1.205 Siswa SD di Sergai Lakukan Sikat Gigi Bersama Pada Peringatan HKGN 2022

Untuk melakukan aktivias sehari-hari agar berjalan dengan baik dan lancar, tentu harus didukung dengan kesehatan dan kebugaran tubuh. Memiliki tubuh yang sehat tentu tidak akan mudah terserang oleh penyakit.

Salah satu kesehatan yang mesti dijaga adalah kesehatan gigi dan mulut. Memiliki gigi, gusi, dan mulut yang sehat tentu akan membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih nyaman untuk dilakukan.

Namun, tanpa kita sadari terkadang masih banyak orang yang belum menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Banyak cara yang dilakukan untuk dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut yaitu dengan menggosok gigi dua kali sehari dan menjaga pola hidup sehat dari makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Selain dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi, kebiasaan yang baik ini juga dapat mencegah tubuh dari berbagai penyakit.

PDGI Sergai gelar sikat gigi bersama 1.205 Siswa SD

Di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) baru-baru ini, tepatnya hari Senin (12/9/2022) digelar kegiatan penyuluhan dan sikat gigi bersama 1.205 Siswa Sekolah Dasar (SD) Kecamatan Sei Bamban yang diinisiasi oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kabupaten Sergai di Lapangan Sepak Bola Desa Sei Bamban Estate Kecamatan Sei Bamban.

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) tahun 2022, dan mengusung tema “Pulih Bersama Dengan Senyum Sehat Indonesia”

drg. Cut Putri Elna Minarbach selaku Ketua PDGI Cabang Kabupaten Sergai  jika penyelenggaraan HKGN tahun 2022 ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya dari kepengurusan PDGI yang baru. PDGI Cabang Sergai lanjutnya, merupakan salah satu pengurus cabang dari 20 cabang se-Sumut yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Hari ini terdapat 146 cabang yang ada di seluruh Indonesia secara bersamaan pada pukul 09.00 WIB mengikuti kegiatan HKGN tahun 2022 secara live streaming,” ujarnya sembari menambahkan jika PDGI merupakan mitra pemerintah, sehingga kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dokter gigi agar bisa melakukan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan selalu mengingatkan tentang kesehatan gigi kepada masyarakat dan meningkatkan derajat kesehatan gigi masyarakat.

Ia menambahkan jika kegiatan HKGN tahun 2022 hari ini melibatkan 1.205 anak SD dari 7 SD negeri dan SD swasta di Kecamatan Sei Bamban. Harapannya adalah semuanya sudah tereduksi dengan cara menggosok gigi dan kapan waktu menggosok gigi, ujar Kapus Tanjung Beringin ini menjelaskan.

Dikesempatan serupa, Bupati Sergai H. Darma Wijaya di wakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Selamat Hartono, S.KM, M.Kes mengucapkan terimakasih kepada PDGI Cabang Sergai selaku mitra pemerintah daerah telah membantu mengedukasi masyarakat guna meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat Kabupaten Sergai.

“Gigi adalah awal dari proses bagaimana kita mengolah makanan dalam tubuh kita, apabila gigi kita sakit, apapun yang kita makan maka semua tidak bisa dinikmati, maka dari itu mari sama kita jaga kesehatan gigi kita dengan menggosok gigi dua kali sehari yaitu sehabis sarapan dan sebelum tidur malam,” cetusnya.

Ia pun berharap kepada jajaran guru untuk terus mengingatkan anak didiknya agar tetap menjaga Kesehatan. Sehat itu berasal dari diri kita sendiri, sampai akhirnya sikat gigi itu menjadi suatu kebutuhan yang harus dilakukan oleh anak-anak kita,

“ Kalau sudah menjadi kebutuhan maka anak-anak tidak akan bisa tidur kalau belum menyikat giginya dan anak anak tidak berasa tenang pergi sekolah jika belum sikat gigi setelah sarapan pagi, terangnya.

Diakhir penyampaiannya ia mengutarakan jika hari ini secara nasional dilaksanakan perayaan HKGN tahun 2022, baik during maupun luring. Pemerintah tidak akan sukses menjalankan programnya tanpa ada keterlibatan semua unsur atau lintas sektor. “ Kami berharap dukungan dari berbagai pihak, khususnya melalui Dinas Kesehatan maupun PDGI Cabang Sergai membantu pemerintahan untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi masyarakat Sergai,” pungkasnya.

Kegiatan sikat gigi bersama itu diikuti oleh  siswa/i SDN 104297 Sei Bamban, SDN 106855 Kampung Jati Desa Sei Bamban, SDN 104304 Desa Pon, SD Al Ittihadiyah Sei Bamban, SDN 102040 Sei Bamban dan SDN 105412
SDS IT Permata.

Diakhir kegiatan diwarnai dengan pelepasan balon sebagai tanda dimulainya Hari Kesehatan Gigi Nasional Tahun 2022 dan pemberian penghargaan kepada SD yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. (Berbagai sumber/KAMI Sergai).

 

578 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *