Usung Kerajinan Anyaman di Pameran INACRAFT 2023, Bupati Sergai Harap Produk Unggulan Dongkrak Perekonomian

Jakarta,

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) turut serta dalam pameran bertajuk The 23rd Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT 2023) yang diselenggarakan pada Rabu-Minggu, 1-5 Maret 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pagelaran akbar ini sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara dengan mengusung tema From Smart Village to Global Market dan tetap memperhatikan standar Cleanliness, Health, Safety, and Environment (CHSE).

Bupati Sergai H Darma Wijaya yang hadir pada Kamis (2/3/2023) menyampaikan jika Kabupaten Sergai aktif dalam kegiatan tersebut. Dengan menampilkan beragam produk kerajinan unggulan diharapkan mampu mempromosikan dan mendongkrak ragam kerajinan khas Tanah Bertuah Negeri Beradat sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

“ Menjadi harapan kita bersama, event seperti ini mampu membangkitkan kembali gairah perekonomian dibidang kerajinan tangan yang ditekuni oleh masyarakat. Beberapa kerajinan tangan berupa anyaman pandan, anyaman terawang, kerajinan anyaman purun, tenunan Sergai dan kerajinan border dapat lebih dikenal oleh luas baik secara nasional maupun internasional lewat pameran INACRAFT 2023 ini,” ujar Bupati yang hadir didampingi Ketua Dekranasda Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Wakil Ketua, Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Nina Deliana Hutabarat, S.Sos., M.Si, Staf Ahli Bidang SDM dr BUlan Simanungkalit, M.Kes, Kadis Perindag Roy CPS Pane, M.Si. serta beberapa OPD terkait lainnya.

Bang Wiwik, sapaan akrab Bupati mengemukakan jika dilihat dari potensinya, Kabupaten Sergai memiliki sumber daya yang dapat dimaksimalkan guna mendukung sektor kerajinan tangan. Oleh karenanya, melalui pelaku usaha potensi ini dapat disulap menjadi inovasi yang tentunya menarik dan memiliki nilai ekonomis.

“ Melalui momen gelaran ini, mari kita promosikan ragam kerajinan yang dikelola oleh UMKM Sergai. Semoga kerajinan tangan ini dapat dikenal lebih luas dan mampu bersaing dengan daerah lain yang pada akhirnya mampu menggerakkan roda ekonomi masyarakat dari sektor kerajinan di seluruh Tanah Air.” harap Bupati.

Dikesempatan serupa, Ketua Dekranasda Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya menyampaikan apresiasi acara yang diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerja sama dengan Mediatama Event.

“ Sebagai wadah dalam promosi produk-produk kerajinan lokal, melalui pameran ini kami berharap bisa menjadi barometer dan dapat membangkitkan Kembali semangat para pelaku usaha (UMKM) di Bumi Sergai untuk berinovasi beragam produk kerajinan. Sehingga Kabupaten Sergai bisa menjadi etalase produk yang terbaru dan berkualitas bertaraf nasional maupun internasional,” ungkapnya antusias.

Hj Rosmaida merinci bahwa pameran INACRAFT 2023 ini menghadirkan 1.118 UKM dari 1.200 booth. Sebanyak 914 peserta merupakan anggota ASEPHI dan 214 non anggota serta 61 peserta lainnya yang merupakan UKM binaan kementerian lembaga.

“ Ini momentum yang baik untuk kita memperkenalkan produk lokal andalan milik Sergai. Mari kita cintai produk dalam negeri. Semoga usaha yang telah kita lakukan bersama dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tentunya mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus,” pungkas Ketua Dekranasda Sergai. (Media Center Sergai).

Teks/Editor : Rini Ry

Admin : Julia

741 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *