Tak Lama Lagi, Di Sergai Akan Dilaksanakan Pendataan Awal Regsosek

Sejak resmi dibuka oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya pada Senin, (19/9/2022), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai bersama Badan Pusat Statistik (BPS) telah membuka pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 se-Kabupaten Sergai.

Regsosek ini sangat penting, mengingat persoalan data juga menjadi hal yang tak kalah pentingnya. Apalagi dalam kurun waktu belakangan di mana pemerintah sedang gencar mengadakan program bantuan terhadap masyarakat dalam menghadapi dampak perekonomian, utamanya akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Data yang akurat mutlak diperlukan demi tepat sasarannya bantuan yang diberikan.

Dilansir dari laman perjuangansumut.com, pendataan awal Regsosek 2022 merupakan program yang wajib didukung oleh seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya instansi pemerintahan saja. Data Regsosek ini ditujukan sebagai data rujukan untuk diintegrasikan terhadap program perlindungan sosial dan pemberdayaan ekonomi.

Bupati Sergai H darma Wijaya dalam pembukaan kegiatan tersebut menyampaikan jika Regsosek merupakan pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan. Hal ini penting dilakukan agar dapat memperbaiki data-data yang pernah ada sehingga pemakaiannya tepat. Misalnya berbagai program perlindungan sosial seperti BLT, PKH yang kemudian salah sasaran, ini untuk menjawab itu semua, ungkapnya.

Bukan hanya sekadar merapikan data, tapi lewat Regsosek ini bisa menjadi referensi pemerintah dalam menentukan subsidi bagi masyarakat. “Dari sinilah, nanti tidak ada lagi si kaya dapat bantuan sementara si miskin malah terabaikan. Bahkan bisa jadi masyarakat yang dulunya dapat, sekarang sudah sejahtera tapi bantuan masih terus mengalir. Harusnya bisa disalurkan ke orang lain yang benar butuh tapi luput dari pendataan,” tambahnya.

Menurut Kepala Badan pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sergai, Herman, SE, M.Si menyatakan bahwa pendataan awal Regsosek 2022 melibatkan 989 petugas yang akan disebar ke 243 desa/kelurahan. Jumlah tersebut telah dibagi sesuai dengan data penduduk Sergai sekitar 669 ribu jiwa. Petugas yang nantinya melakukan pendekatan berbasis keluarga yang dilakukan secara door to door. Beban satu petugas itu sekitar 250 KK. Dengan adanya pendataan awal Regsosek 2022 yang hanya berlangsung selama satu bulan, yakni mulai 15 Oktober hingga 14 November 2022 dapat terselesaikan sesuai target awal.

Dengan adanya pendataan ini, sudah tidak diberlakukan lagi mendata secara interview tapi juga akan mengambil visual rumah warga sebagai lampiran pendukung, melakukan foto rumah warga untuk mendukung data benar-benar valid dan peruntukannya jelas agar tidak lagi terjadi ketimpangan data dan mengakhiri duplikasi penerimaan bantuan.

Salah seorang pelamar Sri Sundari (30) warga Desa Sei Buluh Kecamatan Sei Bamban yang merupakan calon peserta Regsosek telah mengikuti serangkaian/alur pendaftaran mulai dari pendaftaran online hingga ke tahap wawancara. Pendaftaran online bisa mengunjungi laman serdangbedagaikab.bps.go.id.

Disela-sela kesibukannya menjalani tes wawancara, Ia menjelaskan bahwa tahap pertama yang dilakukan agar bisa sampai ke tahap wawancara adalah dengan melakukan pendaftaran online dengan mengunggah berkas melalui link dengan batas pendaftaran tanggal 15 September 2022.

Setelah itu lanjutnya, tanggal 17 September penyeleksian berkas oleh pihak BPS Sergai. Bagi yang lulus seleksi berkas maka baru bisa lanjut ketahap wawancara yang dilakukan kemarin tanggal 21 September 2022 di Kantor BPS Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah. Tak sampai disini saja bagi yang lulus seleksi tahap selanjutnya akan dilakukan pelatihan bagi peserta Regsosek.

Nah, sobat Komunitas Anak Milenial (KAMI) Sergai, selamat ya bagi yang telah lulus seleksi, petugas pendataan Regsosek melakukan kerjanya dengan baik agar data yang didapat benar-benar valid. Petugas harus melakulan pendataan sesuai fakta tidak asal-asalan, agar penerima bantuan tepat sarsaran. (Berbagai sumber/KAMI Sergai). 

1.349 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *