Ayo Masyarakat Sergai Kita Dukung Pelaksanaan Regsosek Tahun 2022

Pada tanggal 15 Oktober 2022 lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) mulai menggelar Pendataan Awal Registrasi Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek). Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung hingga 14 Nopember 2022. Tentu kegiatan ini terselenggara punya maksud yaitu agar berbagai program perlindungan sosial dapat tepat sasaran sehingga kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

Regsosek merupakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

Upaya pendataan ini penting dilakukan mengingat masih terbatasnya data sosial ekonomi seluruh penduduk untuk penentuan target program pembangunan serta belum terlaksananya control standar kualitas dan ketepatan waktu pemuktahiran. Selain itu juga karena data target program masih amat sektoral.

Ragsosek menjadi penting untuk menghindari kesimpangsiuran di tengah masyarakat, apalagi perkara penyaluran bantuan. Tak jarang kita temui di lapangan terjadi mis-informasi di tengah masyarakat akibat data sasaran bantuan yang tidak presisi. Oleh karenanya, program Pendataan Awal Ragsosek merupakan salah satu langkah yang dilakukan menunju “Satu Data Indonesia”. Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antara instansi pusat dan instansi daerah.

Di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sebanyak 989 petugas Pendataan Awal Regsosek, pada Jumat 14 Oktober 2022 secara resmi dilepas oleh Bupati Sergai H Darma Wijaya. Pelepasan tersebut dilakukan pada kegiatan apel siaga Petugas Pendataan Awal Regsosek Tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Sergai.

Dalam kesempatan itu, Bupati Darma Wijaya menyampaikan jika apel yang dilaksanakan ini sebagai momentum penyemangat bagi kita semua sekaligus menyatakan tanda kesiapan untuk menyongsong dimulainya pelaksanaan pendataan awal Regsosek. Apel siaga ini juga menandakan dukungan dari Pemkab Sergai dalam memberikan pendampingan para petugas di lapangan.

Bang Wiwik sapaan akrab Bupati berpesan agar selurih petugas dapat menjadikan momen ini sebagai bagian kebersamaan dan kekompakkan demi suksesnya pelaksanaan kegiatan ini. Kemudian, agar dipatuhi SOP dan jadwal yang telah ditetapkan sekaligus dapat menjalin komunikasi dengan semua aparatur pemerintah baik di kecamatan, desa/kelurahan bahkan dusun/lingkungan dan antar petugas pendataan di lapangan.

Kemudian pada hari Minggu, 16 Oktober 2022, bertempat di Kantor Bupati Sergai, Bupati Darma Wijaya dan isterinya Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya menjadi orang pertama di Kabupaten Sergai yang didata resmi menjadi orang pertama yang didata pada Pendataan Awal Regsosek BPS Tahun 2022.

” Saya mendukung sekaligus mengajak seluruh masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat untuk menerima dan memberikan data yang sebenar-benarnya kepada petugas Regsosek BPS Sergai,” kata Bupati Darma Wijaya yang dengan sigap dan dengan pasti menjawab setiap pertanyaan yang sesuai dengan kondisi keluarganya.

Tak hanya Bupati, Kepala BPS Sergai Herman, SE juga menyampaikan bahwa Regsosek ini

memiliki 100% sasaran penduduk atau keluarga pada 243 desa atau kelurahan di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Sergai dan pendataan awal ini menggunakan pendekatan keluarga dengan memperhatikan domisili semua anggota keluarga yang tercantum dalam kartu keluarga. Kegiatan ini bertujuan untuk menangkap dinamika perubahan kesejahteraan masyarakat dan sebagai data rujukan untuk integrasi program perlindungan sosial dan pemberdayaan ekonomi serta peningkatan pelayanan publik, tutupnya.

Nah, kepada masyarakat Indonesia, khususnya masyarakan Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat agar bersama mendukung pemerintah dalam menyukseskan Pendataan Awal Regsosek Tahun 2022 ini.

Ini sangat penting, karena akan menentukan dan menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses dan dibagipakaikan antara instansi pusat dan instansi daerah.

Sobat Komunitas Anak Milenial Serdang Bedagai (KAMI Sergai), jika kalian kedatangan tamu yang merupakan petugas pendataan Regsosek dari BPS, maka berilah informasi yang jelas dan sebenar-benarnya agar pendataan ini berlangsung dengan sukses. (Berbagai sumber/KAMI Sergai).

724 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *