Manfaat Tanaman Pandan Duri

Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) selain memiliki destinasi wisata pantai yang indah juga memiliki berbagai potensi sumber daya alam yang berlimpah. Tanah yang subur tentu akan mudah ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan atau pepohonan. Tanpa kita ketahui, terkadang ada khasiat dan manfaat dari tumbuh-tumbuhan yang hidup liar di beberapa wilayah misalnya pesisir pantai termasuk tumbuhan pandan duri atau pandan laut.

Tahukah kamu, jika manfaat dari tumbuhan pandan duri mulai dari akar, daun, bunga, dan buahnya. Bahkan banyak masyarakat kita yang tidak mengetahui khasiatnya. Namun ada segelintir masyarakat yang mengetahui manfaat tumbuhan yang hidup di pesisir pantai ini. Mau tau apa saja khasiatnya…?
Menurut Agus Hariadi, warga Desa Pematang Setrak Kecamatan Teluk Mengkudu, tumbuhan pandan duri ini banyak sekali manfaat dan kegunaanya.

“ Pandan duri atau pandan laut adalah jenis tumbuhan serupa pohon lainya, yang masih terbilang kedalam anggota suku pandanaceae. Pandan duri ini biasa tumbuh di tepian pantai atau pesisir maupun di tepian sungai. Tumbuhan ini mampu beradaptasi dengan berbagai tanah yang ada di pesisir, termasuk di dalamnya jenis tanah pasir, gambut, dan kapur. Sehingga tumbuhan bisa beradaptasi terhadap kadar garam yang tinggi dan tahan terhadap hembusan angin yang kencang,” kata Agus.

Manfaat maupun kegunaan daun pandan duri ini bisa kita jadikan sebagai kerajinan tangan atau kita buat anyaman karena daunnya yang lembut dan kuat sehingga memudahkan para pengerajin untuk mengolahnya menjadi bahan baku utama pembuatan anyaman.

Banyak sekali anyaman yang bisa kita hasilkan dan kreasikan dari anyaman daun pandan duri ini, mulai dari tikar, tas, tempat tisu, dompet, keranjang, bakul dan masih banyak lagi sehingga menghasilkan nilai jual yang tinggi dan dapat menambah penghasilan atau pendapatan dari masyarakat itu sendiri, katanya didampingi istrinya Suci.

Ia mengatakan jika daun pandan duri bisa di ramu menjadi teh yang bisa di minum, khasiatnya sebagai obat diare dan cairan-cairan pada akar gantung dapat menyembuhkan asma dan sakit pinggang, serta untuk mengobati lepra, cacar air, sifilis, kudis, panu, dan juga kencing manis. Kebanyakan orang menggunakan akarnya untuk pengobatan dibandingkan daunnya.

“ Saya bersama istri sering mengambil akarnya dan dijadikan obat kencing manis (diabet) untuk mertua saya. Alhamdulillah…khasiatnya dapat kita rasakan. Jika dikonsumsi minuman akan ini secara rutin, InsyaAllah menghindarkan dari berbagai penyakit,” ungkapnya.

Ia menambahkan jika khasiat tanaman pandan duri ini didapatnya dari seseorang (warga Pekan Baru) yang memberinya informasi jika tanaman yang dimaksud mempunyai banyak manfaat.

Konon menurut informasi dari beberapa masyarakat, sama seperti daunnya, akar pandan duri bersifat diuretika (peluruh kemih) atau saluran kencing, dan juga digunakan untuk mengobati sakit kuning, panu, kudis dan gangguan hati lainnya. Bisa juga sebagai terapi, kencing manis, asam urat, darah tinggi, mengontrol gula darah (diabetes), agar selalu stabil bila terus dan rutin kita konsumsi sebagai minumam atau ramuan herbal yang dikonsumsi sebagai penambah stamina.

Tak kala menarik dari daun pandan duri, Agus menjelaskan, bunganya juga memiliki manfaat dan kegunaan yang tidak kita ketahui yaitu bunga jantannya yang sangat di senangi karena mempunyai bau yang wangi yang dapat digunakan untuk mengarumkan ruangan, pakaian, dan bisa juga di jadikan minyak wangi (farfum). Sedangkan kulit buah dari pandan duri yang telah masak dapat digunakan juga untuk menyembuhkan sakit saluran kemih.
Akar pandan duri ini juga sangat bermanfaat, karena akar tumbuhnya banyak dan kuat tentu bisa menahan abrasi dan erosi yang diakibatkan oleh air laut maupun sungai.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari pandan duri atau pandan laut ini, buat warga Sergai…yuk, mari kita manfaatkan potensi alam untuk kesehatan kita………(ISL)

39.180 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *