Ribuan Siswa Sergai Terima Bantuan PIP, Bupati: “Semoga Jadi Motivasi untuk Bersekolah

Perbaungan,

Sebanyak 3.276 siswa/i Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP). Bantuan ini diserahkan oleh anggota DPR RI dari fraksi PDI-P dr. Sofyan Tan yang didampingi langsung oleh Bupati Sergai H. Darma Wijaya, Rabu (14/9/2022), bertempat di Lapangan Bola Kaki Kelurahan Batang Terap, Kecamatan Perbaungan.

Dalam sambutannya, Bupati Sergai menyampaikan jika PIP merupakan program pendidikan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Kementerian Sosial, dan Kementerian Agama yang ditujukan untuk anak-anak di seluruh Indonesia yang membutuhkan.

Ia melanjutkan, bantuan PIP ini sebagai penyempurnaan dari program pendidikan sebelumnya yaitu program bantuan siswa miskin (BSM). Bupati menyebut sasaran utama dari PIP adalah siswa pemegang kartu indonesia pintar (KIP), siswa dari keluarga miskin atau rentan miskin dengan pertimbangan khusus, dan siswa dari keluarga Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Dana bantuan PIP ini digunakan untuk keperluan yang relevan. Misalnya saja membeli perlengkapan sekolah, mengikuti kursus, sebagai uang saku, dan biaya transportasi sekolah. Sampai dengan bulan bulan Juli 2022, data siswa penerima bantuan PIP di Sergai adalah sebanyak 17.494 siswa/i SD dan 8.219 siswa/i SMP,” jelas Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

Selain itu, Bupati Sergai mengungkapkan jika siswa/i di Kabupaten Sergai juga mendapatkan dana bantuan bagi siswa yang kurang mampu dalam bentuk program PIP melalui aspirasi dari dr. Sofyan Tan dengan rincian jenjang SD sebanyak 1.965 orang, jenjang SMP 636 orang, jenjang SMA 394, dan jenjang SMK sebanyak 281.

“Perlu juga kami sampaikan bahwa Dinas Pendidikan Sergai pada tahun 2021 berhasil meraih peringkat satu terbaik dalam hal mengolah PIP jenjang SD dan SMP se-Sumut. Ini membuktikan bahwa kita sangat berkomitmen memberikan perhatian kepada anak-anak kita yang dalam kondisi kurang mampu tapi kemauan bersekolahnya sangat tinggi,” tambah Bang Wiwik lagi.

Apresiasi tinggi diberikan Bupati Sergai kepada dr. Sofyan Tan yang merupakan anggota DPR RI komisi X. Dirinya berharap, program PIP ini dapat menjadi motivasi bagi anak-anak Sergai untuk dapat bersekolah dan menjadi generasi yang terbaik kedepannya.

“Kami juga berharap Kabupaten Sergai untuk ke depan akan memperoleh lebih banyak lagi dana PIP hasil aspirasi dari Bapak dr. Sofyan Tan,” tandasnya.

Sementara itu di kesempatan ini dr. Sofyan Tan menitip harap agar tingkat pendidikan generasi muda di Sergai bisa makin meningkat.

“Tadi saya tanya ke Pak Bupati, berapa jumlah desa di Sergai. Beliau jawab, ada 237 desa dan 6 kelurahan. Maka saya berharap besar, dari tiap desa dan kelurahan, ada lebih banyak anak kita yang melanjut sampai tingkat pendidikan tertinggi. Mereka adalah masa depan kabupaten ini,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan ini jajaran Forkopimda Sergai, para Kepala OPD, para anggota DPRD Sergai dari Fraksi PDI-P, Fungsionaris DPC PAC PDI Perjuangan se-Serdang Bedagai, serta siswa/i dan orang tua penerima bantuan PIP. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi /Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

 

2.275 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *