Kembali Gelar Audiensi, Bupati Sergai Terima Kunjungan Pengurus 2 Organisasi

Sei Rampah,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya, kembali melaksanakan agenda rutin menerima audiensi dari berbagai kelompok masyarakat. Pada kesempatan audiensi hari ini, Selasa (18/10/2022), Bupati beraudiensi dengan perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) Sergai bersama pimpinan pondok pesantren yang ada di Sergai, serta panitia Peringatan Hari Santri tahun 2022. Kemudian audiensi dilanjutkan dengan Perkumpulan Masyarakat Adat (Permas) Sergai. Kedua audiensi dilaksanakan di ruang kerjanya, di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah.

Pada audiensi pertama, pihak Kemenag Sergai, pimpinan pondok pesantren yang ada di Sergai, serta panitia Peringatan Hari Santri tahun 2022. menyampaikan undangan kepada Bupati Sergai untuk bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Hari Santri 22 Oktober mendatang.

Di kesempatan ini, Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati, menyampaikan jika dirinya hadir sebagai Irup pada pelaksanaan Hari Santri 2022. Pada kesempatan ini, Darma Wijaya juga menyebut pihaknya mengusung salah satu visi yaitu menjadikan Sergai yang religius. Implementasi dari visi tersebut, katanya, bisa dilihat pada berbagai program yang telah dilaksanakan oleh Pemkab Sergai. Misalnya saja penyaluran zakat lewat Gerakan Amal Saleh, Safari Salat Jumat Dambaan, dan sebagainya.

Dirinya berpendapat, pesantren sebagai salah satu institusi pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang tidak hanya cerdas dalam IPTEK, namun juga unggul dalam aspek karakter dan sikap yang religius.

“Di Sergai sudah berdiri sekitar 15 pondok pesantren. Jumlah ini perlu untuk terus ditingkatkan. Bersama-sama kita juga perlu membangkitkan kemauan para siswa untuk mau menimba ilmu di pesantren. Di pesantren, santri akan banyak mendapatkan pelajaran Al-Qur’an, hadits, bahasa arab, sejarah islam, tauhid, dan lain sebagainya. Ini penting sekali,” ucap Bupati.

Selain itu, Bang Wiwik juga mendukung peningkatan jiwa wirausaha bagi para santri. Dirinya menyebut, Rasullulah juga telah mengajarkan umat Islam untuk berniaga. Bupati Sergai bahkan menawarkan, jika pesantren berminat untuk membuat peternakan ikan yang dikelola oleh santri, Pemkab Sergai siap memberikan bantuan benih maupun pakan.

“Saya ingin agar Bapak-bapak sekalian bisa menyalurkan semangat untuk berwirausaha pada santri. Jadi nanti setelah tamat, santri-santri kita sudah memiliki modal untuk buka usaha sendiri, bahkan bisa sediakan lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Pada kesempatan audiensi selanjutnya, Bang Wiwik menerima kunjungan Permas Sergai. Momen ini menjadi kesempatan pengurus Permas untuk memperkenalkan organisasi yang baru berdiri di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini, sekaligus meminta kesediaan Darma Wijaya sebagai Ketua Dewan Pembina Permas Sergai.

Bupati Sergai merespons sangat positif eksisnya Permas Sergai. Menurutnya organisasi ini menjadi wadah yang bisa mempersatukan berbagai kelompok adat dan suku yang ada di Sergai. Kepada para pengurusnya yang ia panggil dengan sebutan “Ayah”, Bupati berharap Permas dapat menjadi corong yang menyosialisasikan pesan membangun, terutama kepada generasi muda.

“Pendidikan moral dan akhlak sangat perlu ditekankan kepada para anak muda Sergai. Kepada Ayah-ayah kami yang ada di Permas, kami harap bisa memberikan bimbingan kepada pemuda-pemudi kita agar memiliki perilaku dan etika yang baik. Selain itu, saat ini kami sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan gerakan anti penyalahgunaan narkoba. Untuk itu kami berharap Pemkab Sergai dan Permas bisa saling bersinergi untuk semakin meningkatkan hal tersebut,” pungkas Darma Wijaya.

Audiensi kali ini juga diikuti oleh Kepala Dinas Poraparbud Drs. Zulfikar dan Kabag Kesra Sergai Raden Cici Sistiansyah, S.Sos. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

658 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *