut, tiga PTN dan beberapa PTS Medan,” paparnya.
Terakhir, ia menginformasikan Jamdasu kali ini merupakan persiapan menuju Jambore Nasional yang akan diselenggarakan dari 14-21 Agustus 2022 di Cibubur, Jawa Barat.
“Dari kegiatan ini diharapkan bisa membentuk Pramuka yang kreatif, tangguh dan bermartabat, dengan moto pramuka: “Satyaku kudarmakan, Darmaku kubaktikan”,” tandasnya. (Media Center Sergai).
Teks/Editor : Ardi / Rini Ry
Admin : Vivi
1.343 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *