Pemkab Sergai Targetkan 2024 Angka Stunting di Bawah 14 Persen

Medan,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) memiliki komitmen tinggi untuk menurunkan angka stunting di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2022, yang digelar di Hotel Swiss Belinn, Jl. Gajah Mada No. 46, Medan, Selasa (6/11/2022).

Wabup Sergai menyampaikan, rakor kali ini dilaksanakan dalam rangka menguatkan komitmen dan sinergi seluruh pihak terkait sebagai upaya Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di kabupaten/kota se-Sumut tahun 2022.

“Rakor dan evaluasi ini merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting yang ditindaklanjuti dengan keputusan Gubernur Sumatra Utara Nomor 188.44/169/KPTS/2022 tentang TPPS Provinsi Sumatera Utara (Sumut),” tambahnya lagi.

Adlin Tambunan selaku Ketua TPPS Kabupaten Sergai menginformasikan kegiatan ini diikuti para Wakil Bupati/Wakil Walikota selaku TPPS kabupaten/kota yang difasilitasi oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumut.

“Salah satu upaya terbaru yang dilaksanakan oleh Pemkab Sergai untuk meminimalisir stunting adalah dengan me-launching program Gerakan Makan Ikan (Gemarikan). Lewat Gemarikan, kami berupaya meningkatkan konsumsi ikan di Sergai, terutama pada ibu dan anak,” jelas Wabup.

Selain itu ada pula program Kader Posyandu yang Oktober lalu diresmikan. Ia menjelaskan, program ini merupakan perpanjangan tangan dari Bupati dan Wabup, karena mereka sebagai orang yang menyampaikan pesan-pesan dan mengedukasi masyarakat.

“Kader Posyandu diharapkan dapat memaksimalkan perannya dalam melakukan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat. Selain itu dapat mengontrol agar anak-anak tidak mengalami stunting serta menyosialisasikan program pemerintah dalam pengentasan stunting,” jelas Wabup sembari menambahkan jika pihaknya menargetkan pada 2024, stunting di Kabupaten Sergai dapat di bawah 14 persen.

Terakhir Wabup Adlin menjelaskan, adapun tujuan dari kegiatan rakor yang dilaksanakan pada hari ini adalah agar pihak terkait terus meningkatkan apa yang menjadi hal-hal utama dalam mempercepat angka penurunan stunting di Sumut di antaranya yang pertama meningkatkan penguatan dan percepatan pencapaian sasaran program Bangga Kencana dan Penurunan Stunting yang dilaksanakan secara bersinergi dan berkolaboratif dengan pendekatan pentahelix. Kedua mendorong aksi nyata dalam penurunan percepatan stunting. ketiga menyusun Rencana Tindak Lanjut Percepatan Penurunan Stunting.

“Keempat memperkuat kerjasama multipihak dalam mendukung upaya percepatan penurunan stunting,” tandasnya.

Sebagai penanda komitmen upaya menekan stunting, pada kegiatan ini Wabup Sergai juga dipakaikan rompi TPPS Provinsi Sumut. Hadir mendampingi wakil Bupati Kepala Dinas Kesehatan Selamat Hartono, SKM, MKM, dan Kepala BAPPEDA Rusmiani Purba, SP, MSi. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Admin : Julia

635 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *