Upacara Hari Jadi ke-19 Kabupaten Sergai Diwarnai Dengan Pemberian Penghargaan

Sei Rampah,

Jajaran ASN Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), Jumat (6/1/2023) melaksanakan upacara Hari Jadi ke-19 Kabupaten Sergai di halaman Kantor Bupati Sergai Sei Rampah.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati H Darma Wijaya, Perwira Upacara Kasatpol PP Sergai Muhammad Wahyudhi, S.STP dan Komandan Upacara Camat Sei Rampah Rahmat Suhendra Damanik, S.STP.

Dalam arahannya, Bupati Sergai H Darma Wijaya mengajak selurih peserta upacara untuk terus bersyukur bahwa Kabupaten Sergai telah memasuki usianya yang ke-19. Dengan begitu, banyak perkembangan pembangunan baik di sektor riil  maupun non riil.

“ Pembangunan dilaksanakan secara merata dengan menitikberatkan pada pengembangan potensi daerah yang ada dengan tetap mengikuti visi misi dan arah pembangunan Kabupaten Sergai yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sergai,” ujar Bupati di hadapan unsur Forkopimda, Wakil Bupati Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP, Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah (PD), Camat, Pejabat Administrator, Pengawas, Jafung serta peserta upacara lainnya.

Oleh Karena Itu, lanjut Bupati, di Hari Jadi Ke-19 ini, Kabupaten Sergai mengangkat tema “Dengan Semangat Hari Jadi Ke-19 Kabupaten Serdang Bedagai Kita Gali Dan Kembangkan Potensi Daerah Untuk Mewujudkan Serdang Bedagai Yang Mandiri, Sejahtera, Dan Religius”. Keberhasilan pembangunan di segala bidang tentu menjadi harapan kita bersama dan Pemkab Sergai telah berupaya merealisasikan pembangunan dengan semaksimal mungkin.

Masih kata Bupati bahwa di bidang pendidikan, angka partisipasi kasar (APK) dan akreditasi PAUD dan pendidikan dasar terus mengalami peningkatan. Selain itu, jumlah desa yang memiliki PAUD juga meningkat secara signifikan. Sementara itu, angka putus sekolah menunjukkan hasil yang menggembirakan dengan terus mengalami penurunan menjadi 0,01% untuk SD sederajat dan 0,02% untuk SMP sederajat.

Kemudian terkait pembangunan di bidang infrastruktur juga tak kalah menunjukkan angka yang baik. Hal ini dapat dilihat dari persentase panjang jalan kabupaten dalam kategori baik yang terus mengalami peningkatan hingga mencapai 47%, jembatan yang terpelihara baik mencapai peningkatan 56%, jaringan irigasi dalam kondisi baik meningkat 70%. Begitu juga dengan drainase serta pembangunan infrastruktur lainnya yang terus meningkat.

Tak hanya itu, di musim hujan yang berkepanjangan dengan tingkat kerawanan bencana banjir, Pemkab Sergai terus berupaya melakukan langkah-langkah antisipatif seperti normalisasi sungai, rehabilitasi tanggul jebol serta pembangunan tembok penahan.

“ Pembangunan infrastruktur yang terus berjalan tentu akan menjadi pintu akses bagi pembangunan di sektor-sektor lainnya. Efek domino secara positif akan berdampak pada terbukanya kesempatan- kesempatan capaian pembangunan di segala bidang,” ungkap Bupati.

Sedangkan dibidang kepegawaian, memiliki capaian kinerja cukup baik dengan indikator meningkatnya persentase ASN yang memiliki sertifikat diklat, jabatan struktural yang telah memenuhi syarat kompetensi serta pelayanan publik yang semakin baik. Dalam melayani masyarakat, Bupati berpesan jika ASN harus memiliki budaya kerja baru lebih cepat, efektif dan efisien dengan tetap berpedoman pada nilai- nilai dasar ASN yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN.

“ Dengan budaya tersebut, disertai dengan kerja keras dan loyalitas yang tinggi, Sergai telah berhasil menorehkan prestasi baik di tingkat provinsi maupun nasional, diantaranya adalah meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI. Juara I Desa Wisata Terfavorit serta Juara II Desa Wisata Digital dan Kreatif pada lomba Desa Wisata Nusantara tingkat nasional yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata. Selanjutnya Juara Umum TP PKK Kabupaten Sergai pada Jambore Kader Dasawisma TP PKK tingkat Provinsi Sumut,” rinci Bupati.

Selanjutnya, meraih Award Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi Provinsi Sumut, terbaik II Penghargaan Pembangunan Daerah tahun 2022 dari Gubernur Sumut, Penghargaan Pengelolaan Kepegawaian Terbaik Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sergai oleh BKN, Penghargaan sebagai Kabupaten Inovatif dalam Pencegahan dan Penurunan Stunting, Predikat Zona Hijau nilai kepatuhan berdasarkan opini kualitas tertinggi dari Ombudsman RI dan penghargaan sebagai Kawasan Wisata Super Prioritas Daerah 3T berbasis potensi unggulan daerah dari Kementerian Tenaga Kerja, serta masih banyak prestasi lainnya yang sangat membanggakan, beber Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati.

Terakhir, Bupati menyampaikan jika Kabupaten Sergai di awal tahun 2023 ini akan menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan dari PWI Pusat. Penghargaan ini di dapat berkat inovasi program cetak sawah mandiri yang mengalami keberhasilan dalam mempertahankan swasembada pangan.

“ Alhamdulillah, ini akan jadi kado bagi ulang tahun Kabupaten Sergai. Kita patut bersyukur, sebab Kabupaten Sergai saat ini menjadi satu-satunya kabupaten yang dua kali berhasil meraih penghargaan anugerah kebudayaan dari PWI Pusat,” tutup Bupati Darma Wijaya yang disambut dengan tepuk tangan meriah.

Beri Penghargaan

Usai melaksanakan upacara, Pemkab Sergai memberikan penghargaan kepada ASN terbaik tahun 2022 yang telah bekerja penuh pengabdian dan menginspirasi. Kemudian Pemkab Sergai juga memberikan penghargaan kepada seluruh perusahaan yang berpartisipasi dalam memberikan dana CSR kepada Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (FTJSLP) Kabupaten Sergai dalam membantu program noirmalisasi sungai Sei Belutu. Selanjutnya Perusahaan terbaik dalam pelaksanaan CSR di Kabupaten Sergai pada ajang CSR award tahun 2022.

Selanjutnya memberikan penghargaan kepada BPN Sergai yang telah berhasil menerbitkan sertifikat tanah aset milik Pemkab Sergai melalui kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), kemudian memberikan penghargaan kepada perwakilan masyarakat penerima sertifikat tanah dari 29 desa dan 11 kecamatan di Kabupaten Sergai dan masyarakat yang berprestasi lainnya yang telah membawa harum nama Kabupaten Sergai. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

1.344 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *