Sergai Terima Kunjungan Studi Komparatif Gianyar Untuk Kembangkan Kelapa genjah pandan Wangi

Pantai Cermin,
Potensi kuliner Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kembali menarik perhatian daerah lain. Kali ini, Kabupaten Sergai menerima kunjungan istimewa para Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.
Kunjungan kali ini bertajuk studi komparatif pengembangan sektor UMKM berpotensi ekspor, yang dilaksanakan di Kebun Kelapa Genjah Pandan Wangi, Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, Rabu (28/9/2022).
Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan BPD Kabupaten Gianyar dan rombongan ke Tanah Bertuah Negeri Beradat.
Dirinya kemudian menyampaikan, UMKM selama ini menjadi salah satu penopang ekonomi nasional. Data menunjukkan setidaknya lebih dari 64 juta unit UMKM yang berkonstribusi 97% terhadap total tenaga kerja dan 60 % Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB). Jumlah ini, katanya, menunjukkan peran UMKM yang sangat besar bagi perekonomian nasional.
Ia melanjutkan, pemasaran produk UMKM secara lokal harus dapat ditingkatkan dengan memperluas pangsa pasar melalui ekspor. Dirinya meyakini, komoditi yang dihasilkan oleh UMKM Sergai selama ini cukup diminati oleh masyarakat luar negeri. Melalui kerjasama antara pemerintah dengan pelaku usaha UMKM, pihaknya optimis mampu mengembangkan pangsa pasar ekspor.
“Sergai memiliki cukup banyak produk unggulan yang dapat dikembangkan, baik dari sektor pangan dan kerajinan. Selain kelapa genjah pandan wangi yang Bapak dan Ibu sekalian sudah nikmati, beberapa produk unggulan yang dimiliki Kabupaten Sergai di antaranya kerajinan anyaman pandan, kerajinan anyaman purun, kuliner dodol, keripik singkong, opak, dan banyak lagi,” ujarnya.
Kaharuddin melanjutkan, sumber daya lokal produk unggulan tersebut juga cukup tersedia untuk menghasilkan dan mengembangkan produk UMKM yang ada. Maka dari itu, dirinya berharap kunjungan BPD Kabupaten Gianyar pada hari ini dapat menghasilkan kerjasama yang baik dalam mendukung pengembangan pemasaran produk UMKM Sergai.
Harapan serupa juga disampaikan Ketua Asosiasi UMKM Sumut, Ujiana Sianturi. Ujiana menyebut, Provinsi Sumut, terkhusus Kabupaten Sergai, punya banyak potensi UMKM yang luar biasa yang layak untuk dipasarkan lebih luas lagi.
“Dengan kehadiran Ibu dan Bapak sekalian di sini, semoga potensi produk UMKM lokal Sumut dapat memberi kesan yang bagus. Saya juga berharap kegiatan kita pada hari ini bisa menjadi momentum untuk menghasilkan jalinan kerja sama yang baik antar kedua daerah,” ujarnya.
Sementara itu pemilik kebun kelapa genjah pandan wangi Jasman Silitonga menerangkan, kebun miliknya ini sudah mulai ada sejak tahun 2001. Luas kebunnya sendiri mencapai 25 hektare dengan jumlah sekitar 50.000 pohon produktif.
“Kelapa genjah pandan wangi ini sudah tersertifikasi. Bisa Bapak dan Ibu nikmati sendiri, cita rasanya yang istimewa dibanding jenis kelapa lain. Tak cuma enak, kelapa genjah pandan wangi ini juga punya segudang manfaat,” katanya.
Ia mengaku, kelapa genjah pandan wangi ini memiliki pangsa pasar yang sangat baik. Bahkan Jasman mengklaim produksi yang ada belum mampu memenuhi tingginya permintaan pasar.
Fakta tersebut mendapat respons positif dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gianyar, Dewa Ngakan Ngurai Adi, SE, M.Si. Ia melihat, peluang ekonomi pandan kelapa wangi ini memang cukup menjanjikan. Apalagi menurutnya jika komoditi tersebut dapat dikolaborasikan dengan industri pariwisata daerahnya yang memang sudah dikenal dunia.
“Kami sudah mencicipi sendiri bagaimana nikmatnya kelapa genjah pandan wangi Sergai. Saya kira ini bisa dikembangkan di Bali, terkhusus di Gianyar. Misalnya dengan menyediakannya sebagai sajian di hotel-hotel. Para rombongan BPD Gianyar sepertinya bisa mempertimbangkan membawa bibit kelapa genjah pandan wangi untuk ditanam dan dibiakkan di daerah kita,” kata Kadis PMD Gianyar.
Sementara itu di sela-sela kegiatan, Kadis Perindag Sergai Roy Christian Paul Sitorus Pane, AP, M.Si, mengutarakan kalau kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kerja sama produk UMKM Sergai dengan Kabupaten Gianyar.
“Selain studi komparatif produk kelapa genjah pandan wangi, kami juga menjajaki pemasaran produk UMKM lokal Sergai lainnya di Gianyar,” ungkapnya.
Pada kegiatan ini, Pemkab Sergai, Asosisasi UMKM Sumut, dan BPD Kabupaten Gianyar menandatangani nota kesepahaman atau MoU kerja sama produk UMKM antar kedua daerah. Selain itu dilaksanakan pula penyerahan secara simbolis bibit kelapa genjah pandan wangi ke perwakilan BPD Kabupaten Gianyar.
Hadir dalam kegiatan ini antara lain Ketua Komda UMKM Sergai Budi, SE, Kadis PMD Sergai Sri Rahmayani, S.Sos, M.Si, para Camat, Forkopimcam Pantai Cermin, dan rombongan BPD Gianyar sebanyak 64 orang. (Media Center Sergai).
842 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *