Sinergi Dengan Berbagai Pihak Dalam Penanganan Banjir di Sergai

Meski memiliki keterbatasan wewenang, namun Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) di bawah kepemimpinan Bupati H Darma Wijaya dan Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan, terus mencari berbagai solusi dalam penanganan banjir Terbaru, Jumat (16/12/2022) Pemkab Sergai menerima kunjungan kerja Komisi V DPR RI dalam rangka penanganan banjir di Kabupaten Sergai.

Kunjungan kerja (kunker) tersebut diharapkan oleh Bupati Sergai H Darma Wijaya memberikan soluasi terbaik terhadap permasalahan penanganan banjir yang berlarut. Dalam pertemuan itu, Bupati Darma Wijaya menyampaikan jika kewenangan yang dimiliki Pemkab Sergai terbatas. Namun terus berupaya sekuat tenaga mencari solusi bagaimana caranya supaya banjir ini dapat diatasi.

Sinergi dengan TJSLP

Salah satu yang sudah dilakukan oleh Pemkab Sergai adalah dengan menjalin sinergi dengan Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) Sergai lewat program normalisasi sungai. Normalisasi merupakan salah satu usaha utama yang dilakukan untuk mengatasi luapan air yang terjadi, apalagi dalam musim penghujan seperti sekarang. Meskipun bencana alam adalah kuasa Tuhan yang tidak bisa dilawan, namun pihaknya tetap berupaya melakukan ikhtiar mengatasi banjir lewat serangkaian aksi, terutama normalisasi.

Sinergi dengan TJSLP benar-benar memberi sokongan berarti, mengingat Pemkab Sergai tidak memiliki kewenangan pada area sungai.

Terima Kunjungan Komisi V DPR RI

Kehadiran dari rombongan Komisi V DPR RI diharapkan dapat membawa kabar gembira dan harapan terhadap usaha penanganan banjir.

Lewat Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal, SE, M.Com, menyampaikan jika kunjungan kerja pihaknya ke Sergai dan beberapa daerah lainnya bertujuan mensinergikan perogram pemerintah pusat ke daerah sekaligus dalam rangka menyerap aspirasi dari pemeritah daerah dan masyarakat, yang nantinya akan menjadi pembahasan dan diperjuangkan di DPR RI

Terkait bencana banjir yang menimpa warga Sergai ia meminta agar hal tersebut segera ditindaklanjuti oleh pihak berwenang.

“Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen Sumber Daya Air, Bapak Adenan Rasyid, melalui Badan Wilayah Sungai Sumatra II sudah memberikan tanggapan bahwa akan segera memberikan bantuan alat berat untuk melakukan normalisasi sungai belutu. Semoga ini dapat memberikan dampak signifikan dalam mengatasi permasalahan banjir,” ucapnya

Sementara anggota Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu memuji inisiatif Bupati Sergai yang menjalin kerja sama dengan stakeholder lewat Forum TJSLP. Menurutnya di tengah keterbatasan kewenangan pemerintah daerah, Darma Wijaya tidak lantas menyerah pada kondisi dan aktif mencari alternatif.

“Banjir yang terjadi di Sergai bukan hanya jadi tanggung jawab Pemkab Sergai. Maka dari itu kami mendorong mitra kerja kami untuk membantu daerah yang sedang membutuhkan. Tadi kita juga sudah mendengar pernyataan dari pihak BWS yang akan melaksanakan normalisasi dengan syarat tidak ada masyarakat yang keberatan dengan ganti rugi. Ternyata Pak Bupati Sergai menyatakan siap memenuhi syarat tersebut. Semoga dengan hal itu, proses normalisasi dapat lebih gencar dilaksanakan,” ucapnya.

Usai Pertemuan Dengan Komisi V DPR RI, Sergai Terima Bantuan Air Bersih Untuk Korban Banjir

Sehari setelah menerima kunjungan kerja dan melakukan pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dengan Komisi V DPR RI, lewat komunikasi yang terjalin dengan apik, sinergi antara program pemerintah pusat ke daerah terus berjalan. Khususnya dalam penanganan bencana alam banjir yang tengah melanda Kabupaten Sergai dipenghujung tahun 2022.

” Melalui Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR telah menurunkan bantuan berupa  air bersih kepada korban bencana banjir dibeberapa kecamatan yang masih mengalami banjir, Sabtu (17/12/2022),” ungkap Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs H Akmal AP M.Si disela-sela rutinitasnya di Kecamatan Perbaungan.

Ditambahkannya jika Tim Cipta Karya saat ini sudah di lokasi yang terdampak bencana dan direncanakan untuk melakukan pemasangan air bersih di 4 (empat) titik.

” Menurut data dari Plt Kalak BPBD Sergai Frist Damanik, 4 titik tersebut yauitu; 1 unit di Dusun 9 Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, 1 unit di Dusun 4 Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah, serta 2 unit di Dusun 14 dan 16 Desa Sukadamai Kecamatan Sei Bamban,” terang Akmal sembari menambahkan jika Tim Cipta Karya juga bersedia untuk melakukan penambahan titik lokasi penempatan air bersih.

Akmal berharap agar seluruh pihak terkait dapat memberi solusi terbaik bagi permasalahan penanganan banjir yang berlarut di Sergai, tutupnya sambil mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam mengatasi permasalahan banjir. (Berbagai sumber/ISL).

554 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *