Lewat Momen Isra Mikraj, Bupati Sergai Ingatkan Pentingnya Ibadah Salat

Sipispis,

Membuka bulan Maret, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya hadir dalam acara Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah/Tahun 2023 jajaran Dinas Pendidikan Kecamatan Sipispis, yang dilaksanakan di Komplek SDN Gunung Pamela, Rabu (1/3/2023).

Sambutan Bupati Sergai Darma Wijaya dibuka dengan riwayat Isra Mikraj yang merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa. Bupati menyampaikan jika menurut logika, tidak mungkin ada transportasi yang bisa melakukan perjalanan secepat itu, apalagi kemudian perjalanan Nabi Muhammad dilanjutkan menuju langit dan di sana kemudian ia menerima perintah untuk mengerjakan salat lima waktu bagi umat Islam.

“Peristiwa besar ini dicatat dalam Al-Quran Surat Al-Isra Ayat 1. Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW hendaknya dijadikan momentum untuk lebih menghayati makna salat dan harus diwujudkan dengan pelaksanaan salat lima waktu setiap harinya. Ini adalah esensi dari Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW,” jelas Darma Wijaya.

Melalui kesempatan ini, Bupati mengajak umat Islam memperbanyak muhasabatun nafsi atau introspeksi diri, terutama yang berkaitan dengan peningkatan kualitas salat dan kualitas ibadah secara keseluruhan.

Menurutnya hakikat dari peringatan Isra Mikraj adalah “peristiwa menjemput” perintah salat, yang langsung diterima dari Allah di langit. Pelaksanaan salatlah, sebutnya, yang menjadi kunci dari peringatan ini, sehingga sangat diharapkan untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas salat setiap diri pribadi, termasuk anak-anak dan seluruh anggota keluarga.

“Mari latih dan biasakan anak-anak kita untuk salat sedini mungkin. Sebagai umat Islam, sudah seharusnya kita selalu meningkatkan kualitas diri dan amaliyah serta ibadah kepada Allah SWT. Kita harus terus berbenah diri menuju kebaikan, yang sangat diharapkan setiap hari semakin baik. Melalui salat, kita berharap dapat menjadi lebih baik,” pesannya.

Bupati menggaris bawahi jika orang baik bukanlah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan, melainkan orang yang dapat memperbaiki kesalahan yang dilakukannya. Ia mengutip pendapat ulama yang menyatakan jika salat dapat memberikan banyak manfaat.

Dijelaskan olehnya, salat menjadi tanda bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberi. Selain itu baginya dengan salat manusia akan selalu ingat kepada Allah SWT dan hukum-hukum-Nya.

“Salat mendidik dan membiasakan manusia hidup teratur dan menghargai waktu. Oleh karena itu, marilah kita selalu memperbanyak salat dan menjadikannya sebagai ibadah yang berkualitas,” tandasnya.

Acara Isra Mikraj juga dimeriahkan dengan kegiatan lomba adzan, salat subuh, membaca Al-Quran, Tilawah, dan membaca surah pendek.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain unsur FORKOPIMCAM Sipispis, para kepala desa, dan dewa guru serta kepala sekolah se-Sipispis. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Ardi / Rini Ry

Reporter : Irfan YE

Admin : Julia

 

531 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *