Bupati Sergai Dukung Pelestarian Budaya Tionghoa

Sei Rampah,

Sebagai daerah yang multikultural, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menegaskan jika ia memberi dukungan kepada pihak yang ingin melaksanakan pagelaran kebudayaan di Kabupaten Sergai. Menurutnya, dukungan ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk melestarikan aspek kebudayaan yang menjadi warisan nenek moyang secara turun temurun, apalagi di tengah arus modernisasi dan globalisasi.

Pernyataan itu disampaikan oleh Bupati saat menerima kunjungan Ketua Pembina Lembaga Pelestarian Budaya Tionghoa Yayasan Istana Harta Lima Penjuru (Lempabudti YIHLP), Ade Chandra, di ruang kerjanya di Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (28/2/2023).

Dukungan tersebut disampaikan Bupati sebagai respons atas rencana pelaksanaan Pekan Budaya Nusantara di Kabupaten Sergai, setelah edisi sebelumnya dilaksanakan di kawasan Cemara Asri, Medan.

“Kalau dari pihak YIHLP menunjuk Sergai sebagai tuan rumah Pekan Budaya tahun depan, tentu kita siap. Sebab ini bagian dari dukungan pelestarian kebudayaan juga,” kata Bupati Darma Wijaya.

Selain Pekan Budaya, Bupati Sergai juga menanggapi positif rencana pelaksanaan Ritual Cheng Beng bisa rutin digelar di Sergai dan menjadikannya acara tahunan sebagai salah satu daya tarik kunjungan wisatawan.

“Bukan cuma pelestarian budaya, kalau Cheng Beng bisa dibuat di Sergai, akan banyak pengunjung dan pasti UMKM sekitar lokasi akan bergeliat. Jadi sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, lah,” yakin Bupati yang akrab disapa Bang Wiwik ini.

Kunjungan Ade Chandra sendiri pada hari ini juga dalam rangka menyampaikan bahwa organisasi yang ia pimpin telah menerima 2 piagam penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori Tarian Naga Liong terpanjang dan Parade Multi Etnis terbanyak tahun 2023.

“Ini merupakan kebanggan besar bagi Lempabudti YIHLP atas apresiasi yang diberikan oleh lembaga prestisius seperti MURI,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Ade juga berharap Pemkab Sergai bisa terus memberikan dukungan terhadap kegiatan kebudayaan yang dilakukan YIHLP. Apalagi selama ini Bupati Sergai telah menjalin sinergi yang baik dengan komunitas Tionghoa dan sudah dinobatkan pula dengan gelar tokoh kehormatan Tionghoa oleh Dewan Kehormatan Tetap YIHLP, Moko Kusuma, pada acara Pekan Budaya Nusantara yang lalu.

“Terima kasih atas dukungan yang selama ini diberikan kepada kami masyarakat Tionghoa, Pak Bupati. Semoga ke depan kita bisa terus bersinergi dan kami tentunya mendukung program-program Pemkab Sergai,” pungkasnya. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/ Rini Ry

Admin : Julia

 

537 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *