Percepatan Pembangunan Kabupaten Sergai Lewat TKDD

Medan,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menerima Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2023 yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi. Kegiatan yang juga berbarengan dengan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Medan, Jumat (2/12/2022).

Pasca penyerahan TKDD Tahun 2023 dan DIPA, Bupati Sergai menyampaikan jika momen ini adalah hal yang sangat penting bagi Kabupaten Sergai. Ia berujar, TKDD dapat dimanfaatkan untuk proses percepatan pembangunan di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Ia menjelaskan TKDD adalah bagian dari Belanja Negara yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah dan desa dalam rangka mendanai pelaksanaan urusan yang telah diserahkan kepada daerah dan desa.

“Pembangunan di Sergai harus dilaksanakan dengan segera. Kita usahakan di awal tahun rencana yang sudah diformulasikan sudah bisa dijalankan sehingga hasilnya dapat segera pula dirasakan oleh masyarakat,” kata Bupati yang dikenal publik dengan panggilan Bang Wiwik ini.

Ia menjelaskan, untuk Tahun 2023 Provinsi Sumut mengalokasikan belanja negara sebesar 63,6 triliun dengan pembagian belanja pemerintah pusat (K/L) sebesar 22,05 triliun kepada 898 satuan kerja, yang artinya terdapat peningkatan sebesar 1,25 triliun atau naik 6 persen dibandingkan tahun 2022 sebesar 20,8 triliun.

“Tadi Pak Gubernur menjelaskan, untuk TKDD 2023 dialokasikan kepada 34 pemerintah daerah di Sumut sebesar 41,55 triliun atau ada peningkatan 1,3 triliun atau naik 3,22 persen dibandingkan tahun 2022 sebesar 40,25 triliun,” papar Bang Wiwik.

Sebelumnya di kesempatan serupa Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara Heru Pudyo Nugroho menjelaskan, untuk tahun 2023, APBN mengusung tema “optimis dan waspada”.

Dijelaskan olehnya, tema ini memiliki arti agar seluruh pihak terkait dapat menjaga optimisme pemulihan ekonomi, tapi di saat yang sama memasang kewasapadaan dalam merespons gejolak global yang masih berlangsung.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Perbendaharaan Provinsi Sumut Tiarta Sebayang, unsur Forkopimda Sumut dan seluruh Kepala Daerah kabupaten/kota se-Sumut. (Media Center Sergai)

1.011 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *