Aktif Lahirkan Inovasi, Bupati Sergai Ikut Ajang Anugerah Kebudayaaan PWI 2023

Sei Rampah,

Berbagai inovasi yang sudah diimplementasikan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) di bawah kepemimpinan Bupati Sergai H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, layak untuk mendapatkan atensi yang lebih luas.

Hal tersebut menjadi dasar keikutsertaan Bupati Sergai dalam ajang Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) 2023. Anugerah ini merupakan apresiasi PWI terhadap Bupati/Wali Kota yang memajukan pembangunan daerahnya berbasis informasi dan kebudayaan.

Dalam komentar singkatnya saat mengikuti sosialisasi virtual via aplikasi Zoom, Jumat (19/8/2022), Darma Wijaya menyebut jika Sergai mengusung visi Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius. Ia berujar, perwujudan visi ini tergambar lewat bermacam inovasi yang sudah berjalan di berbagai sektor. Ini seturut dengan tema yang diusung PWI dalam Anugerah Kebudayaan tahun ini, yaitu inovasi dalam bidang sandang, pangan, dan papan.

“Inovasi tersebut utamanya bisa dilihat dari program pangan di Sergai yang dasarnya berprinsip intensifikasi dan ekstensifikasi. Kami sangat mendukung terselenggaranya kegiatan ini, selain sebagai ajang dalam mengapresiasi kinerja kepala daerah yang melahirkan inovasi, juga untuk memajukan kebudayaan yang berkearifan lokal,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Panitia Anugerah Kebudayaan PWI 2023, Yusuf Susilo Hartono mengatakan ajang tahunan PWI ini mengangkat tema inovasi pangan, sandang, dan papan, berbasis informasi dan kebudayaan (kearifan lokal).

“Seorang kepala daerah sangat penting untuk menyadari membangun daerahnya berbasis kebudayaan. Selaras dengan tantangan zaman di berbagai bidang khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan gaya kepemimpinan kepala daerah yang melayani,” ucapnya.

Ia menginformasikan, Anugerah Kebudayaan ini akan melalui berbagai tahapan seleksi mulai 1 Agustus lalu sampai puncaknya kepala daerah yang terpilih akan menerima penghargaan di Hari Pers Nasional 2023 di Medan, 7-9 Februari 2023.

“Ada berbagai persyaratan, mulai dari pendaftaran, proposal, video, presentasi, dan sebagainya. Semuanya akan dinilai oleh para dewan juri yang kompeten di bidangnya,” jelasnya lagi.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kominfo Drs. H. Akmal, AP, MAP, Kepala Dinas Poraparbud Drs. Zulfikar, Ketua PWI Sergai Edi Saputra dan para pengurus, serta perwakilan OPD terkait dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perindag. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

416 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *