Resmi Buka Raimuna, Bupati Sergai Ingatkan Peserta Jaga Kode Kehormatan Gerakan Pramuka

Tebing Tinggi,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, resmi membuka kegiatan Raimuna Cabang Gerakan Pramuka Sergai tahun 2023, yang digelar di lapangan golf PTPN IV, Kebun Pabatu, Kecamatan Tebing Tinggi, Kamis (2/3/2023).

Bupati melalui Sekda Faisal menyampaikan kegembiraan dan rasa bangga dalam sambutan tertulisnya atas terlaksananya kegiatan yang merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar. Ia mendukung sepenuh hati kegiatan positif ini dan mengucapkan selamat kepada seluruh peserta dan para kakak pembina yang mengawal kehadiran kontingen pramuka.

“Kalian bukan hanya sebagai wakil organisasi saja, tetapi juga merupakan duta pramuka dari kwartir ranting untuk membawa nama baik kwartirnya. Diharapkan kegiatan ini juga bisa membawa citra positif bagi gerakan pramuka Sergai,” ungkap Bupati.

Dijelaskan lebih lanjut, Raimuna adalah kegiatan bagi pramuka penegak dan pandega yang merupakan gabungan dari kegiatan pertemuan pramuka penegak dan pandega putri putra (Perppanitra), perkemahan antar satuan karya pramuka (Peran Saka) dan perkemahan wirakarya, sehingga Raimuna merupakan kegiatan pertemuan besar dengan berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovatif, dan rekreatif dalam bentuk perkemahan.

“Kata Raimuna berasal dari bahasa Ambai, daerah Yapen Timur, Kabupaten Yapen Waropen, Papua yang merupakan gabungan dua kata yaitu “rai” dan “muna”. “Rai” berarti sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama, sedangkan “muna” adalah daya kekuatan jiwa seseorang yang berpengaruh baik dalam mencapai kesuksesan. Dengan demikian, Raimuna bermakna sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat tinggi dalam mencapai tujuan,” jelas Bupati Sergai seraya menambahkan agar kegiatan ini dapat menjadi wadah pertemuan bagi pramuka penegak dan pramuka pandega Sergai untuk mempererat tali persaudaraan sesama anggota pramuka dalam berbagai aktivitas yang inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif dan produktif dalam bentuk perkemahan.

Dengan kegiatan ini juga, dirinya berharap dapat membina dan mengembangkan persaudaraan di kalangan pramuka penegak dan pramuka pandega, serta memberikan kegiatan yang inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif, dan produktif.

“Dengan begitu, akan mengarahkan kepada kemampuan untuk mandiri dalam kehidupannya. Juga dapat menjadi “magnet” kegiatan anak muda serta menjadi inspirasi di kalangan masyarakat,” tambahnya.

Ia juga berpesan, agar selama mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat memberikan citra positif dengan bersikap ramah, sikap sopan santun, berbudi pekerti luhur, dan siap menolong siapa pun yang memerlukan bantuan. Baginya hal ini sejalan dengan kode kehormatan gerakan pramuka.

“Timbalah pengalaman, berjabatan di alam terbuka bersama anggota kepanduan dari kwartir ranting yang lain. Jadikan kegiatan ini sebagai bekal dalam membina jiwa kepemimpinan. Tingkatkan kemampuan untuk pengembangan diri, bagi kemajuan gerakan kepanduan di kwatir cabang gerakan pramuka Sergai maupun di masyarakat luas,” ucapnya.

Terakhir, Bupati juga mengimbau kepada peserta untuk mengikuti seluruh rangkaian acara dengan disiplin agar mendapatkan banyak pengetahuan baru, agar menambah pemahaman, dan menambah wawasan.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu membimbing serta meridai kita semua dalam mengemban tugas mulia ini untuk generasi muda Sergai yang lebih baik dalam membangun Indonesia yang lebih maju, adil, mandiri, sejahtera, dan religius,” tandasnya.

Sedangkan dalam laporan kegiatan, Sekdakab Faisal Hasrimy menyampaikan jika kegiatan ini merupakan wadah bagi pramuka penegak dan pramuka pandega seluruh Indonesia untuk memperkuat tali persaudaraan sesama anggota pramuka dalam berbagai aktivitas yang inovatif, kreatif, edukatif, reaktif, dan produktif, yang mengarah pada kemampuan untuk mandiri dalam kehidupannya dan dapat menjadi magnet kegiatan anak muda serta menjadi inspirasi di kalangan masyarakat.

Dijelaskan oleh Faisal jika kegiatan yang mengangkat motto “Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan” ini dilaksanakan pada tanggal 1-5 Maret 2023.

“Kegiatan ini diikuti oleh 369 peserta dari beberapa kecamatan. Diharapkan kegiatan ini mampu meningkatkan kemampuan peserta dalam kemandirian, kesiapan mental, spiritual, cepat tanggap, terampil dan bertanggungjawab dalam menghadapi masalah, serta kreatif dalam berpikir sehingga menjadi pribadi yang mandiri dan berakhlak mulia,” cetusnya.

Pembukaan Raimuna ini diikuti juga oleh para Camat se-Sergai, Korwil se-Sergai, serta Kepala SMA/SMK se-Sergai. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi/Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

 

742 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *