Gotong Royong Massal Semarakkan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Sergai

Tanjung Beringin,

Menjelang perayaan Hari Jadi ke-19  Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) tahun 2023, Pemkab Sergai melaksanakan serangkaian kegiatan, salah satunya gotong royong massal, yang digelar di Desa Nagur, Kecamatan Tanjung Beringin, Kamis (6/1/2023).

Bupati Sergai menyampaikan masyarakat Indonesia dikenal senang membantu dan bahu membahu. Ia menyebut, salah satu buktinya adalah adanya budaya gotong royong yang merupakan satu hal yang sangat positif. Menurutnya dengan adanya gotong royong, rasa kebersamaan dan rasa toleransi akan semakin tinggi.

“Budaya gotong royong merupakan kunci perdamaian bagi masyarakat Indonesia yang heterogen, karena terdiri dari berbagai suku, agama, dan ras yang berbeda. Marilah kita lanjutkan dan kembangkan warisan budaya luhur bangsa untuk membangun Kabupaten Sergai yang mandiri, sejahtera dan religius,” ujarnya.

Menjelang penutupan tahun 2022, Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini menyampaikan Kabupaten Sergai menghadapi tantangan bencana alam yaitu banjir yang melanda beberapa kecamatan. Permasalahan banjir ini, sebutnya, merupakan tanggung jawab bersama dan diperlukan kerjasama yang terus kita bangun melalui sinergi lintas sektor mulai dari pemerintah kabupaten, provinsi, hingga pusat serta komitmen masyarakat dalam mencegah, menanggulangi serta menghadapi bencana banjir secara bersama-sama dan saling bahu membahu mulai dari hulu sampai dengan hilir.

 

“Oleh sebab itu, pada hari ini kita semua dari berbagai unsur berkumpul untuk bergotong royong bersama-sama untuk membersihkan lingkungan akibat bencana banjir agar lingkungan menjadi bersih kembali dan membersihkan saluran air agar tidak tersumbat sebagai salah satu upaya pecegahan dan penanggulangan banjir,” pesan Bupati.

Bang Wiwik juga mengajak seluruh pihak selalu menjaga kebersihan lingkungan. Ia menegaskan, dengan terciptanya lingkungan yang bersih dan asri diharapkan peningkatan kesehatan masyarakat juga terjamin sesuai dengan salah satu Sapta Dambaan (SAPDA) yaitu mewujudkan masyarakat sehat dan religius serta merupakan salah satu penanggulangan pencegahan stunting.

Masih lanjut Darma Wijaya, Kabupaten Sergai memiliki 7 (tujuh) program prioritas yang dikenal dengan (SAPDA). Dengan semangat hari jadi Sergai ke-19 ia mengajak warga bersama-sama mewujudkan SAPDA dengan menggali dan mengembangkan potensi daerah masing-masing.

“Kami berharap melalui kegiatan hari ini, kita tumbuhkan kesadaran bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menggalakkan kembali semangat bergotong royong dalam rangka menumbuhkan kerukunan, persaudaraan, dan kebersamaan dalam keberagaman serta menjadikan gotong royong sebagai agenda rutinitas untuk mewujudkan kabupaten serdang bedagai yang mandiri, sejahtera dan religius,” tandasnya.

Dalam rangkaian kegiatan, Bupati serta jajaran melakukan penanaman pohon, membersihkan parit, menyapa masyarakat dan melihat perumahan warga di Desa Nagur yang sebelumnya terdampak banjir. Dilanjutkan peninjauan bakti sosial pemeriksaan dan pengobatan gratis, donor darah, dan sunat masal di Puskesmas Tanjung Beringin.

Di waktu yang sama kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh Wabup Sergai H.Adlin Umar Yusri Tambunan. Gotong royong dilakukan Wabup di Simpang Belidaan Dusun 14, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan yang kami lakukan menjelang perayaan HUT Sergai ke-19. Mulai dari gotong royong, bakti sosial, sunat massal, pemeriksaan kesehatan dan lain sebagainya. Doa terbaik tentu kita hadiahkan untuk Serdang Bedagai. Semoga diusia ke -19, Sergai semakin maju, berkembang dan lebih baik lagi,” harapnya.

Begitupun dengan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP. yang mengikuti kegiatan gotong royong massal, khitanan, dan penyerahan bingkisan kepada anak yatim-piatu serta penanaman pohon bersama di Halaman Sekolah SMKN 1, Dusun V, Desa Pekan Sialang Buah, Kecamatan Teluk Mengkudu.

Rangkaian kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Sergai H. M. Ilham Ritonga, SE, jajaran FORKOPIMDA Sergai, Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraraan Rakyat Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si, Ketua TP-PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Saragih Darma Wijaya, para Kepala OPD, Camat Tanjung Beringin Elmiati, SAP, serta para Kepala Desa. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Brojeps/Irfan YE

Admin : Julia

584 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *